Panduan dan Cara Main Axie Infinity Game Berbasis NFT

by Agustinus Dapot
Panduan dan Cara Main Axie Infinity Game Berbasis NFT

Axie Infinity merupakan salah satu game Play-to-Earn yang berbasis blockchain paling populer.  Axie Infinity telah menjadi topik utama tahun ini dan melejit di negara-negara seperti Filipina, di mana pemain mendapatkan cryptocurrency yang disebut Small Love Potion (SLP), yang dapat dikonversi melalui pertukaran crypto menjadi uang real di sistem keuangan konvensional.

 Axie Infinity Beginner Guide How to Play 1 70594

Di Axie Infinity, pemain memelihara dan melawan hewan peliharaan virtual yang disebut Axies. Ini sangat mirip dengan permainan strategi seperti Pokemon, serta permainan kartu berbasis giliran seperti Hearthstone. Sederhananya, Axie Infinity adalah game card dari pet (hewan peliharaan) untuk bertanding dengan pemain lain.

Nah, setiap Axie adalah token atau NFT yang tidak dapat dipertukarkan. Well, sebelum lanjut, sebaiknya ligagamers juga sudah sedikit memahami apa itu: blockchain, cryptocurrency, crypto  dan NFT. Kalian bisa sedikit riset di pencarian maupun video sehingga mendapat pemahaman mendasar tentang sistem mata uang virtual terbaru ini.

Oke, sekarang masih kita kembali lanjut bahas soal game Axie Infinity. Dalam guide Axie Infinity kali ini kita akan membahas panduan tentang gameplay dan tips untuk pemula.

Apa itu Axie Infinity?
Axie Infinity adalah game tentang berkembang biak, tumbuh, dan melawan makhluk lucu yang dikenal sebagai Axies. NFT digunakan untuk membeli axie dan real estat virtual (Tanah) melalui pasar dalam game. Mayoritas transaksi terjadi di Ronin, sidechain cepat dan disesuaikan yang dibangun oleh pengembang Sky Mavis dengan biaya lebih rendah daripada blockchain Ethereum utama.

Untuk mulai memainkan Axie Infinity, pemain harus membeli 3 Axies terlebih dahulu. Pemain  kemudian dapat memilih untuk bertarung melawan monster musuh dalam Mode Adventure untuk meningkatkan Axies, atau bertarung dengan pemain lain di Arena dan bersaing di papan peringkat.

Either way, kedua mode permainan akan memberi pemain Ramuan Cinta Halus atau "SLP" sebagai hadiah. Ini menjadi sumber daya utama yang ingin ditanami oleh pemain dan kemudian dijual dengan uang kehidupan nyata.

Axie Infinity membedakan dirinya dari banyak game online konvensional karena dibuat untuk menjadi permainan untuk mendapatakn dan memiliki permainan, dengan pemain dapat menjual barang-barang (termasuk Axies yang dikembangkan, Lands, dan beberapa aksesoris lainnya seperti tong atau bunga ) melalui NFT game di  market sambil juga mengumpulkan token yang dihasilkan oleh game. Game ini menggunakan dua koin unik, yaitu Axie Infinity Shards (AXS) dan Smooth Love Potion (SLP).

Kedua token digunakan dalam interaksi dan proses dalam game seperti pengadaan tanah, peningkatan, dan yang paling penting berkembang biak. Sumbu dan telur itu sendiri juga dapat dijual ke orang lain dengan Ethereum sebagai perdagangan mata uangnya. Pemain dapat melihat nilai AXS dan SLP saat ini di Coinecko.com.

BACA JUGA: Now.gg Platform Cloud Gaming Pertama di Dunia Yang Menawarkan NFT Payment !

1. Axies
Mereka adalah monster fantastik yang bisa dilawan, dikumpulkan, dan dibesarkan oleh pemain. Setiap Axie memiliki karakteristik unik yang mempengaruhi fungsinya dalam pertempuran. Setiap Axies memiliki 4 statistik penting untuk dilihat. Ini termasuk Health, Morale, Skill, dan Speed. 
Statistik ini bersama dengan aspek lainnya penting untuk kekuatan Axie bertarung di arena secara kompetitif.

Axie Infinity Axies 780 06e3b

Morale: Moral meningkatkan kemungkinan serangan kritis. Ini juga meningkatkan chance stand terakhir dan menambahkan ticks stand terakhir ekstra.
Speed: Kecepatan turn ditentukan oleh kecepatan. Axies dengan kecepatan lebih besar menyerang terlebih dahulu. Speed juga mengurangi kemungkinan Axie terkena serangan critical.

Skill: Saat Axie memainkan banyak kartu sekaligus, Skill meningkatkan damage (combo).
Health: Jumlah maksimum damage yang dapat diterima Axie.

