Filipina Menang Telak di SEA Games MLBB 2021, MobaZane: Sangat Memalukan!

by Felixerra

Tensi di jagat esports MLBB masih cukup hangat, bahkan usai seminggu pasca-SEA Games 2021 berlalu. Sejumlah figur  di scene esports MLBB masih menyoroti pertandingan kontroversial yang terjadi antara Indonesia dengan Filipina di SEA Games 2021 lalu.

Grand Final MLBB SEA Games 2021 antara Filipina dengan Indonesia menjadi polemik besar karena Filipina secara berkali-kali meminta pause kepada panitia. Diduga, hal tersebut sengaja dilakukan demi mencurangi pertandingan dan dapat menang.

Perihal Grand Final tersebut, masihlah menjadi polemik di kalangan pemerhati skena esports. Meskipun, baik dari pemain Indonesia maupun Filipina sudah memberikan klarifikasi berdasarkan sudut pandangnya masing-masing untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di Grand Final.

Salah satu orang yang mengomentari terkait kasus Grand Final SEA Games 2021 adalah MobaZane, pemain yang langsung mencolok saat debut perdananya di kompetisi internasional M-3 World Championship Mobile Legends Bang Bang.

Meski sebelumnya MobaZane terlihat berada di sisi Indonesia saat ia mengkritisi pernyataan Z4pnu (pemain Omega Esport dari Filipina yang secara terang-terangan merendahkan tim profesional Indonesia), tampaknya dalam menanggapi pertandingan Grand Final SEA Games 2021, MobaZane punya pandangan yang cukup kritis terhadap Indonesia.

"PH (Filipina) menang 2 rookie? Ah, itu sangat memalukan," kata MobaZane dalam live streaming-nya di akun YouTube pribadinya.

"Maksudku, aku tahu Chicken membahas draft dan 1 hal yang paling menonjol adalah Pandai (Akai). Mereka pick Wanwan, Akai, atau pick yang aneh. Kayak, mereka menggunakan itu karena Wise berkali-kali menggunakan Panda (Akai), tapi Alberttt tidak melakukan yang terbaik di META ini."

MobaZane menganggap bahwa formasi yang digunakan Indonesia dalam pertandingan Grand Final tersebut cukup aneh. Di lain sisi, Albert yang menjadi jungler pun menurut MobaZane tampaknya tidak melakukan yang terbaik dengan menggunakan hero-hero jungler tank.

BACA JUGA: Tsunami Komentar "Meta Pause" Terjang Instagram Blacklist International

"Aku pikir, ini bukan META untuk Alberttt. Ini bukan META yang berpihak pada Indo sekarang. Hal ini membuat game pasif dan objektif itu selalu menjadi kekuatan dari Filipina. Indonesia itu sangat agresif, mereka biasanya sangat baik dalam team fight dan mekanik. Dan hal tersebut bukanlah META sekarang, Ditambah, Alberttt yang biasanya menggunakan role assasin, harus berganti role ke tank. Aku pikir, Alberttt tidak dapat melakukan banyak hal dengan itu, jawabnya ringkas.

Pendapat MobaZane merujuk pada META di MLBB sekarang yang memungkinkan untuk memaksimalkan penggunakan tank sebagai jungler. Menurut MobaZane, META tersebut tidaklah cocok dengan Alberttt dan Indonesia.

"Padahal aku mengira mereka (Indonesia) akan menang," tutup penjelasan MobaZane.

Selain daripada penjelasan singkat terkait alasan mengapa Indonesia gagal, MobaZane pun menganggap bahwa insiden pause Filipina yang disindir penggemar sebagai "META Pause" itu sama sekali bukan alasan mengapa Indonesia kalah.

"META Pause? Aku kira itu hanya candaan. Kamu pikir itu alasannya? Serius?"

Keras! MobaZane sudah memberikan sabdanya. Apakah kamu setuju dengan pendapatnya?

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Group Draw MSC 2022 Diumumkan, Indonesia Ketemu Filipina Lagi!

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!