Waduh! CEO Intel Ungkap Krisis Chip Bisa Berlangsung Hingga 2024!

CEO Intel Pat Gelsinger

CEO Intel Pat Gelsinger ungkap krisis semikonduktor global akan berlangsung lebih lama dari proyeksi awal sebagai akibat dari kegagalan rantai suplai bahan baku. Setelah dua tahun lebih dunia dilanda pandemi COVID19 dampaknya telah menerpa semua sektor, tak terkecuali industri komputer. Keterbatasan pasokan chip dari produsen seperti Intel, turut berpengaruh terhadap 169 unit usaha industri secara global. Pengaruhnya terhadap industri video game, mengakibatkan kenaikan tajam harga grapic card (kartu grafis), serta penjualan konsol generasi berikutnya, PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Di samping terus membuka jalur produksi baru demi memenuhi permintaan yang terus meningkat, perusahaan produsen juga mencari solusi jangka panjang. Krisis chip global akan terus berlangsung disebabkan faktor eksternal seperti meroketnya harga neon , gas mulia yang digunakan untuk laser dalam pembuatan chip. Harga Neon di pasaran meningkat enam kali lipat dari Desember 2021 hingga Maret 2022 sebagai akibat dari meningkatnya ketegangan politik di Ukraina.

BACA JUGA: Intel Luncurkan GPU Arc Untuk Laptop, Upgdare XeSS Menyusul

Mempertimbangkan hal ini, CEO Intel Pat Gelsinger dalam sebuah wawancara  kepada CNBC baru-baru ini mengatakan bahwa kekurangan chip global akan berlangsung selama beberapa tahun lagi, karena tekanan pada alat-alat manufaktur utama telah memperpanjang proyeksi awal Gelsinger pada tahun 2023. Pat  melanjutkan jika untuk sementara Chip Intel hampir bisa memenuhi permintaan, kekurangan semikonduktor global sekarang diperkirakan akan berlangsung setidaknya hingga tahun 2024.

New Intel CEO on company e67bb

Konflik Rusia dan Ukraina telah berpengaruh terhadap pasokan neon global, mengingat Ukraina memproduksi sekitar 50% pasokan neon dunia sebagai produk sampingan dari industri baja Rusia. Selain itu, Ukraina juga menyuplai 90% neon kelas semikonduktor yang digunakan di Amerika Serikat. Beberapa perusahaan berusaha mencari sumber neon alternatif melalui produsen gas mulia di China, namun peningkatan volume produksi neon akan memakan waktu beberapa bulan.

Di tengah sulplai Chip dan GPU yang terbatas, produsen dan konsumen menghadapi naiknya harga eceran yang disebabkan oleh calo. Sementara akibat tersendatnya pasokan semikonduktor menyebabkan perusahaan seperti Nintendo mengurangi produksi konsol seperti Switch.

BACA JUGA: Presiden Nintendo Akui Suplai Semikonduktor Pengaruhi Produksi Switch

Pat Gelsinger bukan satu-satunya yang menyoroti krisis chip global, pada Mei lalu pihak IBM pun memprediksi kekurangan semikonduktor akan berlangsung hingga 2023 atau 2024. Gelsinger menyimpulkan rantai pasokan bahan baku di Shanghai dan perang di Ukraina menjadi faktor utama. Sementara mungkin sudah saatnya dunia membutuhkan manufaktur semikonduktor yang lebih tangguh dan lebih seimbang secara geografis.

Well, tampaknya cuaca kelabu masih akan menaungi industri komputer dan juga video game di tahun ini karena kendala yang dihadapi perusahaan produsen chip. Alhasil, saat ini harga komponen GPU terbaru di pasaran masih membuat sebagian gamer atau yang ingin merakit PC berpikir dan menimbang-nimbang sebelum merogoh kocek lebih dalam. 

 pc gpu shortage pre built gaming laptops 56554

Ikuti terus berita terbaru seputar TEKNO dan GAMES di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Instagram 2022 Mengalami Perubahan Algoritma, Batasi Konten Berbentuk Reupload

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!