David Beckham Investasi Rp 441 Miliar Untuk Esports!

| LigaGame

Share This

david-beckham-guild-esports

Industri esports berkembang pesat terutama di tahun ini. David Beckham investasi miliaran rupiah ke dalam organisasi esports. 


Beberapa tahun ini, esports menjadi salah satu area investasi yang populer. Salah satu pemain sepak bola paling besar di dunia, David Beckham, baru saja menginvestasi 31 juta USD atau sekitar Rp 441 miliar ke dalam organisasi esports UK, Guild Esports, melalui DB Ventures.

Guild Esports (sebelumnya dikenal sebagai The Lords Esports) menggelar peluncuran global, bersama David Beckham sebagai co-owner nya. Organisasi esports ini diperkirakan memiliki nilai sebesar 124.2 juta USD atau 1,7 Miliar rupiah. 

Ketua Eksekutif Guild, Carleton Curtis, sebelumnya membantu dalam perkembangan Overwatch League dan Call of Duty League. Bersama dengan tim Guild Esports lainnya, Ia akan melatih players dan fokus dalam membangun tim kompetitif untuk game esports seperti FIFA, Fortnite, dan Rocket League. 

Pasalnya, Guild Esports menggunakan Beckham sebagai cara untuk menarik perhatian para sponsorship lainnya. Selain Beckham, ada juga investor lainnya yang ikut partisipasi dalam financing round Guild Esports seperti Blue Star Capital.

Sebelumnya, Blue Star Capital juga menaruh investasi dalam organisasi esports lainnya seperti Dynasty Esports (Singapura), Googly Esports (India), dan The Drops Esports (Kanada), masing-masing sebesar ~Rp 2,6 miliar. 

BACA JUGA: 10 GAME PENGHASIL UANG 2020 TERBAIK, TERCEPAT & TANPA MODAL!

free-fire-ligagame

Opini David Beckham dan Carleton Terhadap Guild Esports

Partnership antara Carleton dan Beckham ini tentunya sangat unik - kombinasi antara pengalaman Carleton dalam industri esports, serta Beckham dalam dunia olahraga tradisional.

David Beckham, pemilik MLS team Inter Miami, melihat pasar esports sebagai salah satu industri yang berkembang pesat belakangan ini. Terutama, dengan adanya pandemi corona, perkembangan industri esports semakin besar. 

“Saya tahu kebulatan tekad hidup dalam para atlet esports kini, dan dengan Guild, kita memiliki misi untuk membentuk standar baru, membantu players ini menempuh masa depan. Kita berkomitmen untuk mendidik dan menggalakan para atlet muda melalui sistem akademik kami. Saya tak sabar untuk membantu mengembangkan tim Guild Esports,” kata Beckham.

Dalam perekanan ini, Carleton juga memberikan pernyataan, “Perkembangan esports tidak menunjukkan tanda-tanda perlambatan sama sekali. Ini merupakan waktu yang tepat untuk Guild Esports masuk ke dalam pasar esports. Kita sudah membangun tim manajemen yang berpengalaman dan Saya sangat bangga memiliki Beckham sebagai co-owner dalam usaha ini. Profesionalisme dan pengalamannya dalam membentuk tim olahraga selaras dengan strategi inti kami dalam membangun tim esports terbaik.”

Industri Esports Berkembang Pesat di Tengah Pandemi

Sebelum adanya pandemi, PwC memperkirakan pendapatan esports bisa berkembang dari 980 juta USD (14 miliar rupiah) di tahun 2019 hingga 1.8 miliar USD (25 miliar rupiah) di tahun 2023. Bahkan angka ini dinyatakan terlalu rendah karena dengan adanya pandemi corona, industri esports menarik semakin banyak peminat di seluruh dunia.

Menurut analisa dari Newzoo, sebesar 500 juta orang mengikuti perkembangan esports. Dengan rata-rata penggemar esports berusia dibawah 35 tahun nonton via online stream melalui Twitch dan YouTube. 

Pastinya, tidak heran mengapa banyak investor mulai menginvestasi ke dalam industri ini. Bukan hanya Beckham, ada banyak selebriti dan atlet lainnya yang tertarik dengan perkembangan esports. 

Stephen Curry, Andre Iguodala, dan Steve Young merupakan investor TSM. Michael Jordan dan Magic Johnson, ex-atlet NBA, investasi 26 juta USD (370 miliar rupiah) ke dalam aXiomatic Gaming, pemiliki organisasi esports Team Liquid. Mike Tyson menjadi investor Fade 2 Karma, dan Will Smith sebagai investor Gen.G, salah satu organisasi esports terbesar di Amerika Serikat dan Asia. Kita bisa berharap industri esports akan terus berkembang pesat, bahkan di tengah pandemi ini.


BACA JUGA: RIOT GELAR IGNITION SERIES: TURNAMEN VALORANT PERTAMA 2020

Bagi kalian yang tertarik dengan esports, bisa ikuti Youtube Ligagame Esports TV. Ada banyak turnamen esports online dari Valorant, Dota 2, Mobile Legends, PUBG Mobile, dan lainnya!

ies-ligagame-esports

Follow Us