PS5 vs Xbox Series X: Konsol Next-Gen Mana Yang Lebih Superior?

by Ligagame
ps5-vs-xbox-series-x

Playstation 5 dan Xbox Series X akan dirilis sebentar lagi di tahun 2020 ini. Versi original kedua konsol gaming ini akan hadir dengan harga yang sama dan waktu yang berdekatan. Tak heran mengapa banyak gamers kebingungan untuk memilih yang mana. 

Sony dan Microsoft sudah mengumumkan spesifikasi untuk konsol next-gen tersebut. Keduanya akan hadir dengan teknologi resolusi 8K, frame rate tinggi, hingga prosesor canggih - jauh berbeda dengan platform generasi sebelumnya (PS4 dan Xbox One).  

Walau begitu, PS5 dan Xbox Series X memiliki beberapa perbedaan, tapi manakah yang lebih superior? 

BACA JUGA: Kenali Among Us, Game Viral Yang Berhasil Tembus 85 Juta Unduhan

Kapan PS5 dan Xbox Series X dirilis? 

PS5 akan dirilis pada 12 November 2020 untuk negara Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, New Zealand, dan Korea Selatan. Sedangkan untuk wilayah lainnya akan dirilis pada 19 November 2020. 

Xbox Series X akan dirilis pada 10 November 2020. 

PS5 vs Xbox Series X: Spesifikasi

   Playstation 5  Xbox Series X
 CPU  AMD Zen 2, 3.5 GHz frekuensi  AMD Zen 2, 3.8 GHz frekuensi
 GPU  10.3 teraflops AMD Radeon, 2.23 GHz frekuensi  12 teraflops AMD custom GPU, 1.825 GHz frekuensi
 RAM  16GB GDDR6  16GB GDDR6
 Storage  825 GB custom SSD  1 TB custom NVMe SSD
 Resolusi  mendukung 4K dan 8K  mendukung 4k dan 8k
 Harga  $499  $499
 Frame Rate  hingga 120 fps  hingga 120 fps

PS5 vs Xbox Series X: Harga

Xbox Series X dijual dengan harga $499, dan hadir dalam versi murahnya Xbox Series S dengan harga $299.

PS5 hadir dengan versi disc drive dengan harga $499.99 dan PS5 Digital Edition dengan harga $399.99. 

Versi murah dari kedua konsol ini memiliki harga yang relatif jauh. Tapi perlu dicatat, Xbox Series S memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah dibandingkan Series X. Sedangkan PS5 Digital Edition memiliki spek yang sama dengan PS5, hanya saja tidak ada disc drive. 

Di Indonesia sendiri, banyak yang sudah menjual pre-order kedua konsol next-gen tersebut dengan harga yang kurang lebih sama. Kalian bisa menemukan Xbox Series X dengan kisaran harga Rp 8,990,000 - Rp 14,990,000. Sedangkan untuk PS5 dengan kisaran harga Rp 8,790,000 - Rp 15,000,000. 

 

PS5 vs Xbox Series X: Grafik

perbandingan-ps4-dan-ps5
Sumber Gambar: Youtube /@gameranx

Dalam segi spek, PS5 dan Xbox Series X tentunya salah satu konsol yang paling unggul dan canggih dibandingkan konsol gaming yang lainnya. Kalau dibandingkan antara PS5 dan Xbox Series X sendiri, kedua konsol ini mirip sekali. 

Xbox Series X dan PS5 memiliki 8-core AMD Zen 2 CPU. Bedanya, PS5 ditetapkan pada frekuensi variabel 3.5 GHz. Sedangkan Xbox memiliki kecepatan prosesor yang lebih cepat pada 3.8 GHz. 

Dari segi GPU, Playstation 5 dilengkapi dengan Custom RDNA 2 10.28 teraflops dengan 36CUs di 2.23 GHz. Sedangkan Xbox Series X menggunakan Custom RDNA 2 12 teraflops dengan 52 CUs di 1.825 GHz.  

