Inilah Pro Player Dota 2 yang Paling Bersinar di Tahun 2021

Abed, NothingToSay, Yatoro - Siapa pemain Dota 2 terbaik di tahun 2021?
Inilah 5 Pemain Dota 2 Paling Bersinar di tahun 2021

Dua tahun melewati masa pandemi COVID-19 jelas bukan masa-masa yang mudah bagi bagi para pro player Dota 2. Pembatasan mobilitas dan kerumunan telah mempengaruhi jumlah turnamen. Sejumlah organisasi pun harus beradaptasi dengan roster dan perubahan jadwal turnamen jelang akhir tahun 2020 menyusul ditundanya The International. 

Namun semuanya berubah di tahun 2021 dengan seri kompetisi Dota Pro Circuit yang kembali bergulir di enam region menuju puncak Final The International 10 (TI10) di Rumania.

Beberapa pro player menampilkan permainan gemilang, sebagian lagi berhasi mempertahankan performa dan kontribusi dalam tim di sepanjang musim hingga terutama tentu saja di panggung The International. Berikut ini Pemain Dota 2 Paling Bersinar di tahun 2021. 

Banyak turnamen online berlangsung selama pandemi, tetapi mari kita sorot penampilan para pro player pada event-event utama DPC: ONE Esports Singapore Major, WePlay AniMajor dan The International 2021.

Abed
Tim yang menjalani musim fenomenal di DPC 2021 adalah Evil Geniuses. Meskipun finis di posisi 9-12 di TI, EG mengambil bagian dalam dua Grand Final Major. Meski kehilangan keduanya, EG membuktikan bahwa NA masih menjadi ancaman serius bagi region lain di kancah global.

Artour 'Arteezy' Babaev menjalani musim yang hebat dan jelas menunjukkan gaya dan bakatnya dari tahun-tahun sebelumnya, tetapi Abed 'Abed' Yusop telah membuat pencapaian besar di Amerika Utara.

abed dota 2 ae5b9

Mid laner asal Filipina itu membawa timnya meraih kemenangan demi kemenangan. Jika dia terus seperti ini, EG akan selalu memiliki peluang melawan tim terbaik di dunia - dan siapa tahu, mungkin kesempatan bertarung memperebutkan Aegis di final TI berikutnya.

BACA JUGA: Team Liquid Jadi Yang Pertama Lolos ke Major DPC 2021-22

NothingToSay

PSG.LGD menjadi tim yang melesat di tahun 2021. Mereka meraih posisi ke-3 di Major pertama, menjadi juara di Major kedua  dan masuk ke Grand Final TI. Yup, meski harus puas menjadi runer-up, tapi itu semua merupakan pencapaian luar biasa bagi skuad DPC China. 

nothingtosay chengjinxiang dota2 b5ed7

Sebenarnya tidak mudah memilih siapa diantara punggawa PSG.LGD yang paling bersinar karena semua telah tampil mengesankan secara tim. Namun, Cheng 'NothingToSay' Jin Xiang mungkin bisa mendapat credit. Pemain midlaner asal Malaysia datang dengan status pinjaman pada tahun 2020 telah menunjukkan perkembangan yang luar biasa: dia mungkin adalah mid laner terbaik di dunia saat ini (dan mencapai MMR 12k tahun ini).

Punggawa PSG.LGD Wang Chun 'Ame' Yu juga layak masuk dalam jajaran terhormat. Ame untuk kedua kalinya harus menelan pahitnya kegagalan di babak puncak  Grand Final TI. Performa apik yang dtunjukkan Ame bahkan membuat Sumail 'SumaiL' Syed Hassan menyebutnya sebagai pro player Dota 2  terbaik di dunia.

BACA JUGA: Daftar 33 Pemain Debutan The International di T110 Rumania

Yatoro

Jika kita menutup mata dan melupakan Oktober 2021, semua orang akan terkejut melihat roster Team Spirit - tetapi skuad CIS telah mewujudkan impian bak keajaiban kisah dongeng. Hingga fase group TI10 dimulai, bisa dibilang tak ada satu pun yang memperhitungkan kekuatan Team Spirit di TI10. Tapi, Team Spirit teah membuktikan tekad mereka dengan mengalahkan hampir setiap tim top di dunia, mula idari OG, Team Secret hingga PSG. LGD untuk mengangkat trofi Aegis.

yatoro team spirit dota 2 4edf5

Kelima pemain menunjukkan penampilan yang luar biasa, sementara komunitas Dota 2 menganggap Ilya 'Yatoro' Mulyarchu telah bermain dengan hasrat dan perhitungan.  Apa yang membuat anak berusia 18 tahun bahkan lebih mengesankan adalah style atau gaya permainan yang agresif dan tidak ortodoks bukanlah sesuatu yang bisa di lihat setiap hari. Mengejutkan sekaligus menunjukkan keceptan membaca situasi dan mengambil keputusan. 

FlyFly

Jin 'flyfly' Zhiyi tampil bagus di awal tahun. Sebagai pemain posisi 1 Invictus Gaming, dia tidak hanya menjadi yang teratas di wilayah Cina, dia juga melaju di Major pertama musim ini.

Di Singapura iG mengalahkan semua tim top di dunia untuk memenangkan turnamen. Secara khusus, pertempuran Grand Final melawan Evil Geniuses lebih dari sekadar kenangan. Skuad NA memiliki awal yang lebih baik dan memimpin 2-0 di awal - mereka hanya membutuhkan satu pertandingan lagi untuk menutup seri, tetapi iG membalikkan mereka.

flyfly invictus gaming 4e740

Flyfly lebih dari sekadar bagian darinya: Di sisa game yang membawa kemenangan iG, carry hanya mati tiga kali - digabungkan! Namun, bukan hanya turnamen itu yang membawanya ke daftar ini. Tak lupa, iG juga berhasil masuk empat besar TI10. Mereka adalah penantang yang serius, tetapi mereka gagal dalam menghadapi keajaiban Team Spirit.

BACA JUGA: PSG.LGD Skors xiao8 Terkait Dugaan Kasus Match Fixing!

Nightfall

Pemain CIS lain yang layak disebut adalah Egor 'Nightfall' Grigorenko. Virtus.pro dianggap sebagai tim CIS terbaik tahun 2021 - belum ada tim yang dapat menghentikan mereka di region timur Eropa . Dari semua tim yang tersingkir di TI, ternyata Spirit, skuad CIS lainnya. Tapi ini tidak membuat pencapaian VP terlihat buruk: mereka adalah tim dengan peringkat tertinggi ketiga tahun ini.

nightfall dota 2 Vp 894d1

Nightfall dan Danil 'gpk' Skutin menjadi pahlawan dari tim di turnamen yang mereka ikuti. Keduanya masuk daftar teratas untuk jumlah kill, KDA atau last hit  - sebagai duet  carry utama.

Nisha
Last but not least, kita tidak bisa melupakan Team Secret dengan line-up bertabur bintang. Betapa tidak, dipimpin Puppey bersama Ludwig 'zai' Wåhlberg, Lasse 'Matumbaman' Urpalainen, Michał 'Nisha' Jankowski, Yazied 'YapzOr' Jaradat, Team Secret menjadi kandidat dan favorit untuk memenangkan TI.  

nisha team secret dota 2 e2672

Tentu saja daftar di atas bersifat opini dan terbuka untuk ditambahkan. Ligagamers bisa memberi tahu pro player Dota 2 yang bersinar di tahun 2021 pada kolom komentar di bawah! 

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Hentikan Rentetan Kemenangan Team Spirit, Tundra Esports Juara OGA Dota PIT Season 5

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!