Jaringan Penyedia Cheat Game Terbesar di Dunia Terbongkar !

$ 10.000 sehari; cryptocurrency $ 46 juta dan kendaraan mewah jutaan dollar!

Pihak berwenang mengklaim telah menutup penyedia cheat video game 'terbesar di dunia'.  Operasi yang digelar Tencent bekerja sama dengan pihak kepolisian selama setahun akhirnya berhasil menyita dan membekukan aset bernilai lebih dari $ 750 juta.

Industri video game telah menjadi salah satu yang terbesar di dunia, dengan penghasilan dan perputaran uang hingga ratusan miliar dolar setiap tahun. Faktanya, hingga tahun 2019, diperkirakan lebih banyak uang yang dihabiskan untuk video game daripada untuk film global maupun gabungan industri olahraga di kawasan Amerika Utara. Dengan premis tersebut, tidak mengherankan banyak penyedia hack dan cheat mulai muncul di pasar gelap memanfaatkan pertumbuhan dan kesuksesan fenomenal industri game.

"Layanan" jasa cheat atau kecurangan biasanya digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di beberapa game MMO (multipemain online) atau bahkan mendapatkan akses ke konten bernilai tinggi hanya dengan mengeluarkan dana lebih kecil dari harga yang ditetapkan. Kini tampakna pihak publisher dan developer game mulai melakukan perlawanan. Salah satu perusahaan game terbesar di dunia, Tencent, bekerja sama dengan unit polisi khusus melakukan operasi untuk menjerat jaringan cheater video game "terbesar di dunia" yang pernah ditemukan dan diselidiki oleh pihak berwenang.

 tencent cheat hack shut down 88049

Tencent pertama kali melaporkan aktivitas penyedia cheat ke polisi China pada Maret tahun lalu. Sejak saat itu mereka mulai bekerja sama dengan kepolisian untuk melacak jaringan tersebut. Dari beberapa hasil operasi, anggota kelompok tersebut dilaporkan telah menghasilkan sebanyak $ 10.000 sehari; dengan lebih dari $ 764 juta terkumpul di sebelum beberapa tertangkap dan akhirnya diadili. Sebagian besar uang berasal dari penjualan cheat untuk game mobile (seluler), meskipun grup tersebut juga melayani player game populer seperti Overwatch dan Valorant. Setelah penyelidikan selama setahun, para terdakwa kini dijerat sanksi hukuman penjara dan aset mereka telah disita.

BACA JUGA: PUBG Mobile Raup Penghasilan Lebih dari $ 5 Miliar Dollar

Kepolisian Kunshan menemukan uang tunai, kendaraan mewah bernilai jutaan dolar dan cryptocurrency (mata uang virtual) senilai $ 46 juta dalam serangkaian penangkapan beberapa hari yang lalu. Pada konferensi pers yang digelar, pusat komando memberi pujian atas hasil kerja unit investigasi, berterima kasih atas bantuan Tencent, dan berjanji untuk "terus bekerja keras untuk menjaga lingkungan game."

 Kesuksesan operasi penangkapan jaringan jasa penyedia cheat menjadi berita bagus bagi industri game. Meski demikian, di sisi lain, pihak developer maupun publisher game di dunia Barat (western) mungkin masih belum mendapatkan dukungan setingkat ini dari pihak berwenang. Sejauh ini, vendor game di regional AS maupun Eropa secara mandiri menghadapi peretas dan penipu dalam permainan, dimana kemampuan para cheater semakin meningkat dari waktu ke waktu. Dengan peretasan dan eksploitasi baru bermunculan hampir setiap hari, developer dan publisher game merasa mereka seolah-olah menghadapi pertempuran yang tidak akan pernah dimenangkan.

Ikuti terus berita game dan esports terbaru di  Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya: 

Tencent Banned 1,2 juta Cheaters PUBG Mobile 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!