Genshin Impact Jadi Game Paling Populer di Dunia, Kalahkan PUBG Mobile

Dalam waktu satu minggu setelah perilisan, game RPG ini menghasilkan sekitar 879 miliar rupiah dari aplikasi mobile saja.
by Ligagame
genshin-impact-game-paling-populer

Game petualang RPG terbaru, Genshin Impact, kalahkan game-game populer lainnya seperti PUBG Mobile, dari segi jumlah pengunduhan dan penghasilan. 

Hanya dalam kurun waktu satu minggu setelah perilisan (28 September - 4 Oktober), Genshin Impact menghasilkan sekitar US$60 juta (Rp 879 miliar) dari Google Play Store dan Apple App Store,  serta menempati kedudukan kedua di peringkat penghasilan game mobile terbesar di dunia, berdasarkan laporan dari Sensor Tower. Hanya satu peringkat di bawah game Honor of Kings dari Tencent. Sedangkan PUBG Mobile menempati peringkat ketiga.

Untuk game mobile bergenre RPG, Genshin Impact berhasil mencapai nomor 1, kalahkan Monster Strike dari Mixi dan Fate/Grand Order dari Sony Aniplex.

BACA JUGA:

12 TIPS GENSHIN IMPACT TERBAIK: ADVENTURE RANK, PRIMOGEMS, HINGGA REAKSI ELEMENTAL

Dampak Genshin Impact Secara Global

Genshin Impact, game yang dirilis oleh miHoYo (perusahaan dari Cina) berhasil menarik perhatian para gamers di seluruh dunia. Sebelum tanggal perilisannya sendiri, Genshin Impact sudah memiliki jumlah registrasi sebesar 5.3 juta orang diluar negara Cina.

Bahkan dari segi penjualan, sebagian besar berasal diluar Cina, sebesar US$35 juta atau 58 persen dari total penghasilan. Sedangkan di negara Cina sendiri, Genshin Impact versi bahasa Cinanya mengakumulasi US$25 juta atau sekitar 42 persen dari jumlah penghasilan. 

Secara global, sebagian besar penghasil Genshin Impact didapatkan dari Apple App Store, sekitar US$42 juta atau 70 persen dari jumlah penghasilan. Di lain sisi, mereka hanya mendapatkan US$17.7 juta dari Google Play, atau 30 persen dari penghasilan. 

Kesuksesan Genshin Impact

genshin impact events

Genshin Impact adalah game gratis dengan mekanisme gacha. Game ini dikembangkan dan dirilis oleh miHoYo, yang dikenal juga dengan gamenya, Honkai Impact 3rd. 

Umumnya, game gacha cenderung tidak begitu sukses karena mekanismenya yang kurang disukai oleh gamers di bagian barat. Namun, Genshin Impact telah membuktikan sebaliknya. Mereka berhasil mendominasi pasar game mobile global di waktu perilisannya. 

Kesuksesan Genshin Impact membuktikan pengaruh Cina yang begitu besar dalam pasar game. Hal ini juga menunjukkan bahwa game RPG bisa membawa penghasilan yang cukup besar, bukan hanya di PC atau konsol. 

Untuk seterusnya, kesuksesan game open-world RPG ini akan dipengaruhi oleh bagaimana pemain naik level dan berkembang dalam game. Sekarang ini, pihak pengembang menghadirkan berbagai event menarik untuk mempertahankan antusiasme para pemain.

BACA SELANJUTNYA:

REVIEW GENSHIN IMPACT, GAME OPEN WORLD RPG ANIME DENGAN DUNIA LUAS


Untuk berita gaming dan esports terbarunya, ikuti Ligagame Esports. Jangan lupa subscribe Youtube dan Facebook Ligagame biar update terus dengan siaran gaming dan berita terbaru! 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!