2. Classes
Sama dengan  game online populer seperti Pokemon Ragnarok dll, Axie Infinity juga memiliki sistem class (kelas) dengan keunikan dan keunggulan terhadap satu kelas di atas yang lain. Saat ini ada 9 tipe axie yang telah diperkenalkan di dalam game:

Axie Infinity classes

Classes
Aquatic
Beast
Bird
Bug
Dawn
Dusk
Mech
Plant
Reptile

Axie Infinity classes 5ac50

Di dalam kelas-kelas ini ada tiga kelas khusus yang bisa dikembangbiakkan (breed) menggunakan kombinasi khusus. Hasil Mech sebagai keturunan dari Beast Axie ras dan Bug Axie ras. Dawn dihasilkan sebagai keturunan dari Plant Axie murni dan Bird Axie murni. Akhirnya, Dusk Axies lahir dari keturunan murni Reptile Axie dan orang tua murni Aquatic Axie.

3. Body Parts / Bagian Tubuh
Axies memiliki enam bagian tubuh: mata, telinga, tanduk, mulut, punggung, dan ekor. Bagian tubuh yang bertanggung jawab atas kartu keterampilan Axie adalah Mulut, Ekor, Tanduk, dan Punggungnya. Setiap bagian tubuh juga memberikan kontribusi statistik tambahan yang berbeda tergantung pada kelas mana bagian itu berasal.

Axie Infinity body parts 172a6

Apa itu Bagian Tubuh Axie?
Selain dari kelas dasar mereka, Axies juga memiliki 6 bagian tubuh yang berbeda:

Eyes
Ears
Horns
Mouth
Back
Tail

Misal contohnya: Axie ini memiliki bagian mata Mavis, telinga Ear Breathing, tanduk Cacing Garis, mulut Goda, mulut Cabang Kecil, dan ekor Beras.

Axie Infinity Body Parts Stats 768x534 57d68

Body parts
Aqua: 3 Speed + 1 HP
Beast: 3 Morale+1 Speed
Bird: 3 Speed + 1 Morale
Bug: 3 Morale + 1 HP
Plant: 3 HP + 1 Morale
Reptile: 3 HP + 1 Speed

BACA JUGA: EIZPER CHAIN Game Berbasis Blockhain Pertama di Indonesia Mulai Fase ALPHA

Axie Infinity Abilities Cards
 Axies memiliki 4 kemampuan atau gerakan berbeda yang dapat mereka gunakan selama pertempuran. Ini diwakili oleh Kartu. Ada total 132 kemampuan/kartu dalam permainan. Anda dapat melihat daftar lengkap pada alat seperti Axie World.

Axie Infinity Abilities Cards 768x502 3599e

Kemampuan Axie bergantung pada bagian tanduk, mulut, punggung, dan ekor yang dimilikinya. Sekali lagi, inilah yang membuat setiap Axie unik!
Kemampuannya bisa ofensif, seperti memberikan kerusakan pada lawan. Mereka juga bisa bertahan, seperti memulihkan poin kesehatan Axie Anda, atau mencuri energi dari tim musuh.

Axie yang baik harus memiliki kemampuan yang seimbang dan efisien. Misalnya, Attacker Axies harus memiliki kartu yang memberikan banyak damage, sedangkan Defensive Axies harus memiliki kartu yang memungkinkan mereka bertahan lebih lama dan mempertahankan tim mereka.

Best Teams in Axie Infinity

PVP, atau mode Pemain versus Pemain, adalah permainan yang lebih rumit daripada mode Adventure/Petualangan. Jika kalian sudah merasa siap dengan Axie kalian,  ini adalah beberapa konfigurasi tim atau biasa juga disebut meta yang paling umum dan seimbang:

Aqua, Aqua, Plant
Beast, Bird, Plant
Beast, Aqua, Plant
 

Axie Infinity Stats Body Parts and Abilities 768x480 8ed47

Cara Mulai Bermain Axie Infinity
(Panduan Lengkap: Panduan Langkah demi Langkah: Cara Membuat Akun Axie Infinity)

Untuk mulai memainkan Axie Infinity, pertama-tama kita harus membeli tim starter yang terdiri dari tiga (3) Axies menggunakan Ether. Inilah cara Anda dapat melakukannya:

Beli ETH dari pertukaran mata uang kripto seperti Binance.
Buat dompet MetaMask dan setorkan ETH Anda ke dalamnya.
Buat akun Dompet Ronin dan setorkan ETH Anda ke dalamnya menggunakan Jembatan Ronin.
Pergi ke Axie Marketplace dan login menggunakan Ronin Wallet Anda.
Beli minimal 3 Axie.
Unduh klien game Axie Infinity dari situs web mereka. (Berikut panduan tentang cara menginstal game di perangkat Anda!)
Tip: Anda dapat menghemat beberapa biaya transaksi Ethereum dengan membeli WETH (Wrapped Ether) langsung ke dompet Ronin Anda. Berikut panduan video yang dibuat oleh tim Axie Infinity!

Biaya setiap Axie tergantung pada harga ETH saat ini serta banyak faktor yang berbeda.

Pastikan untuk melakukan banyak riset terlebih dahulu tentang ciri-ciri apa yang harus diperhatikan saat membeli Axies.

(Panduan Terkait: Tim Axie Infinity Starter Terbaik)

Setelah tim starter siap, Anda kemudian dapat mengunduh klien game dan menyinkronkan Axies Anda ke game. Sekarang saatnya untuk mulai bermain dan menghasilkan !

Ikuti berita terbaru seputar Games dan berita tekno  terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Blizzard Launching Ulang Gear Store Online, Mungkinkan NFT?

  

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!