Jika dilihat sekilas, Xbox Series memiliki keunggulan dari segi kecepatan prosesor, unit komputasi, dan teraflops. CPU nya sendiri tidak jauh berbeda. Namun untuk GPUnya, Xbox Series X unggul 1.7 ekstra teraflops. Teraflops berguna untuk mengukur jumlah perintah yang dapat dilakukan oleh komputer dalam satu detik. Satu teraflop saja bisa mengukur 10^12 perintah dalam satu detik, jadi perbedaan 1.7 ini menunjukkan perbedaan grafis yang cukup signifikan. 

Akan tetapi, hal ini bergantung lagi pada game itu sendiri. Mampukah game tersebut memanfaatkan seluruh teraflop sepenuhnya? Selain itu, walau PS5 memiliki teraflop yang lebih sedikit, setiap 36 unit komputasi akan berjalan pada 2.23GHz yang lebih tinggi dibandingkan Series X. 

Playstation 5 dan Xbox Series X juga menghadirkan 16GB GDDR6 SD RAM yang mendukung resolusi 4K dan 8K. FYI, sebagian besar orang tidak memiliki layar yang mendukung 8K. Bahkan banyak game juga belum mendukung resolusi 8K. Jadi sebenarnya, Sony dan Microsoft menyediakan fitur 8K ini untuk kedepannya nanti. 

Intinya, kedua konsol gaming ini menggunakan strategi mekanisme yang berbeda dan sulit dibandingkan jika tidak diterapkan secara langsung. Jadi, kita harus melihat sendiri bagaimana angka tersebut dapat berdampak pada grafik visual dalam macam-macam tipe game.

 

PS5 vs Xbox Series X: SSD & Waktu Loading 

grafik-ssd
Sumber Gambar: Sony

Salah satu fitur terbaik dalam konsol next-gen ini adalah SSDnya. Sony dan Microsoft memiliki objektif utama yaitu mengurangi waktu loading, waktu download, dan waktu patch. Dengan alasan ini, kedua konsol menghadirkan built-in custom SSD canggih sehingga game akan load jauh lebih cepat. 

Perbedaanya, Xbox Series X hadir dalam 1TB, sedangkan PS5 hanya memiliki 825GB. Walau begitu, SSD PS5 sanggup menjalankan 5.5GB per detik (dua kali lipat dibandingkan Series X 2.4GB per detik). Artinya, PS5 sanggup load / memuat konten game jauh lebih cepat. 

Sebagai perbandingan, PS5 mendemonstrasikan game Insomniac Spider-man yang membutuhkan waktu loading 15 detik di PS4, dan hanya butuh 0.8 detik di PS5. 

Microsoft sendiri juga berjanji bahwa Series X dilengkapi dengan SSD yang memiliki sistem 40x lebih cepat dari platform sebelumnya. 

Sedangkan untuk masalah storage, kedua konsol ini dilengkapi dengan sistem cloud - PlayStation Now dan Project xCloud. Jadi tak perlu khawatir lagi dengan kehabisan storage!

 

PS5 vs Xbox Series X: Fitur Backwards Compatibility

ps-plus-collection
Playstation Plus Collection. | Sumber Gambar: Sony

Backwards Compatibility adalah fitur yang memungkinkan konsol menjalankan game di platform generasi sebelumnya. PS5 dan Xbox Series X memiliki fitur tersebut dengan opsi & batas tertentu. 

Microsoft mengumumkan bahwa seluruh game Xbox One bisa dimainkan di Series X. Selain itu, dengan adanya sistem Smart Delivery Microsoft, saat kalian membeli game Xbox One maka otomatis mendapatkan versi Series X nya saat kalian meng-upgrade konsol. Beberapa game Xbox 360 juga bisa dimainkan dalam konsol baru tersebut.

