Valve Gelar Sayembara Film Pendek Dota2 Berhadiah Rp570 juta!

Valve Gelar Sayembara Film Pendek

Menyambut International (TI) pada 2021, Valve menggelar Short Film Contest (kontes film pendek). Hadiah yang telah disiapkan pun tak main-main, yaitu senilai total US$40.000 atau lebih dari Rp570 juta!

Hadirnya kontes film pendek ini merupakan bagian dari acara jelang gelaran TI yang menampilkan aspek terbaik dari komunitas Dota 2.
Setiap tahun, Valve menggunakan kontes film pendek ini sebagai cara untuk menyoroti para pembuat film berpotensial dengan cara membebaskan mereka mengirimkan karyanya dan membiarkan komunitas dalam memutuskan film mana yang paling mereka sukai.

Para pembuat film sudah bisa mengirimkan hasil karya mereka melalui Steam Workshop dan akan tetap terbuka hingga 25 Juli 2021. Setiap vidio kiriman teratas akan ditampilkan di dalam game dan menjalani proses pemungutan suara akhir oleh komunitas.

Film pendek yang keluar sebagai pemenang nantinya akan ditampilkan di layar dan stage The International 10 pada Agustus 2021 di Stockholm, Swedia. Sementara itu 10 film pendek dengan voting tertinggi akan menerima setidaknya US$500. Sementara untuk di posisi pertama, Valve akan memberikan hadiah sebesar US$25.000, sedangkan di posisi kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan US$10.000 dan US$5.000.

Dalam hal aturan yang berlaku bagi para peserta kontes, film pendek yang dikirimkan harus memenuhi beberapa spesifikasi yang telah ditentukan, yaitu berdurasi tidak lebih dari 90 detik, harus melibatkan Dota 2, dan harus memiliki kualitas gambar minimal 1080p.

Sementara untuk Sumber Pembuat Film tidak diwajibkan dan menampilkan kombinasi animasi atau live-action apa pun akan diterima, selama kreasi tersebut dibuat khusus untuk kontes ini.

Film pendek yang telah dikirim akan ditinjau oleh komunitas Steam di Steam Workshop, sementara Valve akan menentukan entri teratas yang akan dipresentasikan di dalam game Dota 2.

Valve telah mengumumkan iterasi Kontes Film Pendek tahunan tahun 2021. Kontes Film Pendek pertama kali diumumkan pada tahun 2015 dengan TI5 dan sejak itu telah menjadi sumber tahunan konten dan hiburan yang bagus serta persaingan untuk para pemain dan kreator.

BACA JUGA: Valve Pastikan Dragon's Blood Berikutnya Berjudul Book II Akan Tayang di Netflix

Iterasi Kontes Film Pendek tahun ini diumumkan pada 14 Mei 2021 dan pengiriman akan ditayangkan hingga batas waktu 25 Juli 2021. Tahun ini, Kontes Film Pendek memiliki kumpulan hadiah $ 43.500 yang dibagi di antara 3 Teratas : $ 25.000, $ 10.000 dan $ 5000 masing-masing dengan kontestan tempat ke-4 hingga ke-10 memenangkan masing-masing $ 500. Berikut peraturan kontes tahun ini:

- Materi tidak boleh lebih dari 90 detik.
- Materi harus berkaitan dengan Dota 2.
- Materi dapat menggunakan bentuk atau kombinasi animasi atau teknik live-action apa pun dalam pembuatannya. Menggunakan Source Filmmaker bukanlah suatu keharusan.
- Setiap entri minimal harus 1080p.
- Batas waktu penyerahan adalah Minggu, 25 Juli 15:00:00 PST. Proses pengiriman harus diselesaikan, termasuk mengupload video dan mengisi dialog pengiriman, sebelum periode pengiriman berakhir.
- Pengiriman akan ditinjau oleh komunitas Steam di Lokakarya Steam.
- Entri teratas akan dipilih oleh Valve atas kebijakannya sendiri untuk ditampilkan dalam game untuk pemungutan suara terakhir oleh komunitas, dan pemenang akan diumumkan di The International 10.
- Video tersebut harus merupakan kreasi baru yang dibuat khusus untuk Kontes Film Dota 2.
- Peserta bebas menggunakan IP Valve apa pun.
- Jika menggunakan IP non-Valve, haruslah pemilik hak cipta atau memiliki izin eksplisit dari pemiliknya. Setiap kiriman yang ditemukan melanggar IP non-Valve akan didiskualifikasi. 
Beberapa kiriman diperbolehkan per orang.
Kiriman harus bebas dari iklan.
Pemenang Kontes Film Pendek 2021 akan ditayangkan perdana secara langsung di TI10 pada bulan Agustus. .

Kita telah melihat film dan judul yang luar biasa sebagai hasil dari Kontes Film Pendek selama bertahun-tahun. Berikut adalah pemenang dari tiga Kontes Film Pendek Dota 2 sebelumnya:

1. 2019 - Path of Vengeance. Created by 4fun, Tommy Charge and Maria Anikina

2. 2018 - On The Cliff. Created by Keller Max and team.

3. 2017 - What does a hero truly fear?. Created by Max Lebled.

Penggemar Dota 2 dapat berpartisipasi dan mengirimkan film pendek melalui situs Kontes Film Pendek Dota 2.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

 12 Tim Gabungan EU - CIS Berlaga di Pinnacle Cup Dota 2

 

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!