Ini Dia 5 Tim Esports Indonesia Paling Sukses di Tahun 2020!

Dengan perkembangan pesat industri Esports di Indonesia, semakin banyak tim Esports Indonesia yang meraih prestasi Nasional dan Internasional. Berikut tim esports Indonesia paling sukses di tahun ini!
by Kenny S
tim-esports-indonesia-tersukses-2020

Dengan perkembangan pesat  industri Esports di Indonesia, semakin banyak tim Esports Indonesia yang meraih prestasi Nasional dan Internasional. Berikut tim esports Indonesia paling sukses di tahun ini!


“Salah satu hal yang paling membahagiakan dalam hidup saya adalah hobi yang dibayar”

Semua hal yang besar, pasti dimulai dari hal yang kecil. Nah, termasuk Industri Esports di Indonesia yang sekarang namanya lagi “booming” banget dan perkembangannya masih melesat sampai saat ini.

Industri Esports di Indonesia sebenarnya sudah berkembang sejak awal tahun 2012-2016, namun saat itu perkembangannya masih belum dilihat banyak orang. Banyak sekali yang menganggap bahwa esports adalah suatu hal yang negatif seperti, kecanduan game, gila game, dan lain-lain.

Bermain game tidak selalu membawa dampak negatif jika dilakukan secara baik. Buktinya sekarang ini, dengan bermain game bisa menambah penghasilan kok.  Ya, memang dulu esports pada waktu itu masih merupakan tim-tim kecil yang dibuat oleh komunitas sendiri untuk mengikuti berbagai macam turnamen di tingkat nasional maupun internasional. 

Kini tim esports di Indonesia sudah berjibun dan dikelola baik oleh pemiliknya. Bahkan pemerintah Indonesia menghargai perjuangan para gamers serta turut ikut mendukung industri esports di Indonesia loh! 

Nama Esports sendiri sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat dan bahkan ada sejumlah tim esports di Indonesia yang kini sudah telah berhasil memenangkan sejumlah kompetisi internasional, dan mendapatkan penghasilan yang luar biasa banyaknya. Siapa saja mereka?

BACA JUGA: 10 GAME ANDROID PALING POPULER DENGAN PENGHASILAN TERTINGGI 2020

smartfren-ies-ligagame

1. Evos Esports

evos-esports-tim-esports-indonesia

Evos Esports merupakan tim esports yang pertama kali terbentuk di tahun 2016. Sebelumnya dikenal dengan nama Zero Latitude sebelum diakuisisi menjadi tim Dota 2 Evos Esports. Game Dota 2 ini merupakan debut pertamanya bagi tim tersebut.

Kini tim Evos Esports semakin berkembang dan hampir mempunyai semua cabang / divisi game esports yang lagi booming. Bahkan Evos Esports sudah membuka cabangnya ke negara tetangga loh!

Kesuksesan yang diraih tim Evos Esports ini tentunya tidak mudah. Bagi para fans Evos, pasti ngerti betul terhadap perkembangan tim esports Indonesia satu ini. Dari berbagai macam halangan atau terpaan badai, Evos Esports tetap menegaskan bahwa timnya lah yang patut menjadi juara, bahkan Evos sendiri sudah masuk ke ranah Internasional. 

moonton-esports
Sumber Gambar: Moonton Indonesia

Prestasi yang dimiliki oleh Evos Esports antara lain Runner-Up MPL Season 2 dan juara 1 MPL Season 4, usai menjuarai MPL Season 4, Donkey kembali mencetak prestasi dengan menjadi juara dunia dalam laga Mobile Legends World Championship (M1) di Malaysia. 

Evos juga membuktikan diri sebagai raja di ranah Arena of Valor (AOV). Kesuksesan mereka menjuarai ESL Indonesia Championship Season 1, ASL Season 2, dan Season 3 menunjukkan bahwa mereka tidak tertandingi di Indonesia. Sedangkan di ranah International, Evos juga sukses menjuarai ESL Clash of Nations 2019 yang diikuti oleh 6 tim AOV di Asia Tenggara. 

