CES 2022: Sony Ungkap Detail PS VR2 Dengan HDR 4K 

CES 2022: Sony Ungkap Detail PS VR2 Dengan HDR 4K 

Hadir di CES 2022, Sony mempresentasikan PlayStation VR2 secara rinci. Perangkat ini sudah memiliki kemampuan tampilan 4K HDR, pelacakan mata, umpan balik sensorik, dan banyak lagi.

Istilah Virtual Reality (VR) mulai dikenal dalam satu dekade terakhir. Banyak yang menanti penggunaan teknologi yang dapat mengantar pengalaman secara nyata di dunia maya.  Teknologi VR sangat menarik bagi video game dan Sony ingin  mengajak pemain ke dunia game yang dimainkan, memungkinkan interaksi dan melihat semuanya di sekitar mereka, daripada terpaku di layar televisi atau PC. 

Spesifikasi headset PS VR2 sangat mengesankan, berpotensi menjadikannya pesaing yang sangat baik untuk headset yang tersedia saat ini, seperti Valve Index. Pengguna dapat mengharapkan tampilan OLED headset untuk memberikan resolusi 4K 2000x2040 per mata, kecepatan refresh 90/120Hz, view 110~ derajat, dan lensa yang dapat disesuaikan agar lebih sesuai dengan jarak mata dan jarak pupil pengguna.

ps vr 2 reveal specs sony playstation b0727

Salah satu aspek paling unik dari PS VR 2 adalah pelacakan mata. Menurut Sony, perangkat ini dapat mengukur gerakan mata pemain  secara akurat, hingga memungkinkan data tersebut digunakan dalam game sebagai 'input tambahan untuk karakter game.' Fitur ini relatif baru di dunia realitas virtual yang saat ini belum terdapat pada Oculus Quest 2 dan Valve Index. 

BACA JUGA: Langganan PlayStation Plus? Ada 3 Game Baru Gratis di Januari 2022

Berbeda dengan Oculus Quest 2, headset PS VR 2 dirancang satu paket dengan konsol PS5, dan bukan headset realitas virtual nirkabel. Namun, ada beberapa peningkatan dari generasi pendahulunya, karena sekarang hanya menggunakan satu kabel, sehingga lebih mudah untuk dimainkan tanpa kusut atau terputus. Mirip dengan Oculus Quest 2, PS VR 2 memiliki inside-out tracking, yang berarti pengguna tidak perlu khawatir tentang pengaturan sensor di sekitar ruangan saat menggunakan perangkat.

ps vr 2 sense controllers aa d1493

PS VR 2 juga memperkenalkan pengontrolnya sendiri, yang disebut  PlayStation VR2 Sense. Pengontrol digambarkan memberikan umpan balik sensorik yang unik, kemungkinan menggunakan teknologi yang sama atau identik dengan pengontrol PS5 DualSense. Headset ini memiliki beberapa fitur unik yang belum pernah ada pada kebanyakan headset VR sebelumnya, termasuk umpan balik haptic di headset, memungkinkan pemain 'merasakan' ketika objek atau persenjataan terbang dalam game, atau saat denyut nadi karakter meningkat.

playstation vr2 783bc

Sony belum mengumumkan jadwal rilis resmi PS VR 2. Agaknya, perusahaan game asal Jepang itu juga masih menggenjot penjualan konsol PS5 hingga beberapa waktu ke depan sebelum gamers dapat mencoba sendiri headset tersebut. Terlepas dari sisi bisnis, Sony terus melangkah mengembangkan masa depan Virtual Reality.

Ikuti terus berita tekno dan Games terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya: 

Bingung Kembali ke Setelan Awal PS4? Ini Cara Factory Reset PS4

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!