Ibnu Riza Ungkap Kelanjutan Protes MLBB SEA Games 2021

by Felixerra
Ibnu Riza Ungkap Kelanjutan Protes MLBB SEA Games 2021

Insiden pause yang dilakukan oleh Filipina dalam pertandingan di SEA Games 2021 mendapatkan atensi dari berbagai pihak. Hal tersebut menjadi kontroversi besar dalam esports SEA Games 2021, karena Indonesia dirasa menjadi "korban" dari insiden ini. Indonesia akhirnya harus berpuas diri dengan pemerolehan medali perak di SEA Games 2021 dalam cabang esports Mobile Legends Bang Bang.

Insiden pause pada laga final MLBB SEA Games pun mengundang perhatian dari figur besar di skena esports Mobile Legends Bang Bang, termasuk ke dalamnya jajaran pro player dan tokoh besar di tim ternama.

sea games mlbb indonesia vs vietnam acb89

Tentunya, insiden ini tak luput dari perhatian badan timnas esports Indonesia sendiri. Figur yang paling lantang angkat suara dalam memprotes insiden ini adalah Ibnu Riza, Ketua Badan Timnas Esports Indonesia.

Sontak usai insiden tersebut, Ibnu langsung melayangkan protes langsung kepada panitia esports MLBB SEA Games 2021. Prosesi tersebut terus berjalan, tetapi hasil yang memuaskan tak kunjung datang.

BACA JUGA: Pasca-SEA Games, Instagram MPL PH dan Coach James Kena Takedown!

Dilansir dari UP Station, Ibnu Riza angkat suara untuk memberikan hasil dari protes tersebut. Senada dengan argumen Hadji (Imam), Ibnu menyatakan bahwa memang benar ping dalam turnamen SEA Games 2021 itu tidak terlalu baik. Namun, berdasarkan peraturan, seharusnya permintaan pause seharusnya hanya terbatas selama 5 kali saja.

"Sebenarnya di sana (di Vietnam -red), memang ping-nya tinggi karena mereka pakai VPN. Nah, cuma perihal pause itu, di technical handbook ada dikatakan bahwa pause tidak boleh dilakukan lebih dari 5 kali. Nah, itu kenapa kita ajukan protes,” tutur Ibnu.

Sayangnya, hasil dari protes Ibnu Riza tampaknya harus nihil karena beberapa alasan.

“Dan, kita menjunjung free play juga ya, maksudnya kita sampai antarnegara itu bersinggungan karena ini. Yang penting kita sudah protes, mungkin ke depannya penyelenggaraan dari SEA Games esports menjadi lebih baik,” tutup pria yang juga mempunyai jabatan sebagai Ketua dari Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia (IESPA).

Untuk informasi kamu, penggemar merasa sangat dikecewakan akibat kekalahan Indonesia yang kemungkinan besar disebabkan oleh insiden ini, sehingga tercipta "bola liar" yang melambung ke berbagai pihak dan memakan korban.

Salah satunya yang menjadi korban dari "bola liar" ini adalah akun Instagram MPL Filipina yang menjadi target serangan penggemar Indonesia. Penggemar menghujani akun tersebut dengan kata-kata tidak mengenakkan. Akibat situasi yang semakin tidak kondusif, tim media sosial MPL Filipina memutuskan untuk mengambil langkah ekstrem dengan menonaktifkan selama sementara akun Instagram milik mereka.

Selain akun MPL Filipina, penggemar Indonesia pun menyerang akun Blacklist International, tim yang paling banyak "menyumbangkan" para pemainnya untuk bertanding di timnas esports MLBB SEA Games 2021.

Sangat disayangkan. Meski mungkin ini adalah bagian dari bela diri, tetapi bila diteruskan, tentunya hanya akan membuat citra Indonesia menjadi buruk di internet. Lebih baik kita bersabar saja, biarkan waktu yang membuktikan.

coach timnas mlbb Indonesia SEA GAMES Vietnam f602c 426bcecf d002c

Toh, timnas esports MLBB Indonesia sudah berjuang sekuat dan sebaik-baiknya dan berhasil menjadi pemenang, di hati kami, para penggemar esports di Tanah Air. Ada kesempatan pembuktian di ajang MSC 2022 di depan.

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

R7 dan Alberttt Tanggapi Celoteh Z4pnu: Gue Gak Suka Orang Bacot! 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!