Developer Genshin miHoYo Ganti Nama Jadi HoyoVerse, Lebih dari Sekadar Rebranding

Developer Genshin miHoYo Ganti Nama Jadi HoyoVerse

MiHoYo perusahaan pengembang game Genshin Impact baru-baru ini mengubah namanya menjadi HoYoverse. Hal ini sontak membuat banyak penggemar penasaran dan bertanya-tanya.

Studio pengembangan kontemporer yang sukses miHoYo telah mengejutkan banyak penggemarnya minggu ini dengan mengumumkan bahwa mereka mengubah citra dirinya menjadi HoYoverse. Studio yang terkenal sebagai pengembang game role-playing Genshin Impact menyatakan bahwa perubahan nama itu adalah produk sampingan dari keinginan untuk memperluas bisnisnya ke lebih dari sekadar game. Yup, langkah ini agaknya mengikuti trend rebranding kolosal yang juga mulai terjadi. Penambahan "verse" seakan erat dengan metaverse. Sekedar mengikuti trend atau ada yang lain? 

Datang pada saat banyak studio game mencoba memperluas kehadiran pasar ke berbagai level. Meski begitu, sebagian penggemar akan bertanya-tanya bagaimana perubahan ini akan berdampak pada studio dan game yang sedang berjalan maupun yang akan dikerjakan. Para pemain juga menantikan apakah perubahan ini akan berepngaruh bahkan hingga ke amelya yang mereka mainkan.

BACA JUGA: Waduh, Remaja 18 Tahun Ini Habiskan Ribuan Dollar Dari Kartu Kredit Ayah untuk Genshin Impact!

MiHoYo adalah perusahaan yang terus berkembang dan terbilang masih muda jika dibandingkan raksasa game seperti Konami, EA, Ubisoft, Blizzards atau Valve. Didirikan pada 12 Februari 2012 oleh tiga mahasiswa di Universitas Shanghai Jiao Tong China, miHoYo berhasil meroket dengan game Genshin Impact. Berkantor pusat di Shanghai, perusahaan ini kini mempekerjakan lebih dari 4000 orang di 6 lokasi, dan terus melakukan ekspansi yang cepat selama satu dekade terakhir.

Kesuksesan Genshin Impact
Genshin Impact sejatinya merupakan game keenam yang dikembangkan oleh miHoYo. Genshin telah membawa miHoYo ke panggung global. Aspek free-to-play dari Genshin Impact telah membuatnya menjadi sangat populer sejak rilis pada tahun 2020.

Sesuai dengan popularitas game, Genshin Impact secara luas dianggap sebagai salah satu game role-playing terbaik di dunia saat ini. Genshin Impact pun meraih penghargaan Game Seluler Terbaik di The Gaming Awards untuk tahun 2021.

genshin impact game terbaik 2021 69dbc

Selain gameplay yang kaya akan pengetahuan dan adiktif membuat Genshin Impact menjadi populer di PC dan konsol hingga perlu diluncurkan juga versi mobile untuk seluler. 

genshin impact cross platform 37d4d

Alasan Perubahan Nama Menjadi HoYoverse

Perubahan branding dari miHoYo ke HoYoverse merupakan indikasi dari ambisi dan melanjutkan kesuksesan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, alasan utama perubahan nama ini adalah agar miHoYo bergerak melampaui batasan pengembangan game dan mempelajari portofolio yang lebih luas dari berbagai teknologi dan bidang bisnis.

Selain mengembangkan produk digital secara virtual, miHoYo juga berencana berinvestasi dalam pengembangan di industri lain. Baru-baru ini mereka mengumumkan berinvestasi dalam energi fusi nuklir, menjanjikan $65 juta kepada perusahaan China atas nama energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Ini menjadi gambaran sekilas tentang apa yang diharapkan dari HoYoverse sebagai platform yang lebih luas, yang jauh lebih fokus pada teknologi terobosan di luar game serta di dalam lingkup game, seperti realitas virtual.

Meskipun aman untuk mengasumsikan bahwa sisi permainan miHoYo akan tetap menjadi fokus utama perusahaan karena terbukti menguntungkan dan sukses, jelas bahwa perusahaan game ini siap melakukan perubahan dan ekspansi yang serius ke bidang lain.

Ikuti terus berita terbaru Genshin Impact di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian.

Baca selanjutnya:

Inilah Daftar Karakter Hydro di Genshin Impact!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!