Moonton dan Mobile Legends Diakusisi Bytedance Pengembang TikTok

Tencent sempat ikutan bidding!
Moonton dan Mobile Legends Diakusisi Bytedance

Perusahaan teknologi China dan pemilik TikTok, ByteDance, dilaporkan telah mengakuisisi Shanghai Moonton Technology, developer sekaligus publisher Mobile Legends Bang Bang. Akuisisi yang diyakini bernilai sekitar $ 4 miliar, dilakukan oleh Nuverse, divisi video game ByteDance. Well, Bytedance telah menjadi perusahaan teknologi yang sukses dengan aplikasi Tik-Tok. 

Menurut sumber Reuters, CEO Moonton Yuan Jing telah memberikan memo internal bahwa perusahaan akan beroperasi sebagai entitas independen dari ByteDance jika akuisisi ini mencapai final.

Jing Yuan, salah satu pendiri dan CEO publisher Moonton mengumumkan pada hari Senin bahwa perusahaan tersebut telah diakuisisi oleh NUVERSE, divisi bisnis game dari TikTok teknologi China dan Douyin ByteDance. Yuan menyatakan Moonton akan bekerja sama dengan ByteDance dalam memperluas pasar game di luar negeri, tetapi tetap menjadi developer independen. Yuan juga akan tetap di posisinya sebagai CEO perusahaan.

Menyambut proses akuisisi ini pihak ByteDance menyampaikan pernyataan: "Melalui kolaborasi lintas tim dan memanfaatkan pengalaman serta wawasan dari pertumbuhannya yang pesat, Moonton memberikan dukungan strategis yang diperlukan untuk mempercepat penawaran game secara global kepada Nuverse."
Nuverse merupakan perusahaan bagian dari Bytedance yang didirikan pada tahun 2019 telah menerbitkan judul-judul seperti Strike Royale, Eden no Tobira, dan Arena of Evolution: Red Tides.

BACA JUGA: Cara Jaga Akun Mobile Legends: Bang Bang! dari Ancaman Peretas!

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa raksasa teknologi Tiongkok lainnya yakni Tencent juga mengajukan tawaran untuk mengakuisisi Moonton, namun tawaran itu ditandingi oleh ByteDance minggu lalu.

Moonton semakin dikenal luas di seluruh dunia sebagai publisher franchise Mobile Legends: Bang Bang. Game MOBA mobile ini telah mengalami lonjakan popularitas yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. MLBB menjadi scene esports kompetitif paling ramai khususnya di kawasan Asia Tenggara dan mencapai puncaknya pada gelaran M2 pada Januari awal tahun ini. Kejuaraan dunia Mobile Legends itu disaksikan lebih dari 600.000 secara live.

Esports Charts mencatat babak Grand Final Kejuaraan Dunia M2 2020 antara Burmese Ghouls vs Bren Esports disaksikan lebih dari 3 juta kali. Event akbar ini juga didukung sederet brand sponsor mendunia seperti Samsung, Razer, Secretlab, dan Singtel telah bermitra dengan kompetisi esports Mobile Legends. 

Tentu banyak yang menanti perkembangan berita seputar proses akuisisi Moonton oleh Bytedance dan mulai menerka bagaimana pengaruhnya kepada gam Mobile Legends: Bang Bang. Dengan kesuksesan Bytedance membesarkan TikTok hingga menjadi aplikasi sejagad, tampaknya MLBB bakal terus mendapat inovasi untuk menjadi titel esports bergengsi dan melebarkan jangkauannya yang telah kokoh di kawasan Asia Tenggara mungkin ke Asia Tengah, Eropa, Amerika dan lainnya.

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya: 

Phoveus, Hero ke 106 yang Akan Hadir di Land of Dawn!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!