Akankah NFT Menguntungkan Industri Game? Bagaimana Efeknya Bagi Gamer?

Bagaimana NFT Menguntungkan Industri Game?

Sejumlah developer (pengembang) maupun publisher game mulai meraba masa depan NFT. Non-Fungible Token. NFT secara sederhana dapat didefinisikan sebagai sertifikat kepemilikan token, melalui penggunaan teknologi berbasis blockchain. 

Seperti singkatannya, NFT non-fungible artinya token yang tidak dapat dipertukarkan dan merupakan aset kriptografi pada blockchain. Prinsip utama dari sistem ini adalah soal "kepemilikan" yang legitimate dan bisa ditukar berdasarkan kesepakatan (kontrak). Nah, sebelum melangkah lebih lanjut, kita perlu memahami dasar-dasar blockchain, crypto, cryptocurency dan NFT.  

NFT dapat digunakan untuk mewakili barang-barang dunia nyata seperti karya seni dan real-estate, dikutip dari ethereum.org.  Kepemilikian digital tersebut tercatat dalam data blockchain dengan mata uang kripto, seperti Bitcoin atau Ethereum. Selain itu, NFT juga dapat digunakan untuk mewakili identitas individu, hak milik, dan banyak lagi. NFT tidak dapat diduplikasi karena memiliki identitas pemilik aslinya yang berfungsi seperti hak cipta. Berita Yang Viral, NFT Foto Selfie Ghozali Everyday Raup Miliaran Rupiah! bisa menjadi potret cara kerja NFT. 

BACA JUGA: EIZPER CHAIN Game Berbasis Blockhain Pertama di Indonesia

Munculnya NFT sebagai model kepemilikian aset virtual secara digital memang masih perlu dipelajari. Sambutan pun beragam, ada yang pro dan positif, ada pula yang negatif hingga skeptis. Terlepas dari tetapi teknologinya dapat menguntungkan game jika dilihat dari sudut pandang tertentu.  

Banyak publisher game mulai mengambil langkah untuk mengintegrasikan teknologi NFT ke dalam game terbaru mereka, sebut saja perusahaan raksasa seperti Ubisoft dan EA. 

nft benefit ghost recon breakpoint stalker 2 d089f

Sebagian gamer justru vokal menyatakan ketidaksetujuan mereka dengan sistem token ini, dan untuk alasan yang bagus. NFT dianggap hanya sebagai tambahan biaya untuk pengalaman bermain game, dan tidak banyak membantu meningkatkan pengalaman pemain, dan hanya akan memberi pemasukan bagi publisher  yang sudah besar.

Well, pandangan ini ada benarnya tetapi setelah jika ditelisik lebih dalam, penerapan NFT pada barang-barang secara virtual mungkin bermanfaat bagi industri dalam jangka panjang.

BACA JUGA: Panduan dan Cara Main Axie Infinity Game Berbasis NFT

Meningkatnya Biaya Pengembangan Game Dan Efek Sampingnya

Bukan rahasia lagi bahwa ongkos produksi  pembuatan dan pengembanga game semakin mahal , dan dengan setiap generasi meningkatkan standar untuk visual dan nilai produksi, biaya ini terus membengkak. Game seperti Cyberpunk 2077, Red Dead Redemption 2, dan Grand Theft Auto 5 menghabiskan biaya ratusan juta dolar untuk pembuatannya.

Jadi, meskipun penjualan memecahkan rekor, sangat sedikit game yang berhasil memberikan keuntungan bagi investor perusahaan dan pemegang saham dari tahun ke tahun. Selama bertahun-tahun, penggemar telah melihat banyak tren baru yang berfungsi untuk menjembatani kesenjangan dana  ini dengan memperkenalkan sumber pendapatan baru, termasuk tetapi tidak terbatas pada paket DLC kosmetik, Edisi Kolektor, Tiket Musiman, dan banyak lagi.

GTA Online Auto Shop Guide ee734

Ini mungkin yang mendorong perusahaan game besar seperti Sony memutuskan untuk menggunakan multi-platform, karena usaha blockbuster AAA saat ini tidak secara inheren menguntungkan dengan model bisnis tradisional dan skema eksklusivitas platform dari generasi sebelumnya. Namun, baru-baru ini, industri telah menyaksikan peningkatan pesat dalam popularitas transaksi mikro sedemikian rupa sehingga banyak gamer menjadi terbiasa dengannya.

Selain game gacha, game berbayar (pay to pay) berkategori AAA juga mulai menerapkan micro transaksi dengan real money (uang nyata). Star Wars: Battlefront 2 menjadi berita utama saat game ini secara praktis memaksa pemain untuk membeli loot box dengan uang nyata untuk maju dalam game. Demikian hallnya game Assassin's Creed Oddysey yang memberi fasilitas kepada pemain untuk penghemat waktu dan leveling karakter dengan uang.  

BACA JUGA: Blizzard Launching Ulang Gear Store Online, Mungkinkan NFT?

Bagaimana NFT Berpotensi Menguntungkan Game

Sama seperti saat transaksi mikro pertama kali diperkenalkan, NFT juga mendapat respon ragu dan kritikan. Tidak menyarankan kritik itu tidak beralasan, jauh dari itu. Mengingat sifat cara kerja koleksi dalam jumlah terbatas, sangat penting untuk memanggil siapa pun yang mencoba menghasilkan uang irasional darinya. Bahkan untuk semua kenaifannya, Digit NFT yang diperkenalkan Ubisoft jauh dari berkelanjutan, dengan secara praktis memaksa pemain untuk bermain game untuk waktu yang lama dengan peralatan waktu terbatas.

Mengingat betapa mahal biaya pengembangan game AAA, penyertaan NFT tampaknya, dalam beberapa kasus, tak terelakkan — terlepas dari semua hal-hal pro dan kontranya. Namun, sisi baiknya, NFT bisa menjadi model yang jauh lebih ramah konsumen (kecuali efek lingkungan dari penambangan kripto) daripada mengatakan, meningkatkan harga game dengan margin yang signifikan setiap generasi.

Idealnya, NFT harus berfungsi sebagai suvenir unik bagi mereka yang menyukai game — dan idealnya tetap bersifat opsional untuk semua pemain dan fungsionalitas non-gameplay.

Jika NFT mulai mengikuti cetak biru ini, seluruh cobaan dapat berbalik menjadi lebih baik dan menjadi situasi yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak yang terlibat. Gamer yang ingin membelanjakan NFT dapat melakukannya — dan developer dapat memiliki sumber pendapatan tambahan untuk mengimbangi kenaikan biaya. Sementara itu, pemain yang hanya ingin memainkan game dengan cara tradisional tetap dapat melakukannya, tanpa ragu dan tanpa biaya tambahan.

Ikuti terus berita Games dan tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Bountie Hunter dan DeFi Warrior Gelar Turnamen Esports dengan Hadiah Mata Uang Crypto

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!