Bingung Kembali ke Setelan Awal PS4? Ini Cara Factory Reset PS4

by Agustinus Dapot
Ini Cara Factory Reset PS4

Setelah sekian banyak update yang mungkin telah membuat perubahan setting hingga beberapa masalah yang bisa merepotkan, para pemilik PS4 ingin menyelesaikan masalah dengan cepat dan mesin konsol kesayangannya dapat berjalan normal dan lancar kembali. Salah satu cara dan juga disarankan adalah dengan mengembalikan semua setelan atau settingan ke awal. Nah, berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk menyetel ulang PS4 ke setelan awal atau "factory reset".

Perlu diingat, menyetel ulang perangkat seperti PlayStation 4 ke setelan pabrik bisa menjadi langkah drastis. Seperti disebutkan sebelumnya, ini bisa menjadi pemecahan masalah dan penyelesaian masalah. Selain untuk memulai awal yang baru, factory reset biasanya dilakukan jika seseorang berencana untuk menjual PlayStation 4 atau memberikannya kepada teman atau anggota keluarga. Mengetahui cara melakukan reset pabrik pada PS4 bisa menjadi proposisi yang rumit, tapi tenang, ligagamers bisa mengikuti panduannya berikut ini. 

Ada dua komponen utama untuk melakukan reset pabrik. Yang pertama adalah melepaskan akun PSN dari PlayStation 4. Yang kedua adalah reset pabrik yang sebenarnya. Melakukan reset pabrik disarankan jika pengguna berencana untuk menyimpan konsol. Melakukan keduanya disarankan jika berencana menjual atau melepaskan konsol kepada orang lain.

Disassociate the PSN Account

Navigate to and open "Settings"
Navigate to and select "Account Management"
Select "Activate as Your Primary PS4"
Select "Deactivate"
Select "Yes" to confirm
Select "OK" once complete

sony playstation 4 factory reset 1 d1e49

Menonaktifkan akun PSN di PS4 artinya menonaktifkan fitur "temukan perangkat saya" di ponsel dan keluar dari akun apa pun yang terkait dengannya. Ini juga perlu dilakukan jika membeli PlayStation 4 bekas karena mungkin belum dilakukan oleh pemilik atau toko.

BACA JUGA: Langganan PlayStation Plus? Ada 3 Game Baru Gratis di Januari 2022

Performing Factory Reset 

  sony playstation 4 factory reset 2 f5ff0

Navigate to and open "Settings"
Open "Initialization"
Select "Initialize PS4"

Dengan memilih "Quick" akan dengan cepat menghapus semua data dari drive tetapi tidak sepenuhnya aman karena data dapat dipulihkan menggunakan perangkat lunak khusus.  Opsi "Full" akan menghapus drive dengan aman dan mencegah upaya memulihkan data. Memilih "Full" akan memakan waktu beberapa jam untuk diselesaikan, tetapi merupakan pilihan terbaik dari sudut pandang keamanan.
Setelah "Quick" atau "Full" telah dipilih, pilih "Inisialisasi"
Pilih "Ya" untuk mengonfirmasi

PlayStation 4 akan reboot dan proses Factory Reset akan dimulai. Setelah selesai, PlayStation 4 akan boot dan berada di layar startup. Dari sini, tekan dan tahan tombol daya akan mematikan konsol dengan aman.

Well, itulah panduang langkah-langkah untuk mengatur ulang pabrik PlayStation 4 dan/atau menyiapkannya untuk dijual kembali. Perlu diingat bahwa proses dapat memakan waktu beberapa jam untuk diselesaikan. Selanjutnya, PS4 kembali "segar" dan siap dimuat dengan game dan aplikasi. Selamat mencoba!

Ikuti terus berita terbaru Games, turnamen dan esports di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Among Us Siapkan Versi VR Untuk PS, Steam dan Meta Quest

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!