Ini Turnamen Esports Paling Populer September 2021 Versi Esports Charts

by Rex "Regum" Rusman
Turnamen Esports Paling Populer September 2021 Versi Esports Charts

Banyak yang tidak menyangka bahwa perkembangan dunia Esports saat ini telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini pun tidak terlepas dari beberapa faktor yang mengakibatkan Esports tetap bisa eksis dan berkembang pesat hingga saat ini.

Apa saja faktor tersebut dan turnamen Esports apa saja yang paling populer sepanjang September 2021? Mari kita bahas.

Perkembangan dunia Esports

Dunia Esports memang sudah exist semenjak tahun 1972. Pada saat itu kompetisi game diadakan di Universitas Stanford. Para pesertanya adalah murid dari universitas itu sendiri, Nama kompetisinya adalah Intergalactic Spacewar Olympic sedangkan nama game yang dipertandingkan adalah Space War.

Spacewar adalah game yang diciptakan oleh Steve Russel dan para Ilmuwan dan akademisi di Massachusetts Institute of Technology (MIT) Boston, Amerika Serikat, pada tahun 1962.

Sebelum era mahasiswa Stanford, video game dari era 50-an juga sudah mulai banyak dimainkan banyak orang seperti Tennis For Two, atau Pong di awal tahun 70-an. Namun hanya sebatas dimainkan saja tidak dipertandingkan atau dibuat sebagai format kompetisi.

BACA JUGA: Perkembangan Esports Perempuan (Ladies) di Asia, Sebuah Tinjauan

Di Indonesia sendiri perkembangan dunia Esports ternyata sangat didukung oleh pemerintah. Bahkan digelarnya turnamen esports seperti Piala Presiden  menajdi langkah nyata Pemerintah, agar para atlet Esports dapat memberikan prestasi yang terbaik pada ajang tersebut. Selain itu yang terbaru pada ajang PON XX Papua 2021 Esports masuk dalam olahraga yang dipertandingkan.

Faktor lain adalah developer game yang tentunya tidak pernah berhenti memberikan inovasi terbaru untuk perkembangan game itu sendiri. Sebut saja Dota 2, Counter Strike, dan yang terbaru adalah game Mobile Legends. Nama terakhir menjadi game paling sukses untuk game mobile.

Populernya Game Mobile Legends

Semenjak digelarnya Mobile Legends Professional League, animo untuk game MOBA ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Khusus di periode September 2021, turnamen Mobile Legends masih berada di puncak disusul VCT (Valorant Championship Tournament) yang diadakan di Berlin. Melalui data dari esportscharts, MPL ID Season 8 menempati posisi teratas untuk jumlah peak views dengan angka mencapai 1,174,536. MPL ID Season 8 berhasil menarik banyak perhatian penonton saat pertandingan RRQ Hoshi menghadapi Alter Ego.

 turnamen esports september ep totalevents 126fd

Sementara VCT Berlin 2021 mencatat 811,370 jumlah peak views pun harus puas berada di posisi kedua. Jumlah ini tercapai pada pertandingan antara G2 melawan Sentinels, dimana sosok Tenz yang populer menjadi magent bagi fans dan banyak penonton.

Tidak hanya itu, MPL juga berhasil mengalahkan nama-nama besar seperti LCK 2021 Regional Finals. Selain itu MPL PH Season 8 hadir di posisi 5 dengan 569.061 peak views.

Menarik disimak apakah daya tarik dari MPL akan bisa konsisten mengalahkan game lainnya hingga akhir 2021?

Ikuti terus info terbaru seputar Mobile Legends dan berita esports terlengkap di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Pertama Dalam Sejarah, Esports Resmi Jadi Cabor Eksibisi di PON

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!