Laman DPC Western Europe di Liquipedia Hilang! Apa Sebabnya?

by Zili
Laman DPC Western Europe di Liquipedia Hilang!

Salah satu laman DPC telah dihapus oleh pihak Liquipedia. Liqupedia sendiri adalah sebuah website open-source yang menampilkan seluruh informasi yang ada di skena kompetitif Dota 2 di dunia. Mulai dari profil tim, profil player, informasi jadwal pertandingan, sampai dengan roster tim terdahulu.

Penghapusan laman DPC dari Liqupedia ini disebabkan oleh tindakan tidak profesional dari dua penyelenggara turnamen DPC yaitu ESL dan DreamHack. Mereka dengan sepihak mengganti peraturan tentang tie-break di tengah berlangsungnya DPC. Karena ketidakprofesionalan tersebut, pihak Liquipedia terpaksa menghapus laman DPC Western Europe Division 1.

Menurut Ben “Noxville” Steenhuisen selaku pengamat dan aktivis Esports terutama Dota 2, alasan kenapa laman DPC Western Europe Division 1 itu dihapus dikarenakan ketidakprofesionalan penyelenggara itu sendiri.

image_2022-04-23_131510590_0093a.png

Kecaman pun datang dari berbagai pihak terutama pemain yang bermain pada DPC Western Europe tersebut. Mereka menilai penyelenggara semena-mena dalam membuat peraturan tie-breaker yang menyebabkan para pemain bingung. Dalam hal ini, Valve mengubah aturan terkait tiebreak tanpa merilis pemberitahuan resmi pada bulan Februari.

BACA JUGA: SumaiL Sentil Valve Terkait Batalnya Major Pertama DPC 2021-22

Menurut Liquipedia, semua peraturan tiebreak DPC  yang diterbitkan hingga saat ini  adalah tiebreak Divisi 1 hanya dapat dimainkan untuk tim yang memiliki jumlah  skor pertandingan yang sama dan juga  terdapat dalam zona degradasi, penyisihan grup, dan wildcard untuk Stockholm Major. Namun, semua itu bertolak belakang dengan Dreamleague dan ESL yang tiba tiba mengumumkan tiebreak untuk dua pertandingan (Team Liquid vs. Tundra Esports dan OG vs. Gaimin Gladiators). Menurut aturan awal, skor pertandinganlah yang seharusnya menentukan hasil apakah tie-break harus dilakukan atau tidak, bukan jumlah menang atau kalah.

Setelah 2 hari laman tersebut akhirnya kembali lagi dan rules tie-breaker pun kembali seperti semula. Hal seperti ini tidak terjadi hanya cuman sekali, pada saat perhelatan Gamers Galaxy di Dubai pun kejadian serupa hampir terjadi. Tetapi kedua pihak sepakat untuk mengambil jalan tengah dan laman turnamen Gamers Galaxy akhirnya tetap ada di Liquipedia.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Tanggapan MATUMBAMAN Soal Perubahan Format Major Stockholm 2022

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!