Elon Musk Ingin Beli Semua Saham Twitter Senilai $ 41 Miliar USD!

elon musk-beli-twitter

Akankah Elon Musk menjadi pemilik perusahaan Twitter? Apa yang diinginkannya dari platfrom media sosial ini?
Elon Musk dikabarkan akan menambah porsi kepemilikannya di Twitter. Niat mogul industri teknologi dan pemilik Tesla ini langsung membuat nilai saham Twitter naik hingga mencapai valuasi $ 41 miliar USD.

Pekan lalu, Elon Musk telah membeli 9% saham di Twitter. Langkah ini pun menuai berbagai opini publik, termasuk kekhawatiran terkait "kebebasan berbicara absolut" yang bisa saja memicu reformasi platform media sosial secara signifikan. Namun, rencana Musk untuk bergabung dengan dewan direksi Twitter tiba-tiba menjadi kacau dan dibatalkan. Ada apa dan apa yang akan dilakukan sang miliarder crazy rich selanjutnya? Pertanyaan itu sekarang telah dijawab, karena Kamis pagi Musk menawarkan untuk membeli seluruh saham sekaligus menjadi pemilik perusahaan Twitter dengan harga $41 miliar USD.

Musk mencuitkan pesan singkat di Twitter yang berbunyi, "Saya mengajukan penawaran." Postingan tersebut berisi tautan ke pengajuan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat yang berisi tawarannya untuk membeli 100% Twitter. Penawarannya adalah dengan harga $54,20 per saham, yang akan menjadi total harga sekitar $41 miliar USD. Musk menjelaskan bahwa ini adalah "penawaran terbaik dan terakhirnya," dan menjelaskan bahwa jika tidak diterima, dia akan mempertimbangkan kembali investasi sebelumnya di Twitter.

BACA JUGA: Reginald TSM Kena Denda $5,000 Oleh Riot Games Lantaran Komentar di Twitter

Twitter telah mengadakan rapat dewan untuk membahas kemungkinan Musk membeli perusahaan tersebut, yang dikatakan terjadi pada Kamis, 14 April, pukul 10:00 ET. Kesimpulan yang diambil dari pertemuan itu belum dibagikan secara publik. Namun, Twitter berencana untuk mengadakan pertemuan langsung pada pukul 17:00 ET untuk membahas potensi pembelian.

 elon musk teslastock3jpg c0bf8

Langkah Musk memiliki Twitter dan apa yang akan dia lakukan dengan platform media sosial "berkicau" itu memang masih mengundang pertanyaan. Namun, sebuah thread mungkin bisa menjadi petunjuk. Setelah pembelian saham Twitter pertamanya minggu lalu, Musk menulis surat kepada dewan Twitter yang mengklaim bahwa perusahaan saat ini tidak dapat mencapai "keharusan sosial" untuk memberikan "platform kebebasan berbicara di seluruh dunia." Dengan kata lain, Musk ingin melihat perubahan dramatis di Twitter.

Banyak yang berspekulasi bahwa Musk akan secara dramatis mengurangi upaya moderasi Twitter, kebijakan yang sudah banyak dikritik, juga dinilai kurang melindungi wanita, minoritas, dan pengguna LGBT+. Ada juga yang sudah meminta kepada Musk untuk menghapus larangan Twitter terhadap mantan Presiden Donald Trump jika akuisisinya berhasil.

Sejumlah pengamat media sosial menilai Musk melihat Twitter sebagai peluang bisnis dengan potensi untuk membuka lebih banyak nilai secara signifikan melalui iklan dan penawaran berlangganan. Menghapus moderasi bisa menjadi salah satu bagian dari itu, untuk meningkatkan aktivitas dan pengguna baru. 

Well, Twitter juga telah menjadi media efektif bagi industri game dan esports. Sejumlah perusahaan game dan organisasi esports secara khusus memilih dan aktif lewat kicauan untuk memberi informasi terkini kepada publik dan fans. Terlepas dari sejauh mana upaya Musk untuk menjadi pemilik saham terbesar Twitter, platform tersebut tampaknya akan melakukan perubahan besar, bisa juga dalam upaya untuk memonetisasi platform burung biru berkicau tersebut.

Ikuti terus berita tekno dan Games di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Sebastian Ceb Panas Ke Midormeepo, Admin Twitter Team Secret

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!