MobaZane Frustrasi NA Tanpa MPL, Punggawa BTK Hijrah ke Wild Rift

by Agustinus Dapot
Mobazane MLBB-BTK

Kapten tim BloofThirstyKings (BTK), Michael "MobaZane" Cosgun, mengungkapkan rasa kecewanya scene Esports Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Amerika Utara (NA) tidak berkembang seperti yang diharapkan. Melalui salah satu livestream-nya, kapten tim menyatakan bahwa sudah saatnya Moonton mulai menyelenggarakan Mobile Legends Professional League (MPL) di NA.

MobaZane menilai Moonton belum memberikan upaya yang cukup untuk menngembangkan scene MLBB di Amerika Utara. Menurutnya, beberapa anggota Blood Thirsty King (BTK) untuk sementara waktu beralih bermain Wild Rift karena karena kurangnya insentif untuk melakukan streaming MLBB di NA.

MobaZane juga mengeluhkan berapa banyak investasi yang dia lakukan untuk MLBB. Bukan cuma waktu, tenaga dan pikiran tapi juga materi atau uang. Dia menambahkan bahwa tanpa scene esports MLBB di NA hanya ada sedikit insentif yang bisa diperoleh.  

BACA JUGA: Mobazane Gabung Tim MPL ID? Bigetron atau RRQ, Siapa Tergocek?

MobaZane merasa NA tidak mendapatkan perhatian yang cukup 
Pada Kejuaraan Dunia M3, perwakilan NA, BTK , menunjukkan kepada dunia bahwa kawasan Asia Tenggara (SEA) bukan satu-satunya kawasan . Tim tersebut berhasil mengalahkan Blacklist International, salah satu tim MLBB Filipina terkuat, ke lower bracket babak playoff. Meskipun tidak mampu meraih gelar juara, banyak penggemar kagum dengan penampilan BTK.

BTK jelas menunjukkan bahwa NA memiliki potensi untuk menjadi salah satu wilayah terkuat di kancah esports MLBB. Dalam live streaming MobaZane menyampaikan, “Banyak anggota BTK bermain Wild Rift. Saya tidak bisa menyalahkan mereka, server sampah (MLBB NA Server) tidak memberi kami MPL apa pun,”katanya.

MobaZane melihat hampir tidak ada insentif untuk bermain dan streaming konten MLBB di wilayah NA, itulah sebabnya rekan satu timnya untuk sementara beralih ke judul MOBA seluler Riot Games, Wild Rift.

BACA JUGA: Streamer Mobile Legends MobaZane vs Gosu Hoon, Mana Lebih Keren?

Kapten tim menambahkan bahwa ini bukan akhir dari BTK karena rekan satu timnya akan kembali bermain MLBB. Namun, dia frustrasi karena Moonton belum memberi liga kompetitif resmi. “Beri kami MPL, kawan! What a joke!” serunya.

MobaZane menambahkan, meskipun BTK berhasil meraih gelar juara di ajang esports resmi, Moonton mungkin masih tidak memperhatikan ekosistem esports yang stagnan di kawasan itu. “Apa yang harus saya lakukan, dapatkan dulu, lalu dapatkan MPL? Yang menyedihkan adalah, saya bertaruh bahkan jika kami mendapat yang juara, kami mungkin tidak akan pernah memiliki MPL, ”katanya.

MLBB M3WorldChampionship BTK MobaZane MVP SeeYouSoon 1536x864 cd9a6

Kapten tim kemudian mengeluh tentang berapa banyak investasi yang dia lakukan untuk MLBB, tetapi dia tidak puas dengan adegan esports di NA. Dia bahkan melanjutkan dengan mengatakan bahwa pemain di NA telah menginvestasikan lebih banyak uang daripada pemain dari daerah lain. “Kami memberi mereka begitu banyak uang, kawan. Kami memberi ML lebih banyak uang daripada Indonesia, ”katanya.

Tahun lalu, Moonton menyelenggarakan dua turnamen MLBB di wilayah NA -  Challenger Cup NA dan Kejuaraan Dunia M3 - Kualifikasi NA. BTK mendominasi panggung kedua turnamen ini. 

Moonton belum mengumumkan rencananya untuk mengembangkan ekosistem esports MLBB di NA. Well, kita nantikan perkembangan lebih lanjut mengenai masa depan esports MLBB di Negeri Paman Sam. Jika Belum juga mendapat MPL, akankah Mobazane bertahan di scene MLBB? 

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Jadwal MPL ID Season 9 Laga Panas Hadir di Pekan Perdana!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!