Moonton Jatuhkan Sanksi Skors ke 4 Pemain Team OP Singapura

Sanksi telah dijatuhkan!
by Agustinus Dapot
Pemain Team OP Singapura Diskors karena wacana agama

Empat pemain Team OP telah dilarang bertanding di Mobile Legends: Bang Bang Professional League Singapore Season 3 (MPL SG Season 3) dan turnamen resmi MLBB lainnya selama setidaknya satu tahun setelah “menghasut wacana agama” selama permainan peringkat, yang disiarkan langsung.

Pengumuman Moonton datang sehari setelah developer MLBB melakukan penyelidikan atas masalah tersebut.

Keputusan resmi Moonton  untuk empat pemain Tim OP
Empat pemain, Goh “Ryeb” Wei En, Wendell Sean “DarA” Tan, Jackie “PAA” Lee, dan Randall “Bush” Tay Guan Pin dilarang berkompetisi di turnamen MLBB resmi setidaknya selama satu tahun. Tiga di antaranya dilarang selama dua tahun, sementara Bush menerima larangan satu tahun karena "menghasut pelecehan".

Tim OP juga diberi pengurangan -10 poin di awal MPL SG Season 3 karena dinilai  "mismanagement".

 Insiden ini terjadi selama ranked game antara anggota Tim OP dan Geek Fam MY, yang disiarkan di streaming langsung pemain Geek Fam Nik “Dominus” Aqieff. 3 jam 35 menit memasuki streaming, kedua tim bertukar kata di semua obrolan.

Ketegangan meningkat ketika OP Wendall Sean “DarA” Tan, Jackie “PA” Lee, dan Goh “Ryeb” Wei En melontarkan komentar yang tidak pantas tentang agama. Satu anggota Geek Fam telah memperingatkan semua pihak yang terlibat bahwa mereka sedang melakukan streaming langsung, Goh "Ryeb" Wei En menambahkan komentar lain sebelum obrolan menjadi hening.

Moonton kemudian memeriksa siaran langsung tersebut. Dan dari hasil penyelidikan, 4 pemain OP terbukti melanggar dan dijatuhi sanksi. 

Moonton MLBB MPLSG TeamOP f632c

“Profesionalisme dan perilaku etis adalah bagian dari prinsip inti kami dalam membentuk persaingan yang sehat di antara para pemain dan komunitas kami,” tulis mereka. Mari bersama-sama membangun ekosistem yang harmonis dan mengembangkan esports menjadi platform yang bisa kita banggakan.”

Berikut sanksi yang dijatuhkan untuk 4 pemain Team OP:

Wendell Sean “DarA” Tan : 2 tahun larangan mengikuti semua turnamen resmi MPL dan MLBB Menghasut wacana keagamaan
Goh “Ryeb” Wei En              : 2 tahun larangan berpartisipasi di semua turnamen resmi MPL dan MLBB Menghasut wacana keagamaan
Jackie “PAA” Lee                    : 2 tahun larangan mengikuti semua turnamen resmi MPL dan MLBB Menghasut wacana keagamaan
Randall “Bush” Tay Pin       : 1 tahun larangan berpartisipasi di semua turnamen resmi MPL dan MLBB Menghasut pelecehan

BACA JUGA: Ini Dua Tim Kandidat Juara MPL ID S9 Versi Yurino Donkey!

Terlepas dari beratnya pelanggaran mereka, Moonton meminta komunitas untuk tidak menyerang maupun "doxing" kepada pemain lain. Well, doxing sendiri bisa berupa mengancam akan mencari berbagai informasi pribadi seseoran dari dunia maya yang kemudian digunakan untuk menyerang di dunia nyata.

Moonton meminta komunitas setianya untuk bertanggung jawab secara online

“Kami meminta pengertian Anda dalam masalah ini dan dengan tulus meminta maaf atas kekurangan kami,” tulis mereka. “Kami akan berusaha untuk melakukan yang lebih baik dalam meningkatkan proses kami ke depan dan menghilangkan perilaku seperti itu di liga profesional kami.”

Well, sanksi yang dijatuhkan tentu bukan saja berdampak kepada pemain, tapi juga organsasi, salam hal ini Team OP, yang tentu harus mencari pemain pengganti. Agaknya ini juga bisa jadi sinyal dan alarm bagi pro player yang berlaga di ajang MPL dan juga aktif bersiaran atau streaming. 

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Buntut Provokasi ke EVOS di MPL ID S9, Alter Ego Tindak Tegas Manajer

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!