Pro Player Dota 2 Highlights: JacCky si Pemuda dari Laos Tapi Indopride!

by Zili
Pro Player Dota 2 Highlights: JacCky

Siapa sih yang gak kenal sama Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong? Carry dari BOOM Esports ini sudah malang melintang di percakapan hampir seluruh orang di dunia Dota 2 terutama Indonesia. Bagaimana tidak, dia bersama BOOM Esports dinilai sebagai top 3 tim terbaik di dunia menurut GosuGamers. Permainan yang dimainkan Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong sangat unik dan efisien. Sebagai seorang carry, dia bisa dengan sangat cepat melakukan farming walapun lane-nya kurang berpihak. Farming pattern yang dimiliki Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong sangat unik dan sulit ditebak.

Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong lahir pada tanggal 6 November 1999 (Umur 23) dan dibesarkan di Laos. Ia memulai karir Dota 2 profesional nya pada tahun 2019 bersama tim Alpha Red bersama dengan superstar asal Thailand  Poomipat “Fearless” Trisiripanit. Di masa itu, Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong masih berumur 19 tahun. Umur yang cukup belia untuk seorang profesional Dota 2. Dia dan tim Alpha Red hanya dapat mendapatkan 1 piala yaitu ESL Thailand Championship 2019 Season 1.

BACA JUGA: inYourdreaM Daftar DPC 2021 Bersama Dreamocel Dan Chyuan

Perjalanan Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong  pun berlanjut bersama tim Question Mark dan selanjutnya tim 2Be Continued Esports. Seolah ingin keluar dari zona nyaman, Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong hengkang dari tim yang sudah bersama selama bertahun tahun  untuk bergabung bersama tim Resurgence. Tim Esports yang berbasis di Singapura ini memiliki nama yang tidak kalah beken, yaitu Yang “Deth” Wu Heng dan lain lain.

Hanya bertahan satu  tahun,  Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong memutuskan untuk kembali ke zona nyamannya bersama Poomipat “Fearless” Trisiripanit di Motivate Trust Gaming. Di tim ini dia sangat mendominasi scene Dota 2 terutama SEA. Tim Motivate Trust Gaming di gadang gadang sempat menjadi tim top 1 Asia Tenggara pada saat itu. Hingga akhirnya ia lagi lagi mencoba keluar dari zona nyamannya dan bergabung dengan tim multi-negara yaitu T1 bersama dua indo-pride yaitu Kenny Xepher Deo dan juga Matthew “Whitemon” Filemon.

Belum genap satu tahun bersama T1, manajemen tim memutuskan untuk mengeluarkan Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong dan menggantinya dengan Nuengnara “23Savage” Teeramahanon. Akhirnya Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong “pulang kampung” lagi bersama Motivate Trust Gaming. Perjalanan tim Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong berakhir bersama BOOM Esports pada awal tahun 2022 menggantikan carry nya terdahulu yaitu Justine Ryan “Tino” Evangelista.

Jccky-2_85115.jpg

Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong mulai mencuri perhatian pencinta Dota 2 di dunia ketika ia menjadi 5 orang pertama di server SEA yang dapat tembus ke 10.000 MMR di bulan May 2020, disusul dengan 11.000 MMR di bulan Desember dan yang terakhir 12.000 MMR di bulan Maret 2021. Dengan waktu sesingkat itu,  Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong membuktikan ke semua orang bahwa ia adalah sebuah ancaman dalam skena kompetitif Dota 2 maupun public ranked match.

Nama Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong pun kian harum di kalangan pencinta Dota 2 Indonesia ketika ia dikenal sangat ramah kepada semua player di ranked match apalagi player asal Indonesia. Hal yang pertama kali menarik perhatian netizen Indonesia adalah ketika Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong bertemu dengan streamer esentrik dari Indonesia, Ibot13. Berawal dari Ibot13 yang membercandakan Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong pada saat ranked match bersama, akhirnya mereka berdua jadi kenal dan lebih dekat sampai akhirnya bertemu dengan streamer Indonesia lainnya seperti  Rusman “Rusman” Hadi dan juga Ramzi “Ramz” Bayhaki. Ia juga tak jarang sekadar mampir ke stream player Indonesia yang sedang live antara lain Muhammad "inYourdreaM" Rizky, Adit "Aville" Rosenda dan masih banyak lagi.

Jaccky-1_60c60.jpg

Karir nya di BOOM Esports dikatakan sebagai peak-career karena performa yang mereka torehkan 1 tahun kebelakang ini sangatlah improve ketimbang tim-tim terdahulu yang pernah Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong bela.

Menurut LigaGamers apakah Souliya "JaCkky" Khoomphetsavong masih bisa berkembang? Dan seberapa besar chance nya untuk menjuarai gelaran terbesar Dota 2 yaitu The International tahun ini?

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

 Baca selanjutnya:

Menang Atas Neon, Nigma Galaxy SEA Bertahan di Divisi 1 DPC SEA

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!