SONY Menghentikan Semua Penjualan di Rusia, Termasuk PS5 dan Game PlayStation

by Jessica Elaine
SONY Menghentikan Semua Penjualan di Rusia

Sony perusahaan pembuat PlayStation akhirnya telah bergabung dengan Microsoft dan Activision-Blizzard, untuk menarik diri dari Rusia di tengah konflik yang terjadi dengan Ukraina. 

“Sony Interactive Entertainment bergabung dengan komunitas global dalam menyerukan perdamaian di Ukraina,” ungkap Stephen Totilo dari Axios, dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh perusahaan. 

“Kami telah menghentikan semua pengiriman perangkat lunak dan keras, peluncuran Gran Turismo 7, dan pengoperasian PlayStation Store di Rusia,” ujar Stephen menambahkan. 

Menjelang State of Play yang terjadi pada 9 Maret, Sony mengungkapkan bahwa mereka tidak akan memfasilitasi lagi produk PlayStation terbaru ke Negara Rusia, baik secara digital maupun fisik. Selain itu, perusahaan juga akan berkontribusi untuk memberikan dana kemanusiaan, guna membantu para korban yang terdampak oleh konflik tersebut. 

“Untuk mendukung bantuan kemanusiaan, Sony Group Corporation mengumumkan akan menyumbangkan 2$ juta (USD) kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi dan LSM internasional, Save the Children, untuk mendukung para korban atas tragedi ini,” ungkap Sony. 

Hal ini terjadi seminggu setelah Sony meluncurkan franchise staple dari PlayStation, yaitu Gran Turismo 7. Bertepatan juga dengan sesaat sebelum perilisan pembaruan untuk generasi selanjutnya dari Grand Theft Auto 5 (GTA 5) dan perangkat lunak eksklusif seperti Ghostwire: Tokyo. 

Tepat 2 Maret 2022, Mykhailo Fedorov selaku Wakil Perdana Menteri Ukraina, juga sempat mengeluarkan pernyataan yang mendesak Xbox dan PlayStation untuk meninggalkan pasar Rusia. Desakan tersebut akhirnya telah dikabulkan oleh pihak Sony. 

Industri game raksasa lainnya juga telah mengambil tindakan serupa untuk Negara Rusia. EA sebelumnya telah menghapus Klub Rusia dan Tim Nasional Rusia dari FIFA 22 dan NHL 22. 

Sementara itu penjualan untuk judul-judul utama seperti Overwatch, Call of Duty, World of Warcraft, dan lainnya, baru-baru ini juga ditarik dari wilayah tersebut. Hal ini merupakan bentuk dukungan kemanusiaan yang dilakukan oleh Activision atas konflik yang terjadi di Ukraina.

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!