Valve Tambahkan Update UI Portal 2 Untuk Steam Deck

Valve Tambahkan Update UI Portal 2 Untuk Steam Deck

Konsol gaming muktahir besutan Valve, Steam Deck, dijadwalkan mulai dijual di pasaran pada Februari 2022. Jelang peluncuran, Valve menambahkan beberapa game dan update, salah satunya UI (user interface). 

Jujurly, Steam Deck telah banyak menggoda perhatian para gamers sejak diumumkan tahun lalu. Handheld gaming ini digadang-gadang membawa spec setara PC sehingga bisa menjalankan game-game "berat" bahkan hingga Dota2! Memainkan Dota2 di perangkat selain PC tentu menjadi impian terliar para pecinta MOBA dan gamer pada umumnya. Bagaimana kualitas tampilan, gameplay hingga penyesuaian UI (user interface) Dota2 di Steam Deck nanti? Well, selain Dota 2, Valve juga melakukan upaya untuk game-game lainnya. Contohnya, Valve baru-baru ini memperbarui UI untuk Half-Life 2, mungkin untuk membuatnya lebih kompatibel dengan PC genggam layar sentuh, dan sepertinya hal serupa telah terjadi untuk Portal 2.

valve steam deck 1 b4d0c

Steam Deck awalnya dijadwalkan rilis Natal 2021, namun diundur terkait katalog game dan penyesuaian yang harus dilakukan. Valve berupaya menggunakan waktu untuk memastikan bahwa sebanyak mungkin game kompatibel saat Steam Deck dirilis pada 25 Februari mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut keterangan di situs Valve, Steam Deck tersedia mulai Desember 2021 di regional tertentu, yakni: Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan sejumlah wilayah Eropa lainnya dengan banderol termurah 400 dolar AS (sekitar Rp 5,8 juta). 

BACA JUGA: Katalog Game PC Yang Akan Rilis DESEMBER 2021- Januari 2022

Dalam tweak update terbaru, Valve telah memperbarui UI Portal 2, mengikuti atau mirip dengan Half-Life 2. Meskipun tidak memberikan detail, masuk akal jika menu dan HUD telah ditingkatkan ukurannya untuk mengakomodasi penggunaan layar sentuh. Meskipun sudah berusia lebih dari 10 tahun, Portal 2 menjadi salah satu game fiksi ilmiah paling berpengaruh di industri game.

portal2 valve d34b9

Selain tweak game umum dan perbaikan bug untuk Portal 2, ada beberapa driver Linux baru yang dapat memperpanjang masa pakai baterai Steam Deck. Awalnya diiklankan sebagai mampu menjalankan permainan puzzle tersebut hingga enam jam saat berjalan pada 30 FPS. Driver terbaru ini diharapkan dapat memperluasnya dengan menyesuaikan VRS, atau Variable Rate Shading, tergantung pada apakah Deck bekerja dengan AC atau baterai.

Saat ini, Steam Deck memiliki lebih dari 100 game yang diverifikasi, menurut database pihak ketiga. Masih ada cara untuk pergi sampai semua 50.000 game Steam akan sepenuhnya dimainkan, tapi masih ada waktu, dan tidak diragukan lagi yang tidak kompatibel pada hari peluncuran akan memiliki beberapa pembaruan dan penyesuaian.

Baca selanjutnya:

Ubisoft Akan Hadir di Steam Deck Valve dengan Satu Syarat

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!