Sony Daftarkan Paten Teknologi Pendeteksi Deepfake  

Sony=Paten-Deepfake

Sony telah mengajukan Paten untuk teknologi guna mendeteksi apakah sebuah video palsu atau hasil proses deepfake. Pembuatan video deepfake telah berkembang di internet dalam beberapa tahun terakhir dan bahkan mulai menyebar ke kehidupan sehari-hari, tentu saja melalui sosial media. Sementara sebagian besar menggunakan deepfake untuk kesenangan atau kreativitas pribadi semata, seperti sebuah akun di YouTube yang memalsukan Hideo Kojima ke setiap karakter Death Stranding dalam cuplikan game tersebut, potensi penyalahgunaan teknologi yang keji menjadi semakin nyata.

Kalau kamu belum familiar atau bahkan baru pertama kali mendengar istilah "deepfake", ini adalah cara untuk mengganti wajah dan / atau suara seseorang dalam gambar atau video yang ada dengan orang lain. Dalam dunia game, ini sering kali berarti sesuatu yang tidak berbahaya dan menghibur seperti ketika Redditor melakukan deepfaking karakter di The Division 2 ke Chuck Norris.

 BACA JUGA: NVidia Patenkan Haptic dengan Teknologi AI Untuk Gaming Experience Lebih!

Penggunaan deepfake bisa tak terkendali dan berbahaya terlebih ketika penerapannya menjadi lebih luas seiring kemudahan akses. Kita pun bisa menemukan tutorial yang tersedia di YouTube dan aplikasi smartphone untuk menyederhanakan proses bagi orang awam. Aplikasi paten yang diajukan oleh Sony pada 22 April 2021, berusaha mengembangkan AI yang akan mendeteksi apakah video telah dipalsukan atau dirusak.

Paten untuk teknologi mendeteksi deep fake ini termasuk dalam kategori "menarik dan menghibur tetapi berpotensi mengkhawatirkan". Namun, ada metode untuk menyelidiki gambar atau video dan menentukan apakah itu telah diubah, karena artefak atau jejak penyimpangan tertentu tertinggal. Artefak ini mungkin termasuk pencahayaan atau ketidakteraturan tekstur dalam gambar palsu yang bukan berasal dari image aslinya. Beberapa di antaranya mungkin terlihat oleh mata yang terlatih; yang lain tidak terdeteksi kecuali diproses melalui jaringan saraf atau program AI.

deep fake deepfake contoh f4738

Sementara teknologi yang dibahas dalam paten memiliki aplikasi yang luas, publikasi paten secara khusus menyebutkan "perangkat komputasi termasuk konsol game seperti Sony PlayStation ... atau headset realitas virtual pabrikan lain" dan kemudian menjelaskan bahwa gambar palsu tersebut mungkin "sebuah bingkai I-frame dari video lain. " Oleh karena itu, teknologi Sony diharapkan dapat menggagalkan deepfake streamer game yang curang dan berbahaya. Tampaknya hanya masalah waktu sebelum orang mulai melakukan streaming dengan deepfake, yang tentu bakal memiliki banyak konsekuensi negatif.

sony patent combat deepfake1 db32e

Dunia game yang ditujukan sebagai hiburan memang terbuka untuk hal-hal menyenangkan. Kreativitas para fans kerap membuat desain fan-art, dengan image atau karakter dari game yang mereka mainkan. Dimulai dari tempel-menempel atu mengganti wajah karakter dengan wajah lain, dari tingkat amatir yang hasilnya lucu dan menyenangkan, hingga menghasilkan foto yang lebih halus dengan editing pro. Kini, teknologi deep fake hadir di media video, gambar bergerak, yang tentu jika teknik yang digunakan semakin halus, bisa membuat banyak hal kontroversi atau bukan tak mungkin menyesatkan.

Deepfake 1024x631 fded0

Beberapa gamers membawa berbagai hal ke level berikutnya, mengirim polisi ke rumah streamer yang tidak mereka sukai atau pemain yang kalah dalam pertandingan. Baru-baru ini, pembuat konten YouTube Call of Duty, Driftor menyebutkan bahwa beberapa insiden hampir mengakibatkan kematiannya empat atau lima kali.

Pada tahun 2017, seorang pria bernama Tyler Barris membuat laporan polisi palsu terhadap pemain Call of Duty yang berbeda dan memberikan alamat yang salah, yang mengakibatkan tim SWAT membunuh Andrew Finch, seorang pria yang tidak terlibat dalam perseteruan tersebut. Weleh!

Ikuti terus berita tekno dan PC peripheral terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: 

Prediksinya Salah, Streamer Mason Makan Uang Dollar Sambil Live!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!