Waduh, Remaja 18 Tahun Ini Habiskan Ribuan Dollar Dari Kartu Kredit Ayah untuk Genshin Impact!

by Agustinus Dapot
Remaja 18 Tahun Ini Habiskan Ribuan Dollar Dari Kartu Kredit Ayah

Seorang remaja berusia 18 tahun telah menghabiskan ribuan dolar di game Genshin Impact dalam tempo enam minggu! Semuanya normal dan sah-sah saja hingga ayah dari sang gadis dihubungi pihak bank. Apa pasal?

Dilansir dari laporan The Straits Times, Lim Cheng Mong dihubungi terkait 89 transaksi misterius di akunnya. Pada awalnya Lim berpikir dirinya telah menjadi korban penipuan atau semacam penipuan. Ia kemudian terkejut saat pihak bank mengkonfirmasi bahwa semua transaksi itu benar-benar sah dan bahwa dia mengeluarkan S$20.000 (kira-kira $15.000 atau lebih dalam USD- sekitar 214 juta rupiah!).

Genshin 2 cc6e2

Well, yang sedikit melegakan atau setidaknya mengurangi rasa terkejutnya adalah bahwa Lim bisa mendapatkan kembali S$10.000 dari bank, tetapi sisa uangnya tidak dapat dikembalikan, karena telah dihabiskan untuk mata uang premium Genshin Impact dan sejenisnya.

BACA JUGA: Genshin Impact Blessing of The Welkin Moon Kini Tersedia di UniPin

Bagi kebanyakan orang, menghabiskan sejumlah besar uang untuk satu game online terdengar konyol, tetapi situasi sebaliknya dari sisi user/player justru bisa di luar yang dibayangkan! Pemain yang sudah kadung jatuh cinta atau bahkan menyatu dengan game yang dimainkan rela menghabiskan uang untuk mendapatkan mata uang premium di dalam game. Bukan sekedar top-up, mereka bahkan mungkin menghabiskan lebih dari yang mereka sadari.

Genshin Impact aaa2022 d8b7e

Genshin Impact secara teknis adalah game gratis untuk dimainkan, tetapi seseorang yang ingin mengumpulkan semua karakter game kemungkinan harus mengeluarkan banyak uang lewat mekanisme gachanya, di mana pemain tidak membeli konten secara langsung melainkan mendapatkan item acak. 
Tak heran , meski baru dirilis beberapa tahun, Genshin Impact diperkirakan telah menghasilkan miliaran dolar dari transaksi mikronya,, dan kemungkinan besar keberhasilannya berasal dari individu tertentu yang oleh industri itu dijuluki "whales" atau "paus."

Genshin Impact 2022 c8a6b

Sudah diketahui bahwa sebagian besar orang yang memainkan game free-to-play sebenarnya bisa bermain tanpa perlu menghabiskan banyak uang. Di sisi lain ada gamer yang disebut "whales" alias big spender, "sultan" yang royal melakukan top-up.  Yang terjadi kemudian adalah hubungan simbiosis antara para "free player" yang "bekerja" atau benar-benar memainkan game, menempuh quest dan lain-lain sementara para sultan bisa mendapatkan dengan top-up.

BACA JUGA: YODU Perkenalkan E-Money dan Platform Circle, Wadah untuk Gamers dan Esports

Beberapa game MMO Bertipe gacha memang menekankan aspek "FOMO" atau Fear Of Missing Out, yang mendorong pemain agar tidak tertinggal moment atau item dan hal yang istimewa di dalam game. Sama halnya dengan loot box , permainan gacha juga beraroma perjudian, dan pada kenyataannya terkadang menggunakan beberapa taktik psikologis yang sama seperti yang dilakukan mesin slot untuk membuat orang kecanduan.

genshin impact gacha 1 fdf26

Apa yang dialami Tuan Lim kembali menambah potret kasus penggunaan kartu kredit orang tua oleh anak untuk video game. Menyikapi kasus ini, faktor kelalaian dan pengawasan menjadi kunci. Beberapa tahun yang lalu, seorang anak berusia enam tahun menghabiskan $ 16.000 untuk Sonic Forces: Speed ​​Battle menggunakan kartu kredit ibunya, lalu ada juga seorang remaja di India menghabiskan setara dengan $ 21.500 untuk transaksi mikro PUBG.

Video game dengan mekanisme gacha dan loot box mendapat sorotan lebih dari sebelumnya, dan ada kemungkinan undang-undang akan mulai memaksa developer untuk meninggalkan praktik monetisasi ini. Beberapa negara mulai menerapkan larangan game gacha dan loot box dan kemungkinan akan lebih banyak lagi yang akan mengikuti di masa depan.

Baca selanjutnya:

Tanggapan Bos Maybank Terkait Kasus Hilangnya 22 Miliar EVOS Winda Earl

 

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!