10 Cara Atasi Lag Saat Main Mobile Legends, Ampuh & Mudah!

| Ligagame

Share This

Kalah terus saat main mobile legends gara-gara lag? Pastikan ikuti tips berikut untuk atasi ping merah agar lancar saat in game!


Bagi yang sering main mobile legends, mungkin sering mengalami lag dengan ping merah saat bermain. Dalam game apapun itu, masalah ini sangat mengesalkan dan tidak jarang bikin kalah. 

Paling menyebalkan lagi, kalau koneksi 4G+ tapi mobile legends masih saja lag. Ini memang sering terjadi, dan banyak gamers tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Nah, agar bisa main game mobile legends dengan lancar, LigaGame bakal kasih tips mudah dan ampuh.

Perbaiki PING dan tingkatkan FPS dengan ikuti langkah berikut agar game MLBB kamu tidak lag lagi!

BACA JUGA: HERO TERKUAT DI MOBILE LEGENDS: KELEBIHAN & KELEMAHAN

 Tips Mudah Atasi Mobile Legends Lag saat Bermain

1. Download Aplikasi Game Booster

game-booster
Sumber Gambar: XiaoMi

Aplikasi game booster merupakan aplikasi Android untuk memperbaiki ping yang sering digunakan oleh gamers pro. Contoh yang bisa kamu gunakan adalah UU Game Booster dan PING GAMER.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan menutup seluruh program di background. 

Game booster tidak akan meningkatkan FPS, namun bisa mengatasi lag dalam game dengan mengambil data temperatur dan memori, lalu digunakan untuk mempercepat performa game dalam segi grafik, baterai, dan lainnya.

2. Ubah Settings Dalam Aplikasi Mobile Legends

mobile-legends-settings
Settings Mobile Legends 2020

Beberapa settings dalam mobile legends diatur untuk pengalaman gaming yang maksimal. Namun, beberapa opsi ini tidak wajib dan malahan membuat game lag dalam tipe spesifikasi mobile tertentu. Untuk kamu yang mengalami lemot, boleh coba ikuti steps ini.

Dalam Settings, ubah aturan sesuai berikut ini:

  • Basics > Outlines > OFF
  • Basics > Skin Vibration > OFF
  • Basics > HD Mode > OFF
  • Basics > HFR Mode > ON
  • Basics > Shadow > OFF
  • Basics > Damage Text > OFF (kalau memang lag parah).
  • Basics> Colourblind filter > OFF
  • Basics > Optimize FPS > ON (paling penting!)

3. Bersihkan RAM Mobile

ram-mobile
Bersihkan RAM Mobile

Jika RAM mobile penuh, maka gaming kamu bisa lemot juga. Dengan membersihkan, aplikasi yang tidak terpakai akan berhenti berjalan. Hasilnya, RAM dan network akan fokus ke aplikasi mobile legends saja. 

  1. Untuk iphone 7 dan model iphone lama: tekan tombol Home dan power selama 10 detik. 
  2. Untuk iphone model 8 ke atas: Nyalakan assistive touch dengan Settings > Accessibility > Touch > Assistive touch > ON. Lalu, ke Settings > General > Shut Down. Saat slide power off muncul, klik tombol ‘assistive touch.’ Tahan tombol ‘Home’ hingga iphone berkedip dan kembali ke Home Screen. 
  3. Untuk Android: Settings > Maintenance > RAM > Clean Now.

Jangan lupa untuk quit seluruh aplikasi yang tidak digunakan secara manual juga. 

4. Bersihkan Cache MLBB

cache

File cache yang menumpuk, atau rusak, dapat memperlambat sistem dan menyebabkan lag dalam game. Untuk menghapus cache mobile legends, klik settings > storage > Mobile Legends App > Clear Cache. Dengan demikian, game kamu akan lebih cepat secara keseluruhan.

