Salip Google, TikTok Jadi Situs Paling Populer di Internet!

Salip Google, TikTok Jadi Situs Paling Populer di Internet!

TikTok telah melakukan hal yang mustahil, menyalip Google sebagai situs web paling populer pada bulan-bulan terakhir tahun 2021. Google, tak dipungkiri, telah menjadi lebih dari tools "search engine" atau mesin pencari yang menyediakan berbagai layanan saat online. Pengguna internet pada umumnya memiliki tautan dengan layanan email Gmail, menggunakan Google Penelusuran sepanjang hari, dan jika perlu mencoba-coba Google Books, Maps (Peta), News (Berita), Foto, dan Translate (Terjemahan). Maka tidak mengherankan bahwa Google, sebagai domain, telah lama menjadi yang paling populer daripada yang lain. Namun, kedudukan Google sebagai web paling populer telah tergantikan jelang akhir tahun 2021.

Yup, laporan dari analisa akhir tahun yang dikumpulkan Cloudflare menunjukkan TikTok telah menyalip Google. Aplikasi besutan Bytedance yang dibuat untuk video pendek dan lucu ini sekarang menjadi domain peringkat teratas di internet. Keberhasilan TikTok menyalip Google sebagai domain paling populer pada 2021 adalah momen penting lainnya dalam sejarah internet.

BACA JUGA: Video 13 Detik Lele PUBG Jadi Trending Topic

Cloudflare menjelaskan Google mungkin telah mendominasi hingga 2020, namun tahun 2021 telah menjadi sesuatu yang sama sekali berbeda. TikTok memenangkan hari pertamanya pada 17 Februari, kemudian mengklaim beberapa lagi selama bulan Maret dan Mei. Pada bulan Agustus, TikTok memenangkan lebih banyak hari melawan Google, tren keunggulan TikTok bahkan bertahan hingga November dan semakin kuat di bulan Desember.

Laporan serupa dari Cloudflare menunjukkan kenaikan TikTok yang terjadi pada akhir tahun 2020. Tahun lalu, TikTok masih menjadi domain terpopuler ketujuh, di bawah Amazon dan di atas YouTube. Pada saat itu, Facebook secara kokoh berada di bawah Google sebagai domain terpopuler kedua, meskipun jarang menyalip Google. Sementara TikTok melonjak untuk sementara waktu sebelum November 2020. Pertumbuhan TikTok mulai melonjak di bulan Februari 2021, meski kemudian sempat melandai pada Mei dan Juli.

tikTok 2 10e7c



Lanskap media sosial tahun 2021 tidak banyak berubah. Perubahan terjadi di puncak dengan keberhasilan Tiktok. Di bawahnya ditempati Facebook dan YouTube. Di bawah kedua platform itu ada Twitter, yang naik di atas Instagram sejak 2020. Ini juga merupakan satu-satunya pertukaran posisi dalam 10 besar sosial media. Posisi selanjutnya tidak berubah dari tahun 2020, yakni Snapchat, Reddit, Pinterest, LinkedIn, dan Quora. Quora, khususnya, turun drastis dari 100 domain teratas tahun ini. Sementara LinkedIn menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan hingga tahun 2021.

BACA JUGA: Mengenal Shou Zi Chew, Sosok CEO Di Balik Kesuksesan TikTok

Untuk menjawab pertanyaan mengapa TikTok hebat menjadi domain teratas tahun 2021, kita bisa melihat aplikasi TikTok itu sendiri. Platform video menampilkan konten unik dan sangat populer setiap hari. Ini adalah campuran berbagai konten, dari hal-hal unik, kreatif, lelucon viral, spotan hingga berita selebriti, politik dan kontroversi.

Apakah TikTok mampu mempertahankan posisi teratas pada tahun 2022 adalah soal lain. TikTok sangat bergantung pada popularitas viral dari kontennya untuk membuat pengguna kembali. Konten viral secara online memang mudah datang dan pergi. Ada juga kontroversi politik seputar TikTok, karena dugaan sejarah penyensoran konten politik, yang bisa menjadi masalah lagi di masa depan.

Ikuti terus info terbaru seputar Tech  dan esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Viral di TikTok Kucing Menggemaskan Cosplay Karakter Klee Genshin Impact

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!