Tsunami Komentar "Meta Pause" Terjang Instagram Blacklist International

Buntut final MLBB SEA GAMES Indonesia vs Filipina
by Felixerra
Tsunami Komentar "Meta Pause" Terjang Instagram Blacklist International

Publik MLBB (Mobile Legends Bang Bang) di Indonesia agaknya masih memanas usai timnas dikalahkan oleh Filipina di SEA Games Vietnam. Tak dapat dipungkiri kekalahan tentu bakal menghasilkan kekecewaan maupun kesedihan. Namun, bagi fans Indonesia yang turut menonton partai final menyoroti seringnya "pause" saat laga berjalan. Terlepas dari hasil pertandingan, banyak penggemar MLBB di Indonesia lantas menggulungkan ombak komentar di berbagai platform media sosial, terutama Instagram.

Netizen Indonesia memang sudah dikenal sebagai yang paling gaduh di dunia maya. Tak ayal, gelombang komentar terkait hasil final MLBB SEA GAMES pun mulai bergulung hingga menyebabkan beberapa korban.

Korban pertama adalah Coach James yang harus mendapati akun Instagramnya terkena take down karena di-report secara massal oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Diduga kuat, report massal tersebut disebabkan karena gagalnya Indonesia menjadi juara di SEA Games 2021.

Keputusan James untuk menurunkan SANZ sebagai midlaner, meskipun timnas Indonesia sudah mempunyai Luminaire yang mempunyai basic sebagai midlaner, menjadi tanda tanya besar bagi para penggemar. Hal ini menjadi salah satu faktor yang berkontribusi dalam kekecewaan pada Coach James.

Tidak hanya akun Instagram Coach James, akun Instagram MPL Filipina menjadi korban selanjutnya, di mana para penggemar asal Indonesia membanjiri akun tersebut dengan hujatan kepada Filipina yang kerap kali melakukan pause selama pertandingan. Dinilai oleh para penggemar, hal tersebut menjadi penyebab utama mengapa Indonesia dapat dikalahkan oleh Filipina secara telak.

BACA JUGA: Pasca-SEA Games, Instagram MPL PH dan Coach James Kena Takedown!

Sementara tim media sosial MPL Filipina memutuskan untuk menonaktifkan sementara akun Instagram-nya seiring suasana di kolom komentar yang kian tak kondusif.

Selain akun Instagram Coach James dan MPL Filipina, penggemar asal Indonesia pun menyerang akun Instagram Blacklist International. Untuk informasi kamu, tiga dari pemain timnas Filipina yang diturunkan dalam melawan Indonesia merupakan punggawa dari tim Blacklist International, yakni OhMyV33nus, Wise, dan Hadji.

Mempertimbangkan alasan tersebut, penggemar langsung menargetkan akun Instagram Blacklist International untuk melampiaskan kekesalan mereka atas kejadian pause  yang kerap kali dilakukan oleh Filipina di dalam pertandingan.

@lord_saja69 dalam posting-an terbaru yang diunggah oleh akun Instagram Blacklist mengatakan bahwa Filipina tidak akan menang bila mereka tidak melakukan pause.

"no Pause no win," ketiknya, yang didampingi oleh emot tertawa terbahak-bahak.

Ada pula @hendra_wndsswn yang menuliskan "PHause" di kolom komentar, di mana itu menyindir akronim dari Filipina (PH) yang digabungkan dengan kata "pause".

instagram blacklist international dibnjiri komentar netizen indonesia c3fdc

Dan masih banyak lagi isi komentar yang bernada sentimen terhadap Blacklist yang ditujukan pada timnas Filipina di kolom komentar Blacklist International. Hal ini tentu sangat kronis, mengingat banyak sekali komentar yang tidak beradab dan elok untuk dipandang ditujukan secara langsung pada timnas Filipina.

Di mata internasional, hal ini tentu tidak elok untuk dilihat dan akan membuat stigmatisasi yang buruk bagi Indonesia, bila diteruskan. Bilamana dirasa Filipina melakukan kecurangan melalui hal pause tersebut, mohon tetap sabar dan biarkan proses protes secara resmi dilakukan oleh badan tim nasional esports Indonesia.

Ibnu Riza selaku Ketua Badan Timnas Esports Indonesia dan Ketum IESPA telah melakukan protes kepada panitia terkait kejadian pause yang dilakukan oleh Filipina. Untuk penggemar Indonesia, mari kita sama-sama bersabar dan mengawal proses tersebut, instead of memberikan sumpah serapah kepada negara lain melalui internet!

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Hasil Final MLBB SEA GAMES 2021: Fililipina Juara, Indonesia Raih Perak

 

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!