Valve Banned Permanen Roster Dota 2 Omega Esports Karena Matchfixing

Valve Banned Permanen Roster Dota 2 Omega Esports

Tim Dota 2 Asia Tenggara (SEA) Omega Esports telah dilarang dari semua acara yang disponsori Valve setelah terbukti terlibat dalam pengaturan pertandingan. Sanksi kepada lima pemain dan satu pelatih Omega pun mengikat meski mereka sudah berpindah organisasi atau tim.

Beyond the Summit (BTS), penyelenggara SEA Dota Pro Circuit (DPC) 2021-22 Tours, mengumumkan kelima pemain dan satu pelatih yang terkena larangan bermain. Dengan putusan ini, Omega Esports serta-merta kehilangan slot Upper Division dan akan diserahkan kepada BOOM Esports, yang menempati posisi ketujuh di akhir seri tahun lalu. Sementara untuk mengisi slot Lower Division yang ditinggalkan BOOM Esports, BTS akan menggelar closed qualifier tambahan.

Kasus matchfixing atau  populer dengan kode kasus "322" dalam scene kompetitif Dota 2 memang diancam sanksi paling berat, yakni larangan tampil di semua turnamen Valve.  Berdasar keputusan resmi, keenam member  Omega Esports yang telah dibanned oleh Valve adalah:

Pangeran "Pangeran" Daculan

Patt “Piolz” Piolo Dela Cruz

Van Jerico "Van" Manalaysay

Dave “Hiro” Hiro Miyata

Ryniel Keit "Zenki" Calvez

Chris "CTY" Ian Francis Maldo

BTS Umumkan Boom Gantikan SMart Omega ke Upper DIvision DPC SEA 95de3

BACA JUGA: Omega Kena Sanksi, BOOM Esports ke Upper Division DPC SEA 2021-22

Lima pemain ini secara resmi diumumkan sebagai roster Omega Esports pada 26 September 2021. Acara DPC telah berakhir pada saat itu, dan tim bersama selama hampir satu setengah bulan, di mana mereka hanya mengambil bagian dalam acara Dota 2 pihak ketiga. CTY di sisi lain mengambil posisi sebagai pelatih pada 24 Juni 2021, satu minggu sebelum kualifikasi regional TI10.

Omega Esports menempati urutan keenam di seri kedua  DPC SEA, di atas  BOOM Esports (ketujuh) dan Lilgun (kedelapan), sehingga mempertahankan posisi di Upper DIvision. 

DPCSEA 2021 Season 2 e1412

Ketika hukuman banned diumumkan, Pangeran, Zenki, dan CTY masih menjadi member Omega Esports, sementara  Van, Hiro, dan Piolz baru saja meninggalkan organisasi.  Celakanya, seiring sanksi ini  Van yang baru bergabung dengan Execration harus dicoret. Valve pun mengijinkan  Execration mencari pemain pengganti yang memenuhi syarat untuk tampil di DPC SEA Lower Division Season 1. 

Liew "Eren" Jun Jie, Ramzi "Ramz" Bayhaki, dan Lee "Forev" Sang-don baru-baru ini bergabung dengan Omega Esports menggantikan Van, Hiro, dan Piolz. Dengan hilangnya slot tim, Eren, Ramz, dan Forev, (yang tidak terlibat dalam pengaturan pertandingan) sayangnya juga kehilangan kesempatