NFT Bored Ape Yacht Club Diretas, Hacker Bobol Lewat Instagram!

NFT Bored Ape Yacht Club Kena Hack

Nama Bored Ape Yacht Club tentu tak asingbagi mereka yang bergelutmupun mulai berkenalan dengan NFT dan crypto currency.  Bored Ape adalah koleksi non-fungible token (NFT) paling populer di seluruh dunia dengan penjualan tertinggi dengan nilai US$2,6 miliar atau setara dengan Rp 37,1 triliun  berdasarkan pantauan NonFungible.com. Sementara situs Decrypt melaporkan volume perdagangan NFT ini menduduki urutan kedua setelah CryptoPunks proyek NFT pertama di blockchain Ethereum yang diluncurkan pada 2017.

Nah, apa jadinya jika NFT itu diretas? Kekahwatiran pun melanda para pemilik kumpulan token non-fungible yang populer ini. Terbayang, berapa banyak investasi yang bisa lenyap.

NFT memang telah mulai menimbulkan kontroversi di dunia digital, termasuk video game Beberapa orang melihat teknologi sebagai peluang menghasilkan uang sementara yang lain menganggapnya sebagai bentuk lain dari monetisasi yang hanya akan merugikan industri dan saku gamer. Bahkan sejumlah perusahaan game kenamaan terbagi, ada yang mulai mengikuti sebagaimana Konami menjual NFT untuk merayakan ulang tahun Castlevania, sementara developer Yooka-Laylee Playtonic menentang. Valve dan Blizzarjuga melakukan riset dan memilih bersikap hati-hati terkait perkembangan teknologi tersebut.

Bored Ape Yacht Club, atau hanya Bored Ape diluncurkan pada April 2021, koleksinya terdiri dari 10.000 avatar digital unik yang dibangun di atas blockchain Ethereum. Setahun sejak diperkenalkan, banyak selebriti seperti Stephen Curry, Jimmy Fallon, Gwyneth Paltrow, dan Eminem telah membeli beberapa avatar kera dan membagikan akuisisi mereka di Instagram. Bored Ape juga telah meluncurkan dua koleksi lainnya, Bored Ape Kennel Club dan Mutant Ape, yang nilainya jauh lebih rendah.

bored ape yacht club curry 0b10e

bored ape yacht club delist your ape screengrab billboard ab0e8

BACA JUGA: EIZPER CHAIN Game Berbasis Blockhain Pertama di Indonesia Mulai Fase ALPHA

Ironisnya, Instagram ternyata menjadi salah satu celah "kelemahan" dari Bored Ape dan teknologi non-fungible pada umumnya. Pada tanggal 25 April, seorang hacker atau peretas berhasil mendapatkan akses ke akun Instagram Bored Ape dan memposting tautan yang menjanjikan penjatahan tanah gratis di metaverse MMORPG Bored Ape yang akan datang yang disebut "Otherside".

Tindakan ini tidak terdeteksi sebagai perilaku yang mencurigakan karena Bored Ape memberikan NFT Mutant Ape gratis ketika koleksi itu diluncurkan pada Agustus 2021. Sayangnya, tautan Instagram hanyalah penipuan modus phishing, dan orang-orang tanpa sadar mengkliknya dan menghubungkan dompet crypto mereka mendapati NFT Bored Ape mereka hilang. 

Bored Ape segera menghapus semua tautan ke Instagram dari platformnya; OpenSea, pasar NFT terbesar, memberi label “aktivitas mencurigakan” pada sejumlah image yang dicuri. Namun, itu tak cukup menghentikan aksi para hacker, yang lantas pergi ke market NFT lain dan menjual hasil curiannya.

bored ape yacht club nft sold termahal 5c8c4

Menurut Bored Ape, peretas Instagram berhasil menjebol total 13 NFT. Yang lain memperkirakan jumlahnya mendekati 50 atau bahkan 100, yang terdiri dari Bored Ape, Bored Ape Kennel Club, dan Mutan Ape NFT. Karena ketidakpastian tentang angka-angkanya, diperkirakan para hacker berhasil menggondol sekitar $2,57 dan $13,7 juta dollar, atau lebih.

NFT Sebagai bentuk kepemilika dan investasi yang terkurung hanya dalam ruang digital membuatnya rentan terhadap peretas. Bulan lalu, sebuah game NFT bernama Axie Infinity menjadi korban ketika sekelompok peretas mencuri $625 juta dari Ronin Network, platform blockchain yang terhubung dengan Ethereum tempat game tersebut berjalan. Kerentanan NFT secara umum bahkan membuat pendukung teknologi merasa tidak pasti. Dengan perusahaan seperti Ubisoft menjanjikan lebih banyak game NFT di masa depan, para gamers sepertinya wajib mengamati potensi kekuatan dan kelemahan NFT yang ada sebelum menginvestasikan uang dalam jumlah besar ke teknologi ini.

Mungkin lebih mengasyikkan pilihan menjadi kreator NFT, misal seperti Ghozali Everyday, ketimbang mencari properti NFT mana yang bisa menguntungkan. Untuk membuat karya NFT yang laris tentu tidak mudah. Hal ini juga sudah sedikit diulas di atas, bagaimana developer game yang memiliki judul atau franchise game populer belum tentu serta-merta sukses menerapkan NFT. Nah, sebelum membeli dan memiliki, selain soal selera, tentu perlu melakukan riset, observasi menimbang prospek NFT tersebut. Apalagi kalau memang meniatkannya sebagai investasi. 

Ikuti terus berita terbaru GAMES, TECH dan Esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Breaking News! Ghozali Ghozalu Resmi Ke BOOM Esports, NFT Ready!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!