Namun disisi lain, EVOS Capital yang baru aja menjuarai turnamen Free Fire World Cup 2019 di Thailand. Sementara divisi PUBG Mobile nya berhasil membawa pulang trofi PINC 2019. Kemenangan EVOS ini pun mendapat sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, yang memberikan ucapan selamatnya di akun sosial media pribadinya.

 

2. RRQ 

rrq-tim-esports-indonesia
Sumber Gambar: MPL Indonesia

RRQ atau bisa disebut juga dengan Rex Regum Qeon merupakan salah satu tim esports tertua di Indonesia. Tim RRQ sudah ada semenjak game Dota 1. Sekarang ini RRQ sudah bisa dibilang salah satu tim yang berpengaruh terhadap Esports Indonesia. Bagaimana tidak, tim dengan julukan sang raja ini mempunyai prestasi yang bisa dibilang sangat gemilang bagi industri Esports di Indonesia. 

Cabang tim yang dimiliki juga sudah meluas. Selain itu, RRQ juga pernah bekerja sama dengan Paris Saint Germain (PSG) tim sepak bola terkenal untuk cabang Mobile Legends. Setelah perjuangannya yang berat dari tahun ke tahun, akhirnya RRQ berhasil meraih prestasi yang sangat baik di ranah nasional maupun internasional. 

Saat ini yang paling dikenal dari RRQ adalah pasukannya yang tak terkalahkan dalam tim Mobile Legends nya. Bahkan tidak sedikit yang menjadi fans #VIVARRQ dalam ajang turnamen Mobile Legends  tingkat nasional yang diadakan Moonton. 

prestasi-rrq-esports-indonesia
Sumber Gambar: Teamrrq.com

Prestasi yang sudah diraih antara lain Juara 1 MPL Season 2 dan Season 5, Runner-up MPL Season 4 dan M1 World Championship, di mana mereka harus berhadapan dengan rival abadinya yaitu Evos Esports. Ichsan “Lemon” dan kawan-kawan harus puas dengan hasilnya usai takluk dari Evos.

Didalam permainan FPS, Point Blank merupakan divisi RRQ yang juga tak kalah berprestasi adalah RRQ Endeavour. Bagi para pemain Point Blank pasti kalian sangat terkesan melihat AWP dari Yulius “NextJacks” dan kawan-kawannya. Debut RRQ Endeavour berjalan manis dengan sukses menjadi juara PBNC 2017

Tidak hanya itu, mereka pun sukses mengibarkan bendera Indonesia, usai menjadi juara di PBIC 2017. Di tahun 2018, penampilan mereka sempat menurun usai kegagalan menjuarai PBGC 2018. Namun, mereka berhasil bangkit dan menjuarai PBNC 2018. Dilanjutkan dengan kehadiran RRQ Epic yang sukses menjuarai PBNC Season 1 dan Season 2, disusul menjuarai Point Blank World Challenge 2019.

Sementara itu Free Fire menjadi divisi yang bersinar dengan menghadirkan RRQ Poseidon dan RRQ Hades. Kedua tim ini berhasil membawa pulang piala Free Fire Summer League disusul RRQ Hades yang menjuarai Dunia Games Golden Ticket 2019.

BACA JUGA: DAFTAR TIM YANG AKAN MEMPEREBUTKAN JUARA MDL INDONESIA SEASON 2

3. BOOM Esports 

boom-esports-indonesia
Sumber Gambar: ESL

Tim Esports Indonesia satu ini merupakan rajanya Dota 2. Tidak salah lagi BOOM Esports merupakan salah satu tim esports yang berfokus pada game Dota 2.

