Kematian NIMO TV Game, Streamer Cari Mesias Platform Siaran Baru

by Felixerra
Kematian NIMO TV Game

NIMO TV sebagai platform streaming merupakan yang paling populer di Indonesia. Bahkan, bisa dibilang, NIMO TV tumbuh sebagai platform tanpa pesaing.
Monopoli pasar penonton streamer game, terutama untuk streamer Mobile Legends Bang Bang, secara teknis dikuasai oleh NIMO TV, mengingat para pesaingnya Cube TV atau Game.ly sudah tiada.

Platform NIMO TV sangat diunggul lagi dengan kebijakan yang lebih longgar daripada YouTube yang begitu strict terhadap para streamer, sehingga sangat mengekang streamer untuk berkreasi.

Dengan segudang keunggulan tersebut, NIMO TV yang sudah berada di atas langit tampaknya harus menemui kejatuhannya pekan lalu. Seperti diberitakan sebelumnya, NIMO TV mengumumkan akan  menutup kanal Game pada akhir April 2022 .

Sebuah langkah yang sangat ironis, mengingat kanal game adalah hal yang membesarkan NIMO TV. Padahal, para streamer dengan nama besar yang sudah di-hire oleh NIMO TV telah sukses menggiring puluhan ribu, bahkan ratusan ribu penonton untuk menjadi penonton setia. Sebut saja, The Big Three-nya NIMO TV: Oura, Donkey, dan Marsha. Trio yang ketiganya merupakan veteran untuk tim EVOS pada era lampau berkiprah menjadi streamer di NIMO TV.

geng kapak gpx nimo 2d893

Kedatangan trio tersebut menjadi angin segar bagi NIMO TV. Kiprah mereka dipandang baik dan menuai kesuksesan tersendiri, mengingat mereka bergelimang penghasilan dari NIMO TV berkat dari banjirnya penonton streaming mereka.

Pun demikian, selain mereka, masih banyak influencer lain yang tak kalah populer di NIMO TV yang ikut berkontribusi mengundang banyak sekali pengunjung ke NIMO TV.

Sampai saat ini, belum diketahui alasan pasti pemberhentikan kanal game dari NIMO TV. Menyusul pemberhentian ini, banyak sekali rumor liar yang bersikulasi di antara para penikmat skena streaming gaming di Indonesia,

Penggemar berpendapat bahwa kejatuhan NIMO TV yang diumumkan pekan kemarin, walaupun sudah terlihat “melangit” selama ini, disebabkan oleh permasalahan internal.

BACA JUGA: Semua Tentang MLBB Patch 1.6.66: Buff, Nerf, Revamp, Item dll

Terlepas dari permasalahan apa pun itu, hanya satu hal yang diperlukan sekarang: Platform streaming game baru sebagai alternatif. Platform yang muncul dalam waktu dekat, dapat muncul sebagai mesias yang akan menjadi juru selamat bagi para streamer untuk dapat kembali berkarya melalui streaming mereka.

Dilansir dari sebuah streaming di kanal NIMO TV Oura, para streamer tampak cukup resah dan membutuhkan segera platform baru untuk menjadi tempat mereka menumpahkan kreasi mereka.

YouTube tidak bisa menjadi jawaban utama. Mengingat betapa strict-nya kebijakan yang ada di YouTube, sehingga dianggap tidak cocok untuk menjadi tempat para streamer seperti Oura dan Donkey untuk singgah di sana.

“Kalau di platform baru kita boleh engga ya kita nge-vape, maki-maki orang? Boleh engga ya? Sungkan gua!” ujar Oura.

“Gua aja nih live YouTube udah kena dolar kuning,” timpal Aldean, selaku petinggi di EVOS Esports.

Keresahan mereka langsung terbalaskan dengan kabar hangat yang datang dari Mimin Helmet, salah satu streamer yang turut bergabung dalam streaming tersebut.

“Ada satu platform. Tadi siang udah rapat—udah ketemu, udah ngobrol—kata dia, boleh nonton bola, boleh semuanya. […] Jadi pasarnya itu (kita),”

Tidak mengherankan, matinya NIMO TV bisa dianggap sebagai kesempatan emas untuk menjadi pengganti dari platform streaming monopoli saat ini.

Siapa pun yang berhasil meraih hati di skena streaming gaming, akan meraup keuntungan besar secara instan.

Pun demikian, tidak menutup kemungkinan jika nanti platform streaming yang mempunyai citra yang “absurd”, seperti misalnya BIGO Live dan kawan-kawan untuk melakukan revolusi pada branding image mereka demi mengejar pasar streamer gamers.

Ikuti terus berita game dan esports terbaru di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Coach Jamess Kecewa dan Marah Scrim Timnas MLBB Indonesia Bocor

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!