Palsukan Surat Keterangan COVID-19, Burjui Didiskualifikasi dari DPC 2021 Lower Division EU

Ada-ada aja kelakuannya!
by Seno Aji
Burjui tim DOta2 DPC EU

Sepertinya lower division Dota Pro Circuit (DPC) 2021 regional Eropa belum selesai memberikan kontroversi. Setelah sebelumnya Meta4Pro mengundurkan diri, sekarang giliran tim Burjui harus terkena diskualifikasi. Diskualifikasi ini diberikan oleh pihak DreamLeague karena Burjui mencoba untuk membuat sebuah surat keterangan COVID-19 palsu agar bisa mendapatkan tambahan jatah substitusi pemain.

Jika seseorang biasanya memalsukan surat keterangan negatif COVID-19. Tim Burjui malah melakukan tindakan sebaliknya, mereka memalsukan surat keterangan positif COVID-19. Tim Burjui yang bermain di lower division SPC 2021 regional Eropa ini melakukan tindakan tersebut karena mereka telah menggunakan jatah stand-in yang diperbolehkan selama DPC 2021 berlangsung.

DreamLeague sebagai pihak penyelenggara menyatakan bahwa tim Burjui meminta untuk melakukan transfer player mendadak/emergency dan meminta keringanan untuk memainkan pemain stand-in tersebut dengan alasan medis mendesak, karena sebelumnya tim Burjui sudah memakai kuota pemain stand-in yang di izinkan dalam penyelenggaraan DPC 2021. Dalam situasi tertentu pihak DreamLeague mamang dapat memberikan izin tersebut jika tim yang bersangkutan dapat memberikan bukti-bukti dan dokumen terkait.

Tim Burjui, dengan alasan COVID-19 akhirnya menyerahkan surat keterangan salah satu pemainnya dinyatakan positif dan tidak dapat bermain. Tetapi setelah dilakukan pengecekan ulang, pihak DreamLeague menemukan beberapa hal yang bertentangan dan janggal dengan informasi yang sudah diberikan oleh tim ini, maka dari itu pihak DreamLeague langsung melakukan penyidikan dan menemukan bahwa surat keterangan tersebut palsu.

Jika ditelaah lebih jauh sepertinya surat keterangan tersebut dibuat untuk pemain midlaner mereka, Flacs. Pasalnya setelah bertanding di laga pertama tim Burjui melawan Brame, Flacs langsung digantikan oleh seorang streamer populer Dota 2 yaitu Mihail “cancel^^” Antonio untuk 3 laga selanjutnya.

BACA JUGA: Pemainnya Terindikasi Melakukan Tindakan 322, Tim Meta4Pro Mundur dari DPC 2021

Enggak berhenti sampai di situ aja, di laga ke lima alias jatah pertandingan terakhir mereka untuk memakai pemain stand-in, lagi-lagi tim Burjui tidak memakai midlaner miliknya, canceL^^ yang menggantikan Flacs, malah diganti kembali dengan Selim “Neqroman” Oynar, seorang midlaner asal Turki yang pada laga tersebut otomatis menjadi pengganti Flacs.

Entah apa yang terjadi dengan Flacs, tetapi kondisi ini memaksa tim Burjui untuk membuat sebuah skenario, bahwa pemain mereka tidak dapat tampil dan meminta keringanan kepada DreamLeague dengan memalsukan surat positif COVID-19 tersebut. Hal ini bertujuan agar tim Burjui dapat memakai pemain stand-in di laga keenam dan ketujuh mereka.

Dream League body c6b7a

Atas perbuatan tersebut, akhirnya tim Burjui didiskualifikasi dari lower division DPC 2021 regional Eropa. Pihak DreamLeague mengatakan surat COVID-19 yang dipalsukan tersebut adalah upaya untuk menyiasati peraturan dari Valve yang memang hanya memperbolehkan pemain stand-in untuk bermain dalam 4 pertandingan.

Sangat disayangkan memang, dalam waktu 2 hari ada dua tim di lower division DPC 2021 regional Eropa yang terkena masalah. Padahal regional Eropa adalah regional paling kompetitif untuk permasalahan esports Dota 2, tetapi sangat disayangkan hal ini tercoreng dengan perbuatan tidak terpuji yang dibuat oleh kedua tim tersebut meskipun di lower division.

Berita berita Dota 2 DPC 2021 lainnya bisa kalian lihat di sini

Baca selanjutnya:

23Savage Debut Impresif Bawa BOOM Esports Raih Kemenangan di DPC 2021 SEA

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!