Parade Iklan Esports Terbaik 2021: Dari yang Kreatif, Hype Hingga Menginspirasi!

Iklan Terbaik Esports 2021

Esports semakin berkibar di berbagai penjuru dunia. Apa yang disebut sebagai "olah raga elektronik" hadir kian dekat dalam keseharian anak muda maupun sebagai berita di media-media. Pesatnya pertumbuhan esports juga tak terlepas dari kondisi pandemi dalam dua tahun terakhir. Developer dan publisher game, gamer, pro player, tim, event organizer dan turnamen hingga pemangku kebijakan telah membangun ekosistem industri esports. Ibarat pepatah "ada gula ada semut", esports menjadi primadona bagi industri besar lainnya.  

Meski bukan terbilang baru, sejumlah perusahaan yang progresif memang lebih dulu terjun untuk "berinvestasi" di ranah esports. Pabrikan gaming gear dan equipment bisa jadi yang pertama-tama dan paling dekat dengan para gamer. 

Memasuki tahun 2021 kita melihat "serbuan" dari berbagai brand dan perusahaan, baik lokal hingga multinasional atau global, mulai eksis di dunia esports. Ada yang baru, ada juga yang memperpanjang kemitraan mereka dengan organisasi atau tim esports. Iklan pun dipilih sebagai media yang mendukung kampanye dan beberapa dibuat menawan, dan luar biasa. 

Dilansir dari Esports Insider, salah satu media yang mengulas berita bisnis esports,  inilah iklan-iklan terbaik esports yang ditayangkan sepanjang tahun 2021, baik melalui kampanye jangka panjang atau kolaborasi antar brand dan organisasi dalam kampanye tunggal.
Berikut ini beberapa kampanye iklan esports terbaik dan paling kreatif di tahun 2021 (bukan disusun berdasar urutan):

Erste Group x LEC: Esports Doomsday

League of Legends dikenal dengan kampanye iklannya yang lucu dan tahun ini iklan dari LEC (League of Legends Championship European) benar-benar mengguncang dengan adegan dan pesan yang berani.

Film pendek yang bekerja sama dengan penyedia layanan keuangan Eropa ERSTE Group ini menampilkan para gamer yang putus asa menghancurkan gaming gear dan equipment dan PC/ komputer mereka setelah pembawa acara TV menyatakan bahwa esports bukan olahraga! Tak perlu dikatakan bahwa cinta untuk esports menang pada akhirnya.

Di bawah tagar #Believeinyourself, kampanye ini bertujuan untuk mendorong para pemain dan penggemar esports untuk 'terus mengabaikan para pembenci' dan 'percaya pada diri sendiri seperti biasanya'.

BACA JUGA: Si Tampan RAMZES666 Perankan Anti-Mage dalam Iklan Perusahaan Telko Rusia

BMW: A year in rivalry

Pada tahun 2020, raksasa otomotif Jerman BMW mengumumkan kemitraan dengan lima organisasi esports terkemuka, yaitu Cloud9, Fnatic, FunPlus Phoenix, G2 Esports dan T1, sebagai bagian dari kampanye multi-tahun bertajuk #UnitedInRivalry. Sesuai dengan pesan kampanye, ini dianggap sebagai pendekatan global untuk esports dari BMW, karena organisasi ini berbasis di Amerika Utara, Inggris, Jerman, dan Cina.

Pada kampanye selanjutnya, BMW memperjelas tujuan sebenarnya — menciptakan 'kompetisi sengit' dengan menjalin aliansi antara beberapa organisasi esports terbaik untuk bersaing.

Produsen mobil itu menepati janjinya dan kembali beberapa bulan kemudian dengan teaser untuk seri manga Heroes of Rivalry, yang menampilkan pemain dari tim mitra yang menghadapi petualangan di lingkungan fantasi paralel. Memanfaatkan potensi pemasarannya, seri ini juga memasukkan berita tentang keterlibatan BMW di masa depan dalam esports.