5. Update Game MLBB

Mobile Legends tiba-tiba lag? Salah satu kesalahan banyak orang adalah malas update aplikasi game. Walau beberapa update bisa dilakukan saat pertama kali membuka aplikasi game, ada baiknya langsung di update lewat Google Play atau App Store juga. Dengan ini, data pada mobile kamu akan sinkron dengan patch data pada server. 

6. Pastikan Wifi Stabil atau Gunakan Koneksi 4G

wifi-mobile-data

Pasti semua tahu ya, koneksi internet yang tidak stabil bisa jadi alasan utama lag dalam game mobile legends kamu. Atau mungkin juga kamu sharing wifi dengan orang lain yang lagi streaming atau download file besar.

Salah satu caranya adalah upgrade atau ganti wifi (pilih koneksi fiber optik untuk hasil terbaik) atau gunakan data mobile. Pastikan sinyal kuat dan koneksi 4G agar tidak lemot. 

7. Tingkatkan Performance Mode pada Mobile 

performance-mode-android

Dalam beberapa android, kamu bisa atur performance mode atau mode performa. Biasanya secara default, mode akan diatur normal agar baterai tidak cepat habis. Namun, untuk gaming, sebaiknya naikkan ke performance mode. 

8. Matikan Fitur Battery Saving

battery-saving
Sumber Gambar: Apple

Mirip dengan step ke 8, beberapa hape seperti iPhone memiliki opsi battery saving untuk menghemat baterai. Setting ini biasanya otomatis nyala saat mobile dalam kondisi low battery. Setting ini dapat mengakibatkan in game lag. Karena itu pastikan untuk ubah aturan ke OFF saat lagi main mobile legends ya. 

Namun, beberapa mobile juga jadi lebih lemot saat ada dalam low battery. Jadi, sebaiknya jangan main saat lowbat yah. Di cas dulu baru main lagi!

9. Jangan Main Sambil Cas

Saat kamu menggunakan mobile selagi di cas, temperatur mobile akan naik. Jika hal ini terjadi, prosesor hp akan diperlambat secara otomatis dan menyebabkan lag. 

Terkadang, smartphone juga bisa panas secara tiba-tiba saat digunakan terlalu lama atau menjalankan aplikasi berat. Salah satu solusinya adalah matikan mobile untuk sementara hingga temperatur kembali ke normal. Atau gunakan Aplikasi Phone Cooler yang dapat mengoptimasi mobile saat suhu mulai naik. 

10. Uninstall Aplikasi Mobile

unisntall-aplikasi

Banyak smartphone menjadi lebih lemot saat memori internal atau internal storage (ROM) mereka penuh, atau melebih sekitar 80%. Memori ini digunakan untuk menyimpan file berupa sistem aplikasi, data seperti foto, video, dan semua aplikasi yang diunduh. 

Cek memori internal smartphone kamu. Kalau kapasitas hampir penuh, pastikan hapus data atau file yang tidak terpakai. Hapus juga folder trash file ya! Kamu juga bisa pindahkan data ke komputer atau SD Card kalau merasa sayang untuk dihapus. 


BACA JUGA: DAFTAR & JADWAL RILIS GAME JUNI 2020: PC, SWITCH, XBOX ONE, PS 4

Game Mobile Legends Masih Lemot Juga?

Kalau kamu sudah mengikuti cara di atas dan tetap mengalami masalah lag, ini bisa dikarenakan masalah dari server langsung. Problem ini juga terkadang mengakibatkan aplikasi crash atau tutup secara tiba-tiba. 

Sayangnya, ini tidak bisa diperbaiki dari gamers, namun harus dari developer game sendiri. Kabar baiknya, Moonton selalu berusaha meminimalisir masalah tersebut untuk memberikan pengalaman gaming terbaik. 

Ingin lebih jago main Mobile Legends: Bang Bang? Belajar dari pro gamers saja! Tonton live streaming MLBB setiap minggu di Youtube LigaGame Esports! Di sana kamu bisa dapetin tips dan cara bermain MLBB agar bisa naik rank lebih cepat. Yuk, subscribe, like, dan comment untuk join komunitas eSports terbesar di Indonesia. 

 

Follow Us