BOOM Esports mengutamakan divisi tim Dota 2 bukan karena game nya yang menarik, tetapi mereka telah berhasil mendapatkan berbagai ragam prestasi esports dan mengharumkan nama Indonesia loh! Bahkan sampai sekarang, BOOM Esports Dota 2 lebih aktif dan berkembang kuat dari sebelumnya. 

esports-indonesia-boom-esports
Sumber Gambar: ESL

Berikut ini merupakan daftar prestasi dari BOOM Esports Dota 2:

  • 1st Place ESL SEA Championship 2020 
  • 1st Place IGC 2017 
  • 1st Place IGC 2018 
  • 1st Place Predator League 2018 Indonesia Qualifier 
  • 1st Place Predator League 2019 Indonesia Qualifier 
  • 1st Place Predator League 2020 Indonesia Qualifier 
  • 1st Place ESL Indonesia Championship Season 1
  • 1st Place ESL Indonesia Championship Season 2 
  • 2nd Place ESL One Birmingham SEA: 2020 
  • 2nd Place BTS Pro Series Season 2 
  • 2nd Place Asia Pacific Predator League 2018 
  • 2nd Place Asia Pacific Predator League 2019 
  • 3rd Place ESL One Los Angeles Online: SEA 
  • 4th Place StarLadder Kyiv Minor

Seiring berjalannya waktu, BOOM Esports sendiri mengembangkan sayapnya ke dalam game kompetitif lainnya seperti PUBG Mobile, Free Fire, CS:GO, Autochess, FIFA Online, Hearthstone dan yang terakhir merupakan game FPS yang lagi booming yaitu Valorant. 

Divisi Valorant yang juga belum lama dirilis Riot Games ini telah menjuarai 1st Place VALORANT Ligagame Community Cup Season 2 dan 3rd Place GLHF Open Cup.

Nama BOOM Esports mulai dikenal di ranah Free Fire dengan keberhasilan lolos ke Free Fire Indonesia Masters Season 1 dan 2. Tidak hanya itu, mereka sukses meraih juara UIC saat SEACA 2019 yang didapatkan oleh BOOM Cerberus.

tim-boom-esports-pubg-mobile
Tim PUBG Mobile Boom Esports | Sumber Gambar: Boom Esports Indonesia

Untuk game FPS, BOOM Esports juga termasuk tim yang kuat loh. Prestasi yang didapatkan untuk divisi PUBG Mobile juga sangat mengagumkan.

  • 1st Place Negozio Championship Professional Vol 4 
  • 1st Place Negozio Championship Professional Vol 5 
  • 1st Place Negozio Championship Professional Vol 6 
  • 1st Place IPNC PUBGM Championship 2019 
  • 1st Place NKINS Online Tournament Vol 2
  • 2nd Place RMS Online Tournament 
  • 2nd Place Dunia Games OMG Esports Tournament
  • 2nd Place Gopay Arena Championship 
  • 3rd Place PINC 2019 
  • 4th Place PMPL Season 1 Regular Season 
  • 4th Place Indonesia Esports Games

4. BIGETRON Esports

bigetron-esports-indonesia

Tim Bigetron Esports pertama kali dikenal di kalangan publik melalui game League of Legends, walau peminat game MOBA tersebut lama-lama hilang di kalangan gamers Indonesia. Alhasil, Bigetron Esports memilih mengembangkan jalannya ke game esports lainnya seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, dan Auto Chess.

Tentunya Bigetron Esports sudah tidak asing lagi bagi para fans PUBG Mobile. Kalian pasti sudah kenal kan sama Zuxxy dan Luxxy ? Belum lama ini duo kembar ini dicap sebagai Dewa nya PUBG Mobile. Bahkan gelar ini pun diakui oleh seluruh pemain PUBG Mobile di seluruh dunia!

Bigetron RA yang menjadi tim utama PUBGM sukses mengawali 2019 dengan menjuarai  juara 1 PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018 dan PMCO 2019 Spring Split Indonesia Finals. Sayang saat PINC 2019, mereka harus menduduki peringkat ke-2 dan pada turnamen PMCO Spring Split Global Finals, Bigetron berhasil meraih peringkat kelima. 

Performa mereka sempat menurun setelah PMCO Fall Split: SEA League, dimulai dengan peringkat 6 saat PMCO Fall Split: SEA Championship dan posisi 3 di SEACA 2019

Bigetron RA kehadiran pelatih baru, Khairunnazri “Boyka” Masli menjelang PMCO Fall Split berbuah positif bagi mereka. Bigetron RA berhasil menakuti lawan dan akhirnya sukses menjadi juara dunia di PMCO Fall Split.

