10 Turnamen Esports Terbesar 2020 Dengan Jumlah Penonton Terbanyak

Industri Esports terus berkembang dengan jumlah viewers dan prize pool yang terus bertambah besar. Berikut turnamen esports terbesar di tahun 2020 yang berhasil mencapai rekor penonton terbanyak!
by Ligagame
turnamen-esports-terbesar-2020

Industri Esports terus berkembang dengan jumlah viewers dan prize pool yang terus bertambah besar. Berikut turnamen esports terbesar di tahun 2020 yang berhasil mencapai rekor penonton terbanyak!


Selama beberapa tahun terakhir ini, esports menjadi salah satu industri multi-miliar dolar yang berkembang pesat dengan jumlah fans yang terus bertumbuh. 

Game kompetitif ikonik, seperti League of Legends, CS:GO, hingga Dota 2, terus bertambah dalam segi viewership / penonton dan hadiah / prize pool. Sedangkan game kompetitif yang cenderung baru, seperti Fortnite dan Rainbow Six Siege, mulai melampaui dan menyaingi game esports lama lainnya.

Di Asia sendiri, game mobile seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile menjadi semakin populer terutama di tahun 2020 ini, dengan fans lebih dari 1 juta orang!

Dalam artikel ini, Ligagame menyediakan daftar turnamen esports paling populer dengan jumlah fans tertinggi di tahun 2020.

BACA JUGA: INI DIA 5 TIM ESPORTS INDONESIA PALING SUKSES DI TAHUN 2020!

1. MPL ID Season 5

mpl-id-season-5-turnamen-esports-terbesar

Game Esports: Mobile Legends

Jumlah penonton: 1,2 juta

Bagi fans Mobile Legends, pasti tidak asing lagi dengan turnamen Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia. Yang paling mengejutkan, MPL ID Season 5 menembus rekor dengan jumlah penonton terbesar di seluruh dunia di pertengahan tahun 2020 ini! Siapa sangka industri esports di Indonesia semakin berkembang pesat di tengah pandemi ini yah?

Menurut rencana, MPL ID Season 6 akan kembali digelar di bulan Agustus dengan prize pool sekitar Rp4,3 miliar. Tak heran apabila turnamen esports yang akan mendatang ini menembus rekor baru untuk jumlah penonton terbanyak!

2. LCK Spring Split 2020

lck-spring-split-2020

Game Esports: League of Legends

Jumlah penonton: 1,1 juta

League Champion Korea (LCK) Spring Split 2020 merupakan turnamen League of Legends yang diselenggarakan untuk tim profesional Korea. Sepuluh tim ternama bertanding untuk memperebutkan posisi di LCK Finals. 

Menurut Esports Charts, jumlah penonton memuncak di saat siaran pertandingan antara T1 dan Gen.G.  

3. PUBG Mobile World League 2020 East 

pmwl-east-2020-turnamen-esports-terbesar

Game Esports: PUBG Mobile

Jumlah penonton: 1, 1 juta

PUBG Mobile World League (PMWL) 2020 East yang berakhir di awal Agustus berhasil mencapai rekor viewers terbesar di akhir pertandingan, menjadikannya salah satu turnamen esports terbesar di dunia. 

Yang terbaiknya, pemenang PMWL 2020 East berasal dari Indonesia, Bigetron RA, yang berhasil mendapatkan 287 poin dan 2 chicken dinner!

PMWL East 2020 hampir ditonton dengan jumlah 37 juta jam, dan sebagian besar dari angka ini berasal dari YouTube. Saking populernya, turnamen esports PUBG Mobile ini menyaingi viewership Katowice, turnamen CS:GO terbesar di tahun 2020 ini.  

4. IEM Katowice 2020

iem-katowice-2020-turnamen-esports-csgo
Sumber Gambar: ESL

Game Esports: CS:GO

Jumlah Penonton: 1 juta

Turnamen CS:GO memang dikenal dengan prize pool tahunan yang besar. CS:GO sendiri memiliki jumlah pemain profesional dan jumlah turnamen terbanyak di antara game esports lainnya loh. 

IEM Katowice 2020 berhasil memecahkan rekor viewership terbesarnya. Lebih tepatnya, saat siaran Grand Finals berlangsung antara Natus Vincere dan G2 Esports, jumlah fans yang menonton mencapai 1,001,625. 

5. MPL Invitational 4 Nation Cup 2020

mpl-invitational-4-nation-cup-2020

Game Esports: Mobile Legends

Jumlah penonton: 1 juta

MPLI 4 Nation Cup berhasil menunjukkan siapa pemimpin esports terbesar di Asia Tenggara. Dalam turnamen ini, seluruh peserta dari Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Myanmar bertanding untuk memperebutkan prize pool sebesar $100,000.

Game Mobile Legends lagi-lagi menempati kedudukan di daftar turnamen esports terbesar 2020 dengan viewers tertinggi. Paling menariknya, hampir 82% dari jumlah penonton berasal dari Indonesia! Viewer MPLI 4 Nation Cup ini juga memuncak di saat RRQ disiarkan, mengumpulkan hampir 629k penonton. 

BACA JUGA: 10 GAME ANDROID PALING POPULER DENGAN PENGHASILAN TERTINGGI 2020

6. Copa America 2020

copa-america-2020-free-fire

Game Esports: Free Fire

Jumlah penonton: 896,000

Copa America 2020 merupakan turnamen Free Fire yang diselenggarakan oleh Garena. Turnamen esports ini mempertandingkan 12 tim dari Amerika Selatan dengan prize pool sebesar $35k USD. 

Game Battle Royale ini memang paling populer di kalangan Amerika Latin (terutama Brazil), bahkan menandingi PUBG, Fortnite, dan Apex Legends. 

7. LEC Spring Split 2020

lec-spring-split-2020-turnamen-esports

Game Esports: League of Legends

Jumlah penonton: 817,000

League of Legends merupakan esports terbesar di dunia, baik Asia, Eropa, maupun Amerika. League of Legend European Championship (LEC) spring split kembali berhasil mencapai rekor salah satu turnamen esports dengan viewers terbanyak. 

Peek viewers nya ada pada saat tim G2 melawan Fnatic di grand finals. Kedua tim ini memang merupakan tim esports paling populer dengan fans di seluruh dunia. 

8. Arena of Valor Premier League 2020

arena-of-valor-premier-league-2020

Game Esports: Arena of Valor

Jumlah penonton: 670,000

Arena of Valor Premier League 2020 adalah turnamen championship online yang diselenggarakan oleh Garena dan Tencent. 

Berdasarkan hasil dari Esports Charts, jumlah penonton terbesar berasal dari Vietnam. Sedangkan Indonesia hanya meliputi 2,9%. Wajar saja karena salah satu tim terkuat dan paling populer, Team Flash, berasal dari Vietnam. 

BACA JUGA: SKANDAL MATCH-FIXING DITEMUKAN DI OMEGA LEAGUE: ASIA DIVINE DOTA 2?

9. ESL One Los Angeles - EU & CIS

esl-one-los-angeles-europe

Game Esports: Dota 2

Jumlah penonton: 500,000

Dota 2 merupakan salah satu turnamen esports dengan prize pool terbesar, yaitu The International. Sayangnya, The International 2020 (TI10) yang seharusnya diselenggarakan di bulan Agustus ini, akhirnya diundur karena pandemi. 

Namun, fans Dota 2 tetap menunjukkan komunitas yang kuat. Di pertengahan tahun 2020, ESL One Los Angeles berhasil mencapai viewership tertinggi di Twitch, mengalahkan DreamLeague Season 13 dan MDL Chengdu major. 

10. ESL Pro League Season 11 - Europe

esl-pro-league-season-11

Game Esports: CS:GO

Jumlah penonton: 490,000

Urutan terakhir diduduki oleh ESL Pro League Season 11, pertandingan CS:GO antara tim profesional Eropa. Awalnya, turnamen ini harusnya diselenggarakan di Malta, Eropa. Namun, karena COVID-19 yang tak mereda, akhirnya diubah menjadi format online. 

Walau begitu, turnamen esports ini tetap berhasil mencapai viewers yang besar, bahkan melampaui Season 10 nya. ESL Pro League bahkan berhasil mendominasi peringkat di Twitch selama 3 minggu berturut-turut. 

BACA JUGA: TOURNAMENT GAME ESPORTS BERHADIAH 500 JUTA RUPIAH DIGELAR DI TENGAH COVID-19


Dari daftar turnamen esports terbesar ini, ternyata Indonesia banyak berkontribusi dalam perkembangan esports di seluruh dunia, dalam segi fans / viewers, tim esports, hingga organisasi esports. 

Tentunya seiring berjalannya waktu, peringkat ini akan berubah. Terutama dengan turnamen League of Legends World Championship yang rencananya akan diselenggarakan di bulan Oktober di kota Shanghai, Tiongkok. 

Tahun lalu, League of Legend sendiri berhasil mencapai rekor viewership terbesar di seluruh dunia dengan turnamen World Championship Finals di Paris yang mencapai hampir 4 juta penonton.

Tertarik nonton turnamen esports terbaru? Subscribe Youtube Ligagame Esports saja! Bakal ada siaran esports terbaru setiap hari dari Dota 2, Valorant, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan lainnya!

ligagame-esports-smartfren-ies

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!