META Pause Itu Ga Ada! Coach James Jelaskan Regulasi Pause SEA Games 2021

by Felixerra
Coach James Jelaskan Regulasi Pause SEA Games 2021

META Pause, ucapan bernada sarkas yang kerapkali dilontarkan penggemar Indonesia terhadap Filipina, menjadi salah satu topik yang paling trending di jagat esports MLBB pasca-SEA Games 2021. Bagi penggemar Indonesia, Filipina bermain secara tidak fair dengan berkali-kali melakukan pause untuk mengacaukan psikologi dari tim nasional Indonesia.

Selain itu, dengan pause, Filipina diduga dapat merencanakan set-up yang lebih matang untuk mengincar objektif dari tim Indonesia. Maka dari itu, penggemar Indonesia pasca-SEA Games 2021 sontak terus membanjiri akun media sosial dari komunitas MLBB dengan ucapan "META Pause".

Serangan "META Pause" oleh penggemar Indonesia membuat gerah komunitas esports secara luas. Bahkan, lebih barbarnya lagi, penggemar Indonesia pun sampai membuat akun Instagram MPL Filipina dinonaktifkan untuk sementara waktu, karena kondisi ini dinilai tak kondusif. Banyak sekali penggemar Indonesia yang melakukan report massal terhadap akun MLBB Filipina karena META Pause ini.

BACA JUGA: Ibnu Riza Protes Panitia MLBB SEA Games 2022, Rematch dengan Filipina?

Hal ini juga ditanggapi MobaZane, pro player Amerika Serikat yang membawa tim BTK mentas di M3. Menurut Mobazane  META Pause tersebut dianggap hanyalah sebagai gurauan semata. MobaZane pro player internasional serta pengamat scene esports MLBB, justru sangat heran, bila ada orang yang seolah membenarkan faktor utama kekalahan Indonesia disebabkan oleh "META Pause".

Selain dianggap sebagai bentuk tidak respect terhadap Filipina,  META Pause dianggap sebagai hal konyol untuk dijadikan "kambing hitam" atas kekalahan Indonesia di SEA Games 2021.

BACA JUGA: OhMyV33nus Berikan Alasan Kenapa Filipina Pause di Final MLBB SEA Games 2021

Menyadari kekisruhan berkepanjangan ini disebabkan oleh publik yang belum paham betul terkait teknis dari pause di turnamen, Coach James pun akhirnya angkat bicara untuk menjelaskan regulasi pause di turnamen MLBB SEA Games 2021.

Dilansir dari catatan yang diunggah di YouTube, James mengungkap bahwa sebenarnya memang benar kalau pause di SEA Games itu dibatasi hanya sebanyak 5 kali. Namun, untuk jeda masalah teknis, itu dapat dilakukan selama berkali-kali.

pause_76124.jpg

"Setiap tim diperbolehkan untuk melakukan (self pause) sebanyak 5 kali untuk pertandingan BO5 (final) dan ada lagi pause yang dikarenakan oleh masalah teknikal dan itu adalah dua hal yang berbeda. Semoga kalian semua dapat lebih mengerti mengenai pause-pause yang terjadi," tulis James.

Jadi perlu diketahui bahwa ada dua pause yang berbeda di dalam pertandingan SEA Games 2021, di mana ada technical pause yang disebabkan oleh permasalahan teknis (seperti permasalahan jaringan, device, dan lain-lain), itu bebas dilakukan kapan pun dan tidak ada batasan, selama isu itu betul terbukti terjadi di lapangan.

Dalam tulisan yang sama, James memohon kepada para penggemar untuk tidak menyerang siapa pun yang terlibat dalam insiden SEA Games 2021 ini.

"Mohon untuk tidak menyerang siapa pun, terkhusus pada tim Filipina yang terlibat dalam insiden pause. [...] Mohon diingat, kita merepresentasikan bangsa kita. Hormat itu penting," tutur James.

Jadi seperti itu ya, guys terkait regulasi pause di SEA Games 2021. Mohon respect siapa pun yang ada di skena SEA Games 2021, siapa pun itu! Baik timnas kita yang sudah berjuang mati-matian, maupun tim Filipina yang telah menampilkan penampilan hebatnya. Indonesia masih punya kesempatan untuk berjaya atas Filipina, di MSC 2022 nanti.

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Hari Ini, RRQ Hoshi dan ONIC Esports Berangkat ke MSC 2022!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!