Semakin Dimanjakan, Android 13 Keluarkan Fitur Baru untuk Meningkatkan Pengalaman Gaming

by Jessica Elaine
Android 13 Keluarkan Fitur Baru

Kabar gembira nih buat Ligagamers, khususnya pengguna Android! Pasalnya, Google akan segera merilis Android 13, yang dikabarkan memiliki fitur baru untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Dilansir dari Android Authority, sistem operasi terbaru dari Google ini dikabarkan akan memiliki metode baru bernama “setGameState” dalam API GameManager. Hal ini mereka ketahui berdasarkan kode yang baru ditemukan di Android 13 Developer Preview.

Adanya metode ini akan memungkinkan game untuk memberitahu statusnya kepada platform, apakah game sedang memuat sesuatu atau tidak. Metode ini juga bisa mempercepat waktu loading game, dengan cara memprioritaskan penggunaan CPU serta menawarkan kinerja yang lebih baik.

Metode baru ini akan sangat bermanfaat, mengingat kelebihan yang ditawarkan. Game jadi bisa memberitahu kepada sistem, apakah mereka bisa diinterupsi atau tidak. Selain itu, pihak developer juga bisa memberitahu sistem untuk mendongkrak performa CPU dan tidak mengizinkan interupsi saat memuat sumber daya, aset, dan lain-lain. Itulah sebabnya, waktu loading game bisa dipercepat.

Tidak berhenti sampai di situ, Google juga akan memberikan lebih banyak kontrol kepada developer untuk membuat grafis game menjadi lebih menarik. Wah, jika fitur-fitur tersebut benar-benar akan muncul dalam Android 13 versi final, maka gamer Android akan semakin dimanjakan.

BACA JUGA: Segera Diluncurkan, Berikut 4 Fitur Baru WhatsApp!

Google sendiri kemungkinan akan mengumumkan Android 13 ini secara resmi, pada acara Google I/O yang digelar pertengahan Mei mendatang. Sama seperti tahun sebelumnya, acara tersebut akan kembali digelar secara daring dan gratis.

android 13 2022 7cd67

Sebelumnya Google juga sudah sempat mengenalkan banyak fitur gaming pada Android 12. Beberapa ponsel pintar seperti Google Pixel 6, telah memiliki fitur Game Dashboard, yang kemudian menyediakan akses kepada tools-tools penting. Contohnya seperti shortcut untuk screenshot, merekam layar, toggle Do Not Disturb, dan lain sebagainya.

Pengembangan tambahan dalam kategori gaming yang dilakukan oleh Google pada Android 13, menunjukkan ketertarikkan serta konsistensi dari perusahaan tersebut dalam dunia  game.

Tidak hanya Google, sebelumnya banyak vendor untuk ponsel Android juga telah menerapkan beragam mode untuk mengoptimalkan performa gaming. Baik dari segi mempercepat waktu loading game, maupun mengerahkan lebih banyak daya untuk CPU dan GPU.

Gimana menurut Ligagamers soal usaha Google kali ini? Siapa yang gak sabar untuk menikmati performa dari Android 13?

Ikuti terus berita tekno dan Games di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Elon Musk Ingin Beli Semua Saham Twitter Senilai $ 41 Juta USD!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!