Riot Umumkan Agenda Esports Baru Valorant di 2023, Ada Liga Internasional!

Riot Umumkan Rencana Perubahan Scene Esports Valorant di 2023

Dua tahun sejak dirilis pada Juni 2020, Valorant sukses hadir sebagai game FPS dengan basis pemain dan penggemar yang terus bertumbuh. Sirkuit VCT (Valorant Championship Tour) sebagai agenda resmi yang bergulir telah memunculkan Valorant sebagai scene esports papan atas. 

Riot Games selaku developer dan publisher mengumumkan rencana perubahan, atau juga bisa dikatakan penambahan scene kompetitif Valorant pada 2023 mendatang.  Riot Games akan memilih sejumlah tim untuk menjadi mitra jangka panjang sebagai partisipan dalam sebuah liga internasional baru. Proses pengajuan dan seleksi tim akan dilaksanakan sepanjang tahun 2022. 

valorant esports 2023 f326c

Model Liga Internasional Valorant
Model Liga Internasional akan memperkenalkan sistem tunjangan (stipend), yang secara sederhana berbeda dengan sistem pembelian slot franchise liga seperti di Overwatch League,  League Championship Series atau MPL (Mobile Legends Professional League). Jadi, bukan organisasi atau tim esports yang harus membayar (buy-in) untuk ikut liga pro internasional.

Riot akan menentukan tim-tim terpilih dan akan memberi dukungan untuk memfasilitasi kemitraan dengan perusahaan sponsor untuk hal keuangan. Tim-tim ini kemudian akan bersaing di turnamen LAN internasional masing-masing baru melawan tim dari berbagai region lain.

BACA JUGA: NXL Valorant Resmi Comeback, Songsong VCT 2022 Indonesia Stage 2

Tim akan dipilih oleh Riot melalui proses aplikasi yang akan dimulai tahun ini. Pemilihan akan didasarkan pada “rekam jejak dalam membangun pengalaman esports yang hebat, mengembangkan pemain, dan dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi pertumbuhan jangka panjang esports VALORANT,” kata Riot.
Tim terpilih yang bermitra dengan Riot untuk liga internasional juga akan dapat berkolaborasi dalam konten bermerek esports secara eksklusif di VALORANT.

gambit and x10 vct champs riot fdb3c

“Kami telah merancang model kemitraan jangka panjang kami untuk VALORANT sehingga tim dapat berkembang dan membangun bisnis mereka di samping pertumbuhan VALORANT Esports secara keseluruhan,” ujar Whalen Rozelle, Head of esports operations Riot Games, dalam siaran pers. “Tujuan kami adalah membebaskan mitra kami untuk menginvestasikan sumber daya mereka dalam mendukung pemain pro dan mengembangkan basis penggemar mereka melalui pembuatan konten yang luar biasa untuk penggemar.”

Riot akan menjadi tuan rumah tiga liga internasional di Asia, Eropa, dan Amerika di mana tim akan bersaing satu sama lain untuk tampil di turnamen global seperti Masters dan Champions. Valorant League akan diadakan secara  LAN dengan penonton langsung jika kondisi kesehatan dan keselamatan terpenuhi.

Liga pertama akan mencakup tim dari Amerika Utara, Amerika Latin, dan Brasil. Selanjutnya akan disusul regional Eropa, Rusia, Turki, dan MENA. Liga terakhir akan menyertakan tim dari Asia Tenggara, Korea, dan Oseania. Riot belum menetapkan apakah liga-liga ini akan memiliki format degradasi. Tim terbaik dari tiga liga regional akan lolos ke dua ajang Masters global dan Champions.  

valorant stage kompetitif 9bc54

“Bersama-sama, semua elemen ini akan berkontribusi pada ekosistem kompetitif yang akan memposisikan VALORANT untuk tahap pertumbuhan selanjutnya,” kata John Needham, presiden esports di Riot Games. “Kami akan menggunakan semua yang kami pelajari dari 10 tahun terakhir dengan LoL Esports untuk membangun ekosistem yang akan mendorong VALORANT menjadi esport multigenerasi hebat berikutnya.”

Liga Domestik dan Model Turnamen
Sementara tim terpilih akan bersaing di liga internasional, Riot akan terus menjadi tuan rumah kompetisi domestik, mirip dengan Liga Regional VALORANT yang diperkenalkan awal tahun ini di seluruh wilayah Eropa. Liga ini akan diintegrasikan bersama mode turnamen dalam game baru, di mana pemain dapat membentuk tim untuk lolos ke liga domestik.

valorant venue 7ad00

Setiap pemain VALORANT akan memiliki akses ke mode turnamen dari klien dan itu akan menjadi tambahan untuk papan peringkat yang ada.

BACA JUGA: Peta Kekuatan dan Peringkat Tim-Tim Valorant di MASTERS REYKJAVÍK 2022

Turnamen pihak ketiga dan Game Changer
Sirkuit utama VALORANT Champions Tour akan berlangsung dari awal tahun hingga Champions, yang kemungkinan akan berakhir sekitar akhir September, akan ada beberapa bulan bagi tim untuk membangun kembali daftar nama mereka dalam offseason khusus.

Di saat jeda ini akan terbuka untuk turnamen pihak ketiga, mirip dengan turnamen terbuka yang lebih kecil yang terlihat dominan di Amerika Utara. Demikian juga hanya dengan agenda VALORANT Game Changer yang didedikasikan untuk perempuan (ladies) yang direncakana akan menggelar Champions di tahun 2023.

Ikuti terus berita terbaru seputar Valorant dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Atau baca juga informasi informasi seputar pemain dan tournament Valorant.

Jangan lupa, saksikan bincang-bincang berita terkini Valorant NGOVI di channel youtube Ligagame.tv

mgovi valorant ligagame 104ba

Baca selanjutnya:

Bocoran Terbaru Video 9 Menit Gameplay Valorant Mobile!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!