10 Tim Esports Top Dunia versi Majalah Forbes.

10 Organisasi Esports Terbesar 2020

Majalah bisnis Forbes telah merilis daftar 10 organisasi Esports terbesar di dunia, berdasarkan nilai komersial. Forbes mengumpulkan info dari para stakeholder di industri esports termasuk investor dan analis.

Dari hasil data yang dikumpulkan, TSM (TeamSoloMid) menempati posisi teratas. Berikut daftar 10 organisasi esports serta estimasi nilainya:

  1.  Team SoloMid :  $410 juta   
  2. Cloud9:           $350 juta  
  3. Team Liquid : $310 juta   
  4.  FaZe Clan: $305 juta  
  5.  100 Thieves : $190 juta   
  6. Gen.G : $185 juta  
  7. Enthusiast: $180 juta   
  8. G2 Esports: $175 juta   
  9. NRG Esports: $155 juta   
  10. T1: $150 juta

BACA JUGA : Team Solo Mid Hadir Di IEM OAKLAND

esports team world a8c3e

Bagaimana cara menghitung nilai atau harga sebuah Organisasi Esports?
Awalnya cukup sulit untuk menentukan nilai atau harga dari sebuah Organisasi Esports. Valuasi harga keseluruhan bisa berasal dari banyak sektor seiring berkembangnya industri esports. Akumulasi nilai atau harga bisa berasal dari sponsor, hadiah hingga franchise serta potensi market.

esport4 e8979

Nama Immortals terlempar dari daftar setelah mengalami penurunan cukup signifikan. Padahal di tahun 2019, Immortals sempat menempati posisi 5 dengan valuasi $210 juta. Sayangnya, mereka melepas divisi Call of Duty League ke 100 Thieves, lalu brand OpTic Gaming ke pemilik Hector “H3CZ” Rodriguez, dan divisi Counter-Strike: Global Offensive yang terancam bubar.
Sementara di posisi ke-2 & 3, Cloud9 dan Team Liquid juga mengalami stagnansi. Keduanya justru menunjukkan grafik melandai setelah tahun 2018 memiliki nilai tinggi.

BACA JUGA: 10 Atlet Esports Paling Sukses Di Dunia, Dari Game Apa?

100 Thievesberhasil naik dari peringkat 10 ke peringkat 5. Forbes memperkirakan 100 Thieves membukukan kenaikan sebesar 19% dalam setahun terakhir. Nilai portfolio mereka naik setelah mengambil franchise divisi Call of Duty dari Immortals, seiring meningkatnya penjualan merchandise kepada para penggemar.
FaZe Clan yang berpartner dengan CDL menikmati hasil dari esports, tapi ut still owns a very popular brand that drives millions of dollars in merch sales.

Sementara itu, Enthusiast Gaming menjadi pendatang baru tahun ini. Enthusiast yang tahun lalu belum masuk $95 juta . Salah satu divisi esports mereka yang sukses di game Overwatch League dengan dua tim kenamaan Vancouver Titans dan CDL’s Seattle Surge. Enthusiast juga mengakusisi Omnia Media, manajemen agensi yang mewakili streamer top seperti Michael “shroud” Grzesiek dan Imane “Pokimane” Anys.

Ikuti terus info terbaru seputar game dan berita esports terlengkap di Ligagame Esports! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: David Beckham Investasi Rp 441 Miliar Untuk Esports!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!