RRQ AP Tanggapi Gaduh Tulisan EVOS Zeys Soal Caster MPL ID

Caster juga manusia ...
RRQ AP Tanggapi Gaduh Tulisan EVOS Zeys Soal Caster

Perhelatan MPL ID (Mobile Legends Professional League Indonesia) Season 9 telah berakhir sepekan lalu dengan menobatkan RRQ Hoshi sebagai Raja Galaksi  musim ini. Terlepas dari hasil musim ini, Bjorn Zeys, pelatih EVOS Legends menyampaikan pandangannya tentang beberapa segi, diantaranya peran caster yang membawakan pertandingan.  

EVOS Zeys pun memberikan beberapa pointer soal kinerja caster dan juga analyst yang bertugas di MPL ID lewat Insta-story. Pelatih berkebangsaan Singapura itu menilai terkadang caster over focus saat mengomentari tim, baik saat draft pick hingga game plan dan game play.   

Menurut Zeys, beberapa kali aksi atau komentar para caster bisa jadi turut menggiring opini publik terhadap tim atau sosok pemain tertentu. Hal ini menurutnya memang bisa turut mempengaruhi scene kompetitif profesional, meskipun baik caster maupun penonton tidak tahu persis apa yang atau terjadi dalam sebuah tim.

BACA JUGA: Coach Jamess Kecewa dan Marah Scrim Timnas MLBB Indonesia Bocor

Gaduh Tulisan EVOS Zeys Soal Caster MPL ID, Begini Tanggapan Pak AP

Statement Zeys lantas menjadi topik perbincangan hangat mulai dari para caster, analyst, fans MLBB bahkan publik esports pada umumnya. Reaksi pro-kontra pun muncul dan meimbulkan kegaduhan. Sejumlah caster menyuarakan keberatan atas poin-poin yang disampaikan.

Topik soal kinerja caster MPL ID juga sampai ke telinga Andrian Pauline atau Pak AP selaku CEO RRQ. Bukan bermaksud membela, Pak AP dengan tagra #SpeakAP memberi apresiasi terhadap kinerja caster yaang bertugas di MPL. Melalui unggahan pada akun instagramnya, Pak AP menanggapi tulisan yang diunggah oleh EVOS Zeys.

“Buat saya peranan caster itu sangat penting. Menanggapi konten yang over-focus sehingga bisa menggiring opini, jujur enggak ada yang berlebihan. Saya sudah melihat 99% apa yang dibicarakan caster khususnya yang Bahasa Indonesia, masih dalam tahap normal. Kalau ada yang berlebihan juga harusnya ada teguran dari EO mereka,” ujar Andrian Pauline.

 Pak AP juga menepis pandangan (Zeys) terhadap para caster yang diduga menggiring opini buruk publik terhadap timnya atau sosok pemain tertentu, Pak AP tetap mengapresiasi kinerja mereka. 

“Mungkin caster-caster yang restream, soalnya mereka kan ada nge-pro ke satu tim. Bisa aja itu kan buat hiburan, jadi enggak bisa disalahin. Kalau main jelek, caster kan juga enggak perlu ngomong dia main jelek pun satu Indonesia juga tahu.” ujarnya.

Bagi Pak AP para caster tidak pernah bermaksud menggiring opini publik dan hanya menjalankan fungsi dan peran membawakan pertandingan. Lebih lanjut, Pak AP menghimbau semua komunitas dan ekosistem esports Indonesia untuk selalu menjaga dan memberi kontribusi positif dan semoga hal seperti ini tidak menjadi permasalahan dan kegaduhan berlarut-larut.

BACA JUGA: RRQ GALLERY di Bali, Destinasi Wajib RRQ Kingdom dan Esports Enthusiast

Peran para caster di sebuah turnamen kadang bisa menuai pro dan kontra, suka tidak suka bagi para pemirsa. Ini semua wajar, namun tentu tetap ada satu kata sakti yang harus dipegang oleh para caster yaitu "obyektif". Apalagi, kata itu juga sering meluncur di saat mereka membawakan pertandingan. "Objective gaming".

Soal diksi dan gaya semestiny tak perlu menjadi soal. Bahkan, aksen dan langgam khas seorang caster bisa menjadi nilai lebih yang boleh jadi menarik lebih banyak viewers atau penonton. Orisinilatas atau talent natural akan lebih dekat dengan penonton, termasuk menanggapi semua pesan-pesan yang bersliweran di kolom komentar sepanjang pertandingan. 

Harus diakui, menjadi caster memang tidak mudah. Butuh pengetahuan in depth tentang game/scene yang dibawakan, bukan saja pengetahuan dan mengikuti perkembangan update game, tapi juga tim, pemain dan komunitas. Terkait kasus kai ini, mungkin juga perlu bersilaturahmi dengan jajaran coach/pelatih tim? Apakah perlu ada workshop tertentu untuk para caster?     

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

RRQ Fiel Ungkap Alasan Lemon Tidak Main di Playoff MPL ID S9

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!