Hero Guide: Support 4 Doom, Support Baru di Stockholm Major

by Zili
Hero Guide: Support 4 Doom,

Gelaran Stockholm Major 2022 memang baru saja berakhir, tetapi banyak sekali hero hero baru yang bermunculan. Salah satu hero yang naik kepermukaan yaitu Pos 4/Soft Support Doom. Doom sendiri memang awalnya adalah salah satu hero dengan posisi 3/offlane, ataupun 2/midlane. Tetapi di patch kali ini, Doom kembali naik kepermukaan karena kefesienannya untuk farming tanpa harus menggangu farm milik offlane ataupun safelaner di timnya sendiri. Di Guide Hero kali ini, kita akan mengangkat tentang meta Doom support yang sempat menjadi pilihan tim tim besar pada saat kompetisi Stockholm Major.

Cara bermain Doom di posisi empat memang agak berbeda dengan Doom posisi dua maupun tiga. Kemampuan Doom mengambil range creep dengan instan adalah salah satu alasan kenapa Doom terus dipilih di dalam pertandingan kompetitif. Bayangkan jika support 4 mu bisa mengambil range creep dan jungle creep dengan aman tanpa harus mengorbankan banyak resource healing salve ataupun clarity. Hal tersebut dianggap ”shortcut” untuk dapat memompa net worth dari tim.

Doom sendiri adalah sebuah hero yang memiliki main attribute yaitu strength. Dengan demikian, ia akan memiliki total HP yang cukup besar di mid game sampai dengan late game. Hal tersebut akan membuat Doom menjadi salah satu support 4 paling tanky yang pernah ada.

Berikut adalah skill set dari hero Doom :

Doom-1_abd8c.png

Untuk gameplay pada patch ini, cara bermaind Doom memang hampir masih sama dengan patch-patch yang lalu. Tapi dengan pergantian posisi dari 3 ke 4 ini, kamu harus sadar betul tugas utama kamu dalam lane. Kamu adalah posisi 4 dan tugas mu adalah mensecure range creep serta jungle creep yang dimiliki oleh lawan.

Dengan demikian, safelane lawan akan merasa kesulitan dan ketinggalan level karena kita selalu mendapatkan range creep dan memakan side jungle creep. Jika jungle creep diambil, otomatis musuh tidak akan bisa melakukan pulling creep. Dengan demikian, creep equalibirum akan hancur dan hal tersebut amat menyusahkan carry musuh.

Berikut adalah kekurangan yang dimiliki oleh hero Doom sebagai support 4 :

1. Memilki jumlah armor yang sangat minim, sangat mudah di poke/cicil oleh hero range lainnya.

2. Memilki attack speed yang sangat rendah.

3. Items dependant.

Doom-2_cf603.png

Di awal game, tugas kamu di lane adalah mengambil range creep musuh dengan skill Devour. Dengan men-secure range creep, level dari offlaner mu akan lebih cepat naik daripada carry maupun hard support musuh. Selanjutnya hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan harrasing menggunakan skill 2 mu atau Scorched Earth. Skill ini sendiri hampir mirip dengan Radiance, oleh karena itu skill tersebut dapat dengan mudah mengharras safelaner musuh.

BACA JUGA: 3 Hero dengan Winrate Terbaik di Stockholm Major 2022, Cekidot!

Perhatikan timing pull creep lawan. Kamu akan mudah sekali menghancurkan equilibrium milik musuh jika kamu paham betul timing kapan musuh akan melakukan pull creep. Jika kamu berhasil mengharras musuhmu keluar lane, pastikan kamu menempatkan ward di jungle milik musuh. Dengan demikian kamu akan mendapatkan informasi yang menguntungkan bagi tim mu seperti item apa saja yang sudah dibeli musuh dan berapa jumlah HP musuh.

Doom-3_15418.png

Setelah menguasai menit 1-10, tugas kamu sekarang adalah farming secepat mungkin untuk mendapatkan item core selanjutnya yaitu Blink Dagger dan Black King Bar. Dua item tersebut adalah item yang wajib kamu beli jika kamu menggunakan hero Doom apapun posisinya. Di stage ini kamu harus melakukan rotasi dan pastikan kamu selalu membawa Teleport Scroll. Hal tersebut sangat berguna jika sewaktu waktu midlaner atau safelaner mu di gank oleh musuh.

Kamu dapat mempercepat farming mu dengan cara menggunakan Scorched Earth di jungle creep. Pastikan skill 1 atau Devour kamu pakai dan selalu dalam cooldown, dengan demikian efesiensi farming kamu akan lebih baik dan kamu akan mendapatkan 2 item core tersebut dengan waktu lebih singkat.

Doom-4_dafb1.png

Di stage ini heromu sudah online. Kamu harus terus melakukan stick kepada tim mu yang lain dan siap untuk melakukan perang jika dibutuhkan. Kamu harus paham betul ke hero musuh mana ultimate/Doom mu harus di letakkan. Kamu harus melakukan Doom ke carry atau midlaner musuh, dengan demikian mereka tidak akan bisa melakukan apapun.

Walaupun demikian, kamu harus paham betul positioning tim-tim mu. Jangan sampai kamu menggunakan ultimate/Doom mu dengan sembrono yang mengakibatkan penggunaanya tidak terlalu efisien. Hal tersebut justru akan membuat tim mu kewalahan dan mungkin akan membuat kamu sendiri kalah di game tersebut.

Doom-5png_476d5.png

Selanjutnya hal yang kamu harus lakukan adalah memaksimalkan timing Doom mu. Di stage ini, kamu WAJIB stick bersama teman teman mu. Jangan pernah meninggalkan mereka karena ultimate dari Doom ini adalah salah satu game-winning-skills yang dapat mengacaukan strategi musuh dengan mudah.

Jangan lupa gunakan Wraith Pact pada saat kamu melakukan war 5-5. Damage reducer yang dimiliki oleh Wrait Pact sangat berpengaruh pada suatu fight.

Bagaimana? Apakah Hero Doom di posisi Support 4 ini akan terus dipakai di kompetisi besar selanjutnya? Apakah ada chance Doom akan meredup seperti beberapa nama hero lainnya? Kita tunggu saja ya teman teman LigaGamers. Stay grind, stay green!

Ikuti terus berita game dan esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Dota 2 Player Highlights: Matthew “Whitemon” Filemon

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!