John Terry dan Ashley Cole Kena Kasus Promosikan NFT, Apa Pasal?

John Terry dan Ashley Cole Promosikan NFT

Legenda sepak bola Chelsea, John Terry dan Ashley Cole, harus menghadapi persoalan hukum terkait NFT. Apa pasal? Well, ini lantaran cuitan John Terry di Twitter memposting kartun NFT "Baby Ape seharga £94' dengan trofi LIga Inggris dan Liga Chmpions.

Badan Premier League dan UEFA yang mendapat laporan langsung mengambil sikap. Trofi Liga Premier dilindungi oleh merek dagangnya dan memerlukan perjanjian lisensi dengan liga jika digunakan dalam usaha komersial apa pun. Terkait hal ini, Premier League pun menyarankan kedua pesepakbol 'mencari nasihat pengacara'. 

Non-fungible Token (NFT) memang tengah booming dan viral di jagad maya. Seperti kita tahu di pekan lalu netizens Indonesia dihebohkan dengan NFT Foto Selfie Ghozali Everyday Raup Miliaran Rupiah! Kegemaran terbaru di dunia cryptocurrency telah merambah berbagai bidang mulai dari seni, musik hingga olah raga, memungkinkan kreator menghasilkan uang dari kreasi digital. 

NFT adalah unit data yang tidak dapat dipertukarkan dan unik yang disimpan di blockchain, suatu bentuk buku besar digital. Unit data yang dapat dikoleksi ini dapat dijual dengan sejumlah besar uang dan dapat mewakili apa pun secara online. Tidak seperti uang tunai atau emas, kedua benda yang dapat dipertukarkan dengan mudah, NFT tidak dapat dipertukarkan dan tidak dapat ditukar dengan cara yang sama. Misalnya, karya seni unik lainnya seperti Mona Lisa juga dianggap non-fungible.

NFT hanya dapat dibeli melalui platform tertentu, seperti OpenSea dan Foundation, dan harus dibeli menggunakan cryptocurrency. Dua cryptocurrency terbesar dan terpopuler adalah Bitcoin dan Ethereum, namun kini ada lebih dari 5.000 varietas berbeda yang beredar.

BACA JUGA: Panduan dan Cara Main Axie Infinity Game Berbasis NFT

John Terry dan Ashley Cole mempromosikan NFT The Ape Kids Club. NFT ini memang tengah populer di Amerika Serikat dan dimiliki sejumlah artis seperti Eminem menghabiskan $461.868 (£342.000) untuk ilustrasi digital kera kartun.

Nah, dua legenda sepak bola Chelsea pun mempromosikan NFT Baby Ape. Terry, bersama dengan pemain hebat Liga Premier lainnya termasuk mantan rekan setimnya di Chelsea dan Inggris Cole, telah mendukung NFT 'Ape Kids Club' di Twitter. John Terry memposting NFT nya beserta gambar ilustrasi dari berbagai trofi yang telah ia menangkan sepanjang kariernya.  NFT itu kira-kira dijual dengan harga 0,05 Ethereum (ETH), yang saat ini dihargai £93,79, ditambah biaya transaksi tambahan.

nft babay ape john terry ashley cole b453d


Selain Premier League, UEFA  juga menyelidiki masalah ini setelah menemukan bahwa ilustrasi trofi Liga Champions dan Liga Europa telah digunakan di NFT.

Menurut The Athletic, juru bicara UEFA mengatakan setelah menemukan NFT: 'UEFA menganggap serius perlindungan hak kekayaan intelektualnya dan kami sedang menyelidiki masalah ini lebih lanjut. Terima kasih telah menyampaikannya kepada kami.'

Bek sayap Chelsea saat ini Reece James juga telah men-tweet tentang akuisisi 'Mutant Ape'-nya sementara Jack Wilshere, Willian dan Marco Verratti dari PSG sambil mempromosikan NFT secara luas di Twitter.  Menurut Telegraph, Ashley Cole belum menandatangani kontrak dengan pencipta 'Ape Kids Club' dan dia hanya me-retweet gambar NFT yang menyertakan gambar ilustrasi trofi Liga Premier.

Ikuti terus berita tekno dan PC peripheral terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Akankah NFT Menguntungkan Industri Game? Bagaimana Efeknya Bagi Gamer?

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!