Setelah Satu Dekade, Heroes of Newerth Resmi Tutup 20 Juni 2022

Heroes of Newerth Resmi Tutup 20 Juni 2022

Buat Ligagamers penghobi MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) tentu tidak asing atau setidaknya pernah mendengar nama Heroes of Newerth. Yup, game MOBA produksi developer S2 Games ini pernah masuk ke jajaran atas untuk bersaing dengan Dota (waktu itu Defense of the Ancient di Warcraft III) dan League of Legends. Setelah hampir satu dekade bertahan, Heroes of Newerth (HON) akhirnya tutup usia, Developer S2 resmi mengumumkan akan menonaktikan semua server dan aktivitas game HON hari ini, 20 Juni 2022. 

Dirilis pada tahun 2010, Heroes of Newerth menjadi pesaing League of Legends (yang rilis tahun 2009). Menarik untuk dicatat Heroes of Newerth pada awalnya adalah game berbayar. Dengan harga $30 per copy, pengembang dengan cepat menyadari bahwa mereka perlu beralih ke model F2P (free-to-play) dengan transaksi mikro. Hal ini memungkinkan studio untuk menjangkau  komunitas penggemar yang lebih substansial di sekitar MOBA. 

Pada 19 Juli 2012, setahun setelah mengumumkan model free-to-play S2 Games mengumumkan kepada publik bahwa game tersebut akan sepenuhnya gratis untuk dimainkan tanpa batasan akses hero, tidak termasuk Early Access untuk hero yang belum dirilis. Harga toko dalam game juga dikerjakan ulang untuk memungkinkan akses yang lebih mudah ke konten kosmetik dalam game.

BACA JUGA: Blizzard Umumkan Agenda Esports World of Warcraft 2022, Total Hadiah $1,8 juta Dollar!

Pada bulan Oktober 2012, S2 Games mengumumkan HoN Tour, sistem turnamen yang sepenuhnya otomatis dibangun dalam game. Turnamen ini terbuka untuk siapa saja dan pemain bersaing untuk mendapatkan uang nyata. "Siklus" pertama acara dimulai pada akhir pekan tanggal 1 Desember.

GarenaHoNBanner1 780 13937

Pada 31 Januari 2013, S2 Games merilis Heroes of Newerth 3.0. Versi 3.0 secara signifikan memperbarui grafis, menambahkan bot, dan fitur yang ditingkatkan secara dramatis untuk memperkenalkan pemain baru ke game. Bagian dari perubahan menampilkan jalur, hill, dan tower yang tampak berbeda dan juga terlihat lebih tajam dan lebih detail. Fitur untuk pemain baru termasuk video tutorial dan bot AI untuk lingkungan bermain yang bebas stres.

HON juga pernah dibawa oleh Garena untuk server Indonesia di 2011. Secara khusus, saingan lama LOL, Heroes of Newerth, bertahan di pasar selama lebih dari satu dekade.

Sebelum dimatikan secara penuh pada 20 Juni 2022,  para gamer masih bisa memainkannya game dengan beberapa event perpisahan mulai dari Silver Coin yang bisa didapatkan ditingkatkan 10x lipat, hingga peningkatan drop rate untuk Diamond Chest. Namun, saat ini, server tampaknya sepenuhnya tidak dapat diakses, dan tidak ada fungsi offline apa pun yang ada dalam game, yang secara efektif .

HON closing announcement 4362e

BACA JUGA: joinDOTA Pamit Setelah Kontribusi 11 Tahun Untuk Dota 2

Heroes of Newerth sempat menjadi penantang serius untuk DOTA 2 dan League of Legends pada tahun 2015. Tak heran jika berita soal penutupan HON yang sudah muncul sejak 2021 lalu disambut komentar bernada menyayangkan dari komunitasnya. Thread di subreddit  menunjukkan bahwa playerbase saat ini tidak cukup untuk mendukung proyek sebesar itu. 

Tentu saja, Heroes of Newerth bertahan lebih lama daripada banyak MOBA lainnya, misalnya saja Paragon yang sudah tutup lebih awal meskipun MOBA tersebut kemudian terabaikan seiring Epic Games yang lebih fokus membesarkan  Fortnite, yang mengambil sumber daya dari hampir semua produksi Epic Games lainnya. Apa pun masalahnya, HON berhasil tetap relatif relevan untuk waktu yang sangat lama, terutama untuk gelar F2P.

honpic 1620x800 0b776

Sementara itu, salah satu rival lama HON yakni League of Legends tampaknya berhasil bertahan dan terus beradaptasi. Rilis Xbox Game Pass League of Legends tidak hanya memperkuat momentumnya yang sudah substansial tetapi juga menandai semacam kebangkitan untuk penawaran utama IP League dari Riot Games.

LOL tumbuh menjadi franchise besar selama bertahun-tahun, dan beberapa penawaran media yang paling menonjol, seperti Arcane, bahkan telah melamaui prok game LOL itu sendiri. Sekarang, dengan hadirnya LOL melalui Game Pass Xbox, lebih banyak pemain dapat terjun ke rift daripada sebelumnya. 

Dengan tutup usianya Heroes of Newerth, praktis hanya ada League of Legends dan DOTA 2 menjadi beberapa dari sedikit MOBA orisinal yang masih tersedia untuk platform PC hingga saat ini. 

Ikuti terus berita terbaru seputar Games, tekno dan esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Riot Perkenalkan Nilah Champion Baru League of Legends, Begini Skillnya!

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!