Pasca-SEA Games, Instagram MPL PH dan Coach James Kena Takedown!

by Felixerra
Pasca-SEA Games, Instagram MPL PH dan Coach James Kena Takedown!

SEA Games 2021 berakhir dengan kekalahan Indonesia di cabang olahraga Mobile Legends: Bang Bang. Skuad timnas Indonesia yang telah menunjukkan taringnya dari group stage hingga ke semi-final, pada akhirnya harus ditundukkan oleh Filipina di Grand Final. Indonesia pun harus puas menjadi runer-up dan memperoleh medali perak.

Namun, jalannya match Grand Final SEA Games 2021 tersebut masih menjadi kontroversi di antara penggemar. Ini disebabkan oleh Filipina yang kerap kali melakukan pause selama match berjalan, hingga membuat spekulasi liar di kalangan penggemar.

Dugaan paling kuat adalah Filipina secara sengaja melakukan hal tersebut demi memikirkan set-up lebih matang dalam war, agar dapat mengantisipasi tim Indonesia pasca-pause. Hal ini kemudian bisa memberi keunggulan bagi Filipina, bila murni itu dilakukan secara sengaja. Selain itu, Indonesia menjadi pihak yang dirugikan dalam konteks ini karena konsentrasi mereka sangat mungkin buyar karena kejadian pause secara berkali-kali tersebut.

Sangat memungkinkan bagi panitia untuk memutuskan rematch, bila skenario tersebut yang terjadi. Hal tersebut yang menjadi dasar dari protes Ibnu Riza kepada panitia MLBB SEA Games 2021.

Ada beberapa pihak yang menganggap bahwa kekalahan ini murni karena kelalaian tim Indonesia, ada pula yang tetap netral dan memutuskan untuk menganggap kejadian ini sudah berlalu, dan terakhir, ada yang sangat radikal dan menganggap bahwa kekalahan Indonesia disebabkan oleh kejadian pause yang dilakukan oleh Filipina. Komunitas MLBB Indonesia menjadi liar.

BACA JUGA: Hasil Final MLBB SEA GAMES 2021: Fililipina Juara, Indonesia Raih Perak

Tak lama berselang setelah kekalahan Indonesia, akun Instagram pribadi Coach James menjadi korban pertama dari oknum yang tak bertanggung jawab. Pasalnya, akun Instagram Coach James mendadak terkena take down dan tak bisa diakses kembali.

EVOS Luminaire sangat menyayangkan kejadian tersebut. Melalui akun Instagram pribadinya. Luminaire menyatakan kekecewaannya.

"Be smart lah siapa pun lu yang ngelakuin. Cepet sadar, jangan lupa hidup cuma sebentar," tulis Luminaire.

Menyusul James, tidak sampai satu hari, Instagram MPL Filipina pun menjadi korban keganasan netizen Indonesia. Serbuan hujatan di kolom komentar dan report massal kelak mengantarkan akun Instagram MPL PH sampai terkena take down dan tidak bisa diakses kembali sampai per artikel ini dimuat.

Dilansir dari Facebook MPL PH, mereka menyatakan bahwa akun Instagram mereka sengaja dinonaktifkan.

"Kami telah menonaktifkan sementara akun Instagram MPL-PH. Mohon tenang, karena kami akan mengaktifkan kembali akun tersebut secepatnya. Terima kasih atas pengertiannya," tulis akun Facebook MPL Filipina."

3 19 1024x542 3bb53

Hal ini tentu patut disayangkan. Sebagai penggemar, mohon lebih bijak dalam menanggapi sesuatu. Jangan mudah termakan provokasi, dan tetap buat nama Indonesia elok di mata dunia.

Dan yang terpenting, jangan main hakim sendiri! Bila Filipina dirasa melakukan kecurangan, kita bisa percayakan kepada pihak badan timnas Indonesia yang sedang berjuang melalui protes mereka.

Baca selanjutnya:

Coach James Tanggapi Wacana "Camat" di Timnas MLBB Indonesia Pada SEA Games 2021 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!