Menjelang pergantian tahun 2020, Bigetron berhasil meraih prestasi yang lebih gemilang dibanding tahun sebelumnya. 

prestasi-bigetron-esports-indonesia

Sementara itu, Bigetron ION yang merupakan divisi baru dari PUBG Mobile berhasil menjuarai PINC PUBG Mobile Indonesia National Championship (2020). 

Meski prestasi dalam game PUBGM sangat bagus, divisi Bigetron lainnya belum mendapatkan banyak prestasi. Meski begitu, tim ini selalu konsisten berada di papan atas di tiap turnamen yang diikutinya. Seperti divisi Mobile legend, dalam MPL season 3 dan 4 tim ini berada di posisi 6 besar. Sedangkan divisi free fire hanya menjadi runner up ESL Jagoan Series 2019.

5. ONIC Esports

onic-esports-indonesia-mpl-season-3

ONIC Esports adalah salah satu tim yang masih bisa dibilang seumur jagung, karena mereka baru memulai debutnya baru-baru ini. Meskipun belum lama di kancah esport, tim Esports Indonesia ini sudah cukup banyak meraih prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

ONIC Esports merupakan tim yang hanya fokus ke beberapa game kompetitif saja antara lain, PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Free Fire.

Mobile Legends yang merupakan cabang andalan ONIC berhasil menjadi tim unggulan di awal tahun 2019. Kesuksesan mereka menjuarai berbagai turnamen nasional berlanjut dengan kemenangannya di MPL Season 3 hingga MSC Asia Cup 2019

Sampai saat ini, ONIC berhasil meraih prestasi antara lain Runner-up MPL season 2, juara 1 MPL season 3, juara 1 MSC 2019,  juara 1 Piala Presiden Esports 2019, dan juara 1 MYTEL International Championship 2020.

Dalam game FPS, ONIC juga tidak kalah dengan tim Esports Indonesia lainnya. Divisi PUBG Mobile ONIC Esports berhasil  meraih juara 1 UniPin SEACA 2019 dengan perolehan 98 poin. Sedangkan juara kedua dan ketiga diraih oleh BOOM Esports dan Bigetron RA. Sangat disayangkan bagi ONIC Esports, di tahun 2020 ini mereka gagal memberikan performa terbaik dan hanya menempati peringkat ke-16 pada pertandingan PMPL SEA Final 2020.

onic-esports-indonesia-free-fire

Free Fire juga tidak ketinggalan nih! ONIC Olympus sukses meraih juara pertama UCL 2019 dan juara ketiga exhibition match Free Fire. Selain itu,  di turnamen Free Fire Indonesia Masters Season 2, ONIC menduduki juara ke-3, serta juara 1 dalam turnamen Free Fire Master League 2020 dan Free Fire Indonesia Masters 2020 Spring. Atas kemenangannya, ONIC akan mewakili Indonesia pada kejuaraan Internasional.

BACA JUGA: DAVID BECKHAM INVESTASI 441 MILYAR RUPIAH UNTUK PERKEMBANGAN ESPORTS!


Itulah beberapa tim Esports Indonesia paling sukses di tahun ini. Semua tim esports diatas sudah dikelola secara profesional dan mempunyai banyak tim di berbagai divisi game esports di Indonesia. 

Tentu saja di kedepannya, bakal ada semakin banyak tim Esports Indonesia yang sanggup mengharumkan nama Bangsa! Dari kelima daftar diatas, tim manakah yang menjadi tim favorit sobat Ligagame nih?

Jangan lupa subscribe Youtube Ligagame Esports untuk siaran turnamen esports paling lengkap dari Dota 2, PUBG Mobile, Mobile Legends, dan lainnya! Ligagame juga lagi mengadakan Smartfren IES, turnamen esports Indonesia dengan prize pool 500 miliar! Jangan sampai ketinggalan!

mlbb-ligagame-esports

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!