RRQ AP Respon Celoteh Z4pnu Soal Tim MLBB Indonesia, Thank You!

by Visahat
RRQ AP Respon Celoteh Z4pnu Soal Tim MLBB Indonesia

Nama Z4pnu mendadak muncul sebagai headline di banyak media online dalam beberapa hari terakhir. Sebagai veteran pro player, Billy “Z4pnu” Jazha Alfonso masih menjadi salah satu KOL (key opinion leader) Mobile Legends di Filipina.

Saat hadir sebagai bintang tamu pada semifinal MPL PH, eks pemain Omega ini sempat berceloteh soal kekuatan tim MLBB Indonesia. Z4pnu bahkan menyebut tim  Indonesia bisa dikalahkan tim amatir Filipina. Tak pelak hal ini memantik beragam reaksi oleh netizen Indonesia.  

z4pnu mlbb remehkan tim indonesia 44 16635

Apa yang disampaikan Z4pnu juga sampai ke Andrian Pauline atau akrab disapa Pak AP.  Setelah menerima berbagai masukan dan voting, CEO RRQ (Rex Regum Qeon) pun memutuskan untuk menanggapi pernyataan soal tim MLBB Indonesia. Menurut AP, apa yang disampaikan Z4pnu adalah psywar semata.

Meski psywar itu ada banyak macamnya, namun Pak AP menilai apa yang disampaikan pemain veteran bersama para caster MPL PH (Filipina) sudah tidak elok dan menghina.  

BACA JUGA: RRQ AP Tanggapi Gaduh Tulisan EVOS Zeys Soal Caster MPL ID

Lewat video yang diunggah di Instagram, Sabtu (7/5), Pak AP menjabarkan beberapa aspirasi yang masuk. Menurutnya ada tiga jenis atau golongan terhadap psywar dari kubu Filipina.

Golongan pertama lebih menyarankan untuk tidak merespon. "Golongan ini tidak kepingin sata speak up. Golongan ini takut kalau nanti saya malah dihujat...Pokoknya mau ngapa-ngapain dihujat. Mau ngerespon dihujat, mau ngebelain ini dihujat. Pokoknya salah. Mereka minta lebih baik saya tidak usah respon lebih baik dengan prestasi. Ini termasuk golongan yang baiklah menurut saya," tutur AP.

"Golongan kedua, golongan yang pro, merasa Indonesia dihina karena disamakan dengan tim amatir. Jadi kalau sudah masuk ke ranah "Merah Putih" sebagian netizen kita ngga bisa dibecandain karena sakral. Golongan ini pro aktif untuk nyuruh saya gas Pak AP, jangan takut. Jangan dipikir mereka juara boleh hina-hina.
Golongan loe jual gua beli . Maksudnya pun baik, nasionalismenya tinggi. rasa kebanggaan, kebangsaan dan harga diri. Intinya tidak boleh ngehina dan netizen pasti akan bereaksi."

Golongan ketiga , suruh pak AP untuk sepak up , gas, tapi tujuannya untuk menjatuhkan, bahan hate, caci-maki, ada tempat untuk flaming - ngata-ngatain. Padahal yang saya lihat, ini adalah sekedar psywar, supaya kita ngga fokus mengganggu konsentrasi. Ini biasa. 

Psywar ada banyak macam. Tapi saya melihat mereka sombong dengan mengatakan tim amatir mereka bisa mengalahkan tim kita (Indonesia) dengan gampang dan di scrim mereka ngebantai-bantai kita. Dan itu saya mau mengkonfirm itu bohong.  

RRQ AP tanggapi celoteh C4pnu Filipina 4f70e

Pak AP lantas memilih respon terbaik untuk psywar ini adalah dengan mengucapkan Thank You, terima kasih. Ya, karena celotehan mereka berdua (Z4pnu dan Santie) justru telah menyatukan dan semakin menguatkan komunitas MLBB Indonesia.

BACA JUGA: MPL ID Rilis Rating Pemain Timnas MLBB Indonesia, Ada yang...

"Komunitas MLBB kita doanya jadi lebih banyak buat hasil terbaik timnas MLBB kita dan juga tim esports kita, RRQ Hoshi dan Onic di MSC. Kenapa? Karena nasionalisme mereka kesenggol," tutur AP. 

fun match kol mlbb indonesia vs filipina youtube 3dbde

Indonesia dan Filipina selalu bersaing sengit di berbagai ajang kompetitif. Bukan hanya di ajang olah raga konvensional dan olah raga elektronik atau esports, rivalitas kedua negara juga sudah kental tercipta di antara para gamers.

BACA JUGA: Ini Rencana MobaZane Sepulang Menimba Ilmu MLBB di Filipina

Yup, bukan rahasia jika guild atau kelompok dalam sebuah game bisa menjadi identitas "pemersatu bangsa".  Entah bagaimana awalnya, yang jelas gamers Indonesia dan Filipina selalu bersaing menjadi yang terkuat di kawasan Asia Tenggara.     

Dua ajang kompetitif MLBB sudah di depan mata yakni SEA Games 31 Vietnam dan MSC 2022 Kuala Lumpur. Berkaca dari respon yang disampaikan Pak AP, kita tentu berharap para pemain termasuk pelatih dan staf sudah matang menghadapi berbagai psywar yang dilancarkan.

Para punggawa timnas maupun tim esports yang akan berlaga bisa terus fokus menyempurnakan persiapan dan mewujudkan hasil terbaik. Semoga doa dari netizen menjadi ekstra spell tak kasat mata namun terasa.

pelatnas Esports SEA Games 2022 f1834

Kerja keras para pemain dengan dukungan penuh Indopride akan menjadi combo, baik di dalam maupun di luar pertandingan, demi mengibarkan Merah Putih di panggung dunia. Untuk esports Indonesia.... Jaya... Jaya... Jaya! 

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Coach Jamess Kecewa dan Marah Scrim Timnas MLBB Indonesia Bocor

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!