Untuk Playstation 5, Sony memastikan hampir seluruh top 100 game PS4 bisa berjalan dalam sistem tersebut. Akan tetapi penting untuk dicatat, tidak semua game PS4 bisa dimainkan. Sedangkan game dari PS1, PS2, dan PS3 tidak bisa dimainkan dalam PS5.

Sony akan merilis Playstation Plus Collection untuk para PS+ subscribers. Online subscription ini akan menghadirkan rangkaian game PS4 yang bisa dimainkan di PS5 dari Fallout 4, Persona 5, The Last of Us Remastered, hingga Mortal Kombat X. Akan tetapi, Plus Collection akan berbeda untuk setiap negara. 

BACA JUGA: Penjualan Fall Guys Tembus 7 Juta Unit, Jadi Game PS Plus Paling Populer Di Dunia

PS5 vs Xbox Series X: Game Eksklusif

Tentu saja spesifikasi next-gen canggih tidak berguna jika tidak ada game yang sanggup menjalankannya. 

Sony dan Microsoft sudah mengumumkan beberapa game eksklusif yang bisa dimainkan dalam platform tersebut. Tentunya, daftar ini akan terus bertambah ya.

spiderman-miles-morale
Game Eksklusif PS5 - Spider-Man: Miles Morales

Game Eksklusif Playstation 5: 

  • New God of War
  • Horizon Forbidden West
  • Marvel's Spider-Man: Miles Morales
  • Gran Turismo 7
  • Ratchet and Clank: Rift Apart
  • Demon's Souls
  • Returnal
  • Sackboy: A Big Adventure
  • Astro's Playroom
  • Destruction AllStars
  • Final Fantasy 16 
  • Deathloop
  • Ghostwire: Tokyo
  • Godfall
  • Project Athia
halo-infinite
Halo Infinite Xbox Series X

Game Eksklusif Xbox Series X:

  • Halo Infinite
  • Fable
  • State of Decay 3
  • Forza Motorsport
  • Everwild
  • Avowed
  • As Dusk Falls
  • S.T.A.L.K.E.R. 2
  • The Medium
  • Senua's Saga: Hellblade II
  • Scorn
xbox-game-pass
Xbox Game Pass Ultimate

Menariknya, setiap game eksklusif Xbox Series X sebenarnya gak “eksklusif” karena bisa dimainkan dalam PC dan Xbox One. Microsoft mengatakan bahwa mereka “fokus pada setiap pemain dan tidak ingin memaksa pemain untuk meng-upgrade konsol dengan menghadirkan game-game eksklusif untuk konsol apapun.” Microsoft juga menghadirkan Xbox Game Pass, di mana pemain bisa mengakses ratusan game baru dengan $9.99 (sekitar Rp 140,000) per bulan. 

Microsoft juga akan menghadirkan Project xCloud, layanan streaming game di mana pemain bisa stream game mereka langsung ke Android / tablet, tanpa perlu konsol Xbox.  

Di lain sisi, Sony fokus pada penjualan PS5 itu sendiri dengan menghadirkan berbagai game eksklusif yang mengharuskan pemain meng-upgrade konsol mereka. 

 

Konsol Next-Gen Mana Yang Lebih Bagus?

Dari rangkaian penjelasan di atas, PS5 dan Xbox Series X memiliki keunikan (kelebihan dan kekurangan) masing-masing. Intinya, sebelum dicoba secara langsung, sulit untuk tahu secara pasti konsol mana yang lebih superior. 

Namun, dilihat secara sekilas, Xbox Series X terlihat sedikit lebih unggul karena fitur backwards compatibility dan GPU yang lebih canggih. Selain itu, Project xCloud dan Xbox Game Pass terlihat lebih komprehensif dibandingkan Playstation Plus Collection. 


Untuk berita gaming dan esports terbarunya, jangan lupa follow Ligagame Esports

Tertarik nonton turnamen esports? Subscribe Facebook dan Youtube Ligagame Esports saja yuk! Bakal ada siaran gaming baru setiap hari yang pastinya gak membosankan!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!