Eks Pelatih TSM Peter Zhang di-Banned Permanen dari Kompetitif LoL

TSM Peter Zhang

Riot Games telah mengeluarkan larangan permanen untuk Zhang 'Peter Zhang' Yi, yang sebelumnya menjadi pelatih/ coach team TSM. Dalam keputusan yang diberikan pada 8 Agustus, Peter Zhang didakwa telah melanggar aturan LCS, termasuk kode etik diantaranya mengalihkan gaji pemain, meminta pinjaman dari pemain dan staf TSM bersama dengan pelanggaran lainnya. Riot Games melarang Zhang dilarang melakukan kontak dengan tim atau organisasi mana pun dalam kompetisi resmi oleh Riot Games.

Peter Zhang dipecat dari TSM pada 19 Maret karena penyimpangan keuangan seperti yang pertama kali dilaporkan oleh Dexerto. Penyimpangan itu termasuk mengalihkan sekitar $ 250.000 dalam gaji pemain dan menyesatkan pemain lain dengan penjualan mobil di mana uang yang diperoleh akan diberikan kepada pesaing.

Pelatih League of Legends bergabung dengan TSM pada tahun 2018 dan mengisi peran Head of Player Development. Setelah pemecatannya, TSM melakukan penyelidikannya sendiri melalui firma hukum independen terhadap mantan karyawannya dan menemukan bahwa dia telah mengalihkan gaji pemain dan bertindak sebagai agen untuk pemain yang dia rekomendasikan ke TSM dari China.

BACA JUGA: Riot Korea Tetapkan Aturan Baru di LCK, The Next Level Professional Ecosystem!

Secara total, Zhang diduga telah mengalihkan sekitar $ 250.000 gaji dari dua pemain TSM ke dirinya sendiri dan pihak lain, dia setuju untuk menjual mobil atas nama mantan pendukung TSM Hu 'SwordArt' Shuo-Chieh dan menyimpan lebih dari setengah uang dari penjualan (membayar $35.000 kepada pemain begitu dia diancam).

Dia juga berusaha meminjam uang dari delapan pemain dan anggota staf TSM, termasuk yang dia latih secara pribadi. Dua pemain menyatakan telah mengirim uang ke mantan pelatih mereka itu.

Dalam laporan TSM sendiri mereka juga menemukan bahwa para pemain yang direkrut Peter Zhang untuk tim League of Legends tidak serta merta didatangkan karena skill mereka, tetapi untuk kepentingan pribadinya karena bertindak sebagai agen mereka.

TSM kemudian mengumumkan status Peter Zhang dan menyerahkan penyelidikan kasus ini kepada tim Riot Games.

Terkait hal ini, Peter Zhang sempat melakukan pembelaan lewat Twitlonger pada 24 Maret, di mana dia mengatakan dia tidak pernah bertindak sebagai agen pemain. Well, apapun pembelaannya, tampaknya karier Zhang di dunia LoL telah berakhir. 

peter zhang twit da9d1

Ikuti terus berita terbaru League of Legends di Ligagame! Kunjungi Instagram @ligagame_tv dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Fans T1 Gelar Aksi Protes Soal Head Coach Jelang Worlds 2022

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!