Bolehkah Caster MPL Jadi Coach Tim MPL? Ini Tanggapan Moonton

by Rio Ginanjar
Bolehkah Caster MPL Jadi Coach Tim MPL? Ini Tanggapan Moonton

Dalam gelaran MPL tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah caster. KB, Kornet, Ranger Emas, Pak Pulung, Clara Mongstar hingga Moo Chan adalah sederet nama yang menemani para viewers menikmati pertandingan.

Adalah wajar, seain skill public speaking, para caster juga harus melengkapi dirinya dengan pengetahuan memadai scene esports yang dibawakannya. Jadi, tak heran kalau secara tak langsung, para caster juga telah menjalankan peran analis. Game knowledge pun semakin mendalam seiring jam siaran dan interaksi, baik dengan sesama caster maupun melongok komentar di kolom chat. Dengan status dan profesi sebagai caster MPL, apakah diperbolehkan untuk menjadi Coach di tim MPL? 

Bolehkah Caster MPL Jadi Coach Tim MPL? Ini respon pihak Moonton 

“Caster dan analis MLBB MPL tidak bisa menjadi pelatih atau analis tim MPL/MDL, karena mereka harus berada di posisi yang netral,” tukas Azwin Nugraha selaku PR Manager Moonton Indonesia

“Tugas mereka itu menerjemahkan apa yang terjadi di Land of Dawn dengan tidak menunjukkan dukungan ke tim tertentu. Jadi harus fairplay. Bisa jadi jika mereka jadi pelatih di tim A, kemudian tim tersebut misalnya main di MPL, bisa jadi mereka mendukung tim tersebut.”

Azwin Moonton 780 4269a

“Caster dan analis adalah penyambung lidah penonton yang memang hanya bisa menonton dari layar kaca saat ini. Yang nonton pertandingan juga tak hanya dari Indonesia saja, tapi negara luar juga,” ujarnya.

Dari apa yang disebutkan di atas tentunya pihak Moonton secara ekslisit tidak mengizinkan seorang caster memiliki profesi tambahan sebagai coach di tim MPL.

BACA JUGA: Dirumorkan Akan Gabung ke EVOS Legends, Ini Kata KB

Beberapa caster yang pernah memiliki dua profesi

Bahkan beberapa nama seperti Ryan KB juga pernah menjadi coach di Victim Esports dan berhasil membawa timnya mendapatkan gelar di ajang MDL.

Nama lainnya adalah Lius Andre, eks orang penting di Moonton ini bahkan punya profesi ganda sebagai coach dan juga caster di platform Nimo. Seperti diketahui saat ini Lius Andre adalah pelatih Dewa United Esports.

Sebenarnya sah-sah saja apabila memang diharuskan hanya memilih satu profesi asalkan tujuan dan fokusnya juga jelas. Namun hal yang harus dikorbankan tentunya yang pertama adalah energi dan pikiran yang harus fokus. Selain itu manajemen waktu yang baik juga sangat diperlukan.

Selain itu memang tidak banyak orang yang bisa membagi waktu mereka dengan bobot lebih dari satu pekerjaan. Jika dipaksa pun maka akan berimbas dengan kesehatan ybs. Itu adalah salah satu alasan mengapa suatu instansi tidak memperbolehkan untuk double job.

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Mau Gabung EVOS Legends? Ini Syaratnya

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!