Presiden Nintendo Akui Suplai Semikonduktor Pengaruhi Produksi Switch

NIntendo Switch

Setahun sejak dunia menghadapi pandemi COVID19, industri video game mengalami lonjakan pesat. Di tengah pembatasan mobilitas, seperti gerakan #dirumahaja, orang-orang mulai mencari alternatif hiburan bermain game, baik di PC maupun konsol.

Perusahaan video game asal Jepang, Nintendo, juga mencatatkan peningkatan grafik penjualan, terutama untuk konsol Switch generasi terbaru yang hampir mencapai 85 juta unit di seluruh dunia. Selain game-game legendaris seperti Mario Kart, game Animal Crossing: New Leaf juga booming dan turut mendongkrak popularitas Switch.

Nintendo Switch Console Bare FL B 04cb9

Angka itu jelas menggembirakan, namun Presiden Nintendo Shuntaro Furukawa menyatakan kekurangan semikonduktor akan mempengaruhi produksi Switch maupun alat elektronik berbasis komputasi lainnya.

Suplai semikonduktor sebagai komponen piranti chip akan mempengaruhi industri gaming dan hardware pada umumnya. Buat yang belum tahu, semikonduktor merupakan komponen integral dalam pembuatan produk teknologi. Terbuat dari silikon, mereka menghantarkan listrik dan digunakan dalam pembuatan sirkuit elektronik untuk berbagai industri.

BACA JUGA: Apex Legends Rilis di Nintendo Switch, Ada Mode Crossplay

Dalam wawancara baru-baru ini, Shuntaro Furukawa mengonfirmasi bahwa kekurangan semikonduktor global mulai menghambat produksi Switch. Dengan resesi yang semakin parah, dia mengakui Nintendo mungkin tidak dapat memproduksi konsol sebanyak biasanya. Dia menambahkan bahwa sekarang muncul "ketidakpastian" dalam hal volume pembuatan dan pengiriman konsol Switch.

nintendo shuntaro furukawa 2 7a16e

Berita ini seakan mengindikasikan pasokan Switch akan menurun. Meski demikian, Furukawa mengatakan bahwa perseroan memiliki cukup suku cadang untuk melanjutkan produksi dalam waktu dekat. Nintendo menghadapi masalah yang sama dengan Microsoft dan Sony yang juga tengah menyiapkan produksi konsol generasi terbaru.

Berdasarkan laporan dana analisis, pasokan semikonduktor mungkin akan semakin terbatas hingga tahun 2023. Furukawa meyakinkan para penggemar bahwa Nintendo akan melakukan segenap upaya penyesuaian, mengkonversi hasil penjualan untuk mendapatkan stock chip semikondutor demi memastikan produksi Switch terus berlanjut.

Ikuti terus berita esports dan game terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: 

NVidia Patenkan Haptic dengan Teknologi AI Untuk Gaming Experience Lebih!

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!