Guide Valorant: Cara Perbaiki Kode Error VAL 51

by Jessica Elaine
Guide Valorant: Cara Perbaiki Kode Error VAL 51

Ligagamer tentu merasa kesal ketika ingin bermain Valorant, tiba-tiba muncul sebuah error code. Semangat dan mood pun bisa goyah sebelum menikmati gameplay di Valorant. Meskipun Riot Games telah menghabiskan banyak waktu hingga berjam-jam untuk menyempurnakan setiap update dan patch yang ada, kesalahan yang tidak terduga tetap dapat terjadi. Terutama, saat pemain secara masal mulai melakukan login ke dalam game di waktu yang bersamaan.

Salah satu error code yang mungkin seringkali muncul di Valorant adalah VAL 51. Kode seperti ini biasanya muncul saat Riot mulai memperkenalkan seasonal patch baru, yang mengakibatkan terjadinya perubahan besar dan signifikan terhadap game tersebut.

Sebagian besar eror yang terjadi, umumnya bisa teratasi dengan sendirinya. Dikarenakan Riot akan segera melakukan hot fix sesuai dengan komplain yang diterima dari para pemain. Biasanya kegiatan tersebut akan memakan waktu sekitar beberapa jam.

Sambil menunggu, terdapat beberapa hal yang juga bisa dilakukan oleh Ligagamer secara mandiri, untuk mengatasi kode eror VAL 51. Penasaran? Simak artikel berikut ya!

Arti dari Kode Error VAL 51 di Valorant

Error 3af02

Ketika kode eror VAL 51 muncul, itu berarti sistem party dalam game mungkin sedang tidak berfungsi secara optimal. Akibatnya, pemain tidak bisa bergabung dengan party tertentu, atau mengundang pemain lain ke dalam party mereka. Perlu diingat juga bahwa kode eror VAL 51 tidak tergolong sebagai ban di Valorant.

BACA JUGA: Guide Cara Mengaktifkan Mode Streaming di VALORANT

Sistem party dalam Valorant bisa bermasalah dikarenakan berbagai macam alasan. Pertama, sejumlah besar pemain sedang membanjiri server. Kedua, bisa juga dikarenakan masalah konektivitas pada jaringan di rumah Ligagamer. Ketiga, diakibatkan oleh malfungsi yang dialami Riot Client, yang pada akhirnya menyebabkan semua judul permainan buatan developer tersebut mengalami gangguan.

Cara Mengatasi Kode Eror VAL 51 di Valorant

Melakukan Restart pada Riot Client

Melakukan restart pada Riot Client milik Ligagamer, merupakan salah satu upaya perbaikan tercepat yang dapat Anda terapkan. Mengingat bahwa Riot Client memungkinkan pemain untuk bisa berinteraksi antara satu dengan yang lain, maka hal tersebut bisa dibilang tergolong sebagai tulang punggung dari kinerja Valorant. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Exit Valorant
  • Klik kanan pada Taskbar dan jalankan Task Manager.
  • Beralih ke tab Detail dan hentikan semua aktivitas yang berkaitan dengan Valorant serta Riot Client.
  • Pastikan terlebih dahulu, bahwa tidak ada aktivitas yang sedang berjalan berkaitan dengan Riot. Jika sudah, baru boleh membuka Valorant kembali.

Cek Status Server Milik Valorant

Jika server milik Valorant sedang bermasalah, saat Ligagamer mencoba untuk membentuk party, maka sangat memungkinkan bagi Anda untuk menerima notifikasi kode eror VAL 51.

Oleh karena itu, Ligagamer perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu pada server. Caranya adalah, Anda bisa membuka situs resmi milik Riot berkaitan dengan game status, lalu pilih region untuk Valorant Anda. Jika ada pemadaman yang sedang berlangsung, maka Anda akan menerima notifikasi peringatan di halaman web tersebut.

Bisa juga dilakukan dengan cara memerika Downdetector, yang umumnya diperbarui berdasarkan umpan balik dari pemain. Ketika server sudah kembali online, kode eror akan teratasi dengan sendirinya, memungkinkan Ligagamers untuk dapat kembali membentuk party di Valorant.

Kirim Support Ticket

Jika Riot Client dan server aktif, tetapi Anda masih menerima kode eror VAL 51, maka opsi terakhir yang dapat dilakukan adalah, mengirimkan Support  Ticket di Valorant. Caranya sebagai berikut.

  • Kunjungi Official Support Website milik Valorant.
  • Lakukan login pada akun Anda.
  • Pilih topik untuk tiket Anda.
  • Isi dengan informasi yang relevan.
  • Konfirmasikan detailnya dan kirimkan tiketnya.

Usai melakukan hal tersebut, Ligagamer akan menerima kabar dari Tim Support dalam waktu satu atau dua hari.

Sekian informasi yang bisa Min Budi berikan terkait cara-cara untuk mengatasi kode eror VAL 51. Semoga informasi tersebut dapat membantu Ligagamer!

Ikuti terus berita terbaru seputar Valorant dan skena esports lainnya di Ligagame Esports! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Atau baca juga informasi informasi seputar pemain dan tournament Valorant.

Jangan lupa, saksikan bincang-bincang berita terkini Valorant NGOVI di channel youtube Ligagame.tv

NGOVI valorant ligagame 104ba

Baca selanjutnya:

Riot Siapkan Mode One-VS-One akan Hadir di Valorant? By One lah!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!