Ralph Lauren x G2 Esports: SO MAJESTIC

Rumah mode kenamaan Eropa Ralph Lauren memilih bintang G2 League of Legends Martin 'Rekkles' Larsson sebagai wajah kampanyenya fashion mewah. Hasilnya  tidak dapat disangkal merupakan pilihan yang bagus bagi kedua belah pihak.

Video pengumuman tersebut mengungkapkan Ralph Lauren sebagai fashion outfitter eksklusif untuk G2 Esports, menandai kiprah perdana brand fashion tersebut ke dalam industri esports. Sebagai hasil dari kemitraan, kedua merek juga meluncurkan serangkaian aktivasi 'digital-first' pada platform seperti TikTok dan Twitch.

Selain itu, kampanye ini juga berjalan bersamaan dengan Kampanye Wimbledon Ralph Lauren, yang menampilkan Rekkles bersama atlet olahraga tradisional 'profil tinggi' lainnya, yang melambangkan posisi setara esports di antara disiplin olahraga tradisional.

BACA JUGA: Kolaborasi PUBGM x Spiderman: No Way Home, Ini Tanggalnya!

ESL dan Intel: 20 tahun kolaborasi esports

Tanpa ESL, Intel, dan kolaborasi bersejarah antara kedua entitas, esports tidak akan sama seperti yang kita kenal sekarang. Untuk merayakan kemitraan formatif selama dua dekade ini, Intel Gaming memposting video yang membuat merinding yang menampilkan replay dari beberapa momen terbesar dan paling mengharukan dalam sejarah esports. Dipenuhi dengan emosi dan sentimen, iklan ini menancap di benak penggemar esports.

Nike x T1: Just a Gamer

Bukan rahasia lagi bahwa penggemar esports kadang-kadang bisa sangat beracun, dan organisasi esports Korea T1 secara khusus memiliki pengalamannya sendiri dengan hal itu.

Dalam video yang menampilkan mantan streamer T1 JisooGirl, T1 bersama dengan raksasa pakaian olahraga Nike memutuskan untuk menunjukkan bias gender dalam game dan mempromosikan pesan sederhana namun kuat: 'Jangan membenci pemainnya, jadilah lebih baik. Kita semua hanyalah Gamer.’

Rogue x Kia: Movement that inspires

Video ini diluncurkan saat organisasi esports Amerika Utara Rogue resmi memperbarui kemitraannya dengan produsen mobil Kia Motors. Dalam video tersebut, mantan pemain Rogue League of Legends Steven 'Hans sama' Liv berbicara tentang inspirasinya untuk mengejar tujuannya, dalam menggambar dan dalam esports, dan menyoroti pentingnya ambisi, semangat, dan dorongan untuk berkembang.

Sebagai bagian dari kampanye, Rogue dan Kia membuat beberapa clip yang menampilkan pemain Rogue, yang semuanya berfokus pada inspirasi sebagai kekuatan pendorong utama.

Fnatic x Jack Link's: BEEEEFF MODE

Ada sesuatu yang sangat menarik tentang status hype bagi para gamer, karena temanya dapat ditemukan di semua jenis iklan di game dan esports. Jack Link bekerja sama dengan Fnatic, mempertaruhkan 'mode binatang', atau dalam hal ini 'BEEEEFF MODE', digambarkan sebagai katalis untuk setiap moment pencapaian dalam permainan maupun pertandingan game.  

Sebagai bagian dari kampanye, penggemar dapat membagikan momen #BeefMode terbesar mereka untuk ditampilkan di media sosial Fnatic dan memenangkan periferal game bertema Fnatic. 

Williams Racing: Drive. No Matter What

Video menawan Williams Racing, yang menampilkan filosofi organisasi — ‘Drive. No Matter What' — menunjukkan pengemudi yang bersemangat dalam perjalanannya dari bermain game balap hingga mengemudi di duna nyata.

Diiringi musik yang luar biasa dan visual yang menarik, video Williams Racing benar-benar iklan yang bagus yang menunjukkan bahwa balapan sebagai karier itu layak, dan seringkali dimulai sebagai hobi.

Ikuti terus info terbaru seputar Games dan esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

100 Thieves Kerjasama dengan Minuman Energy "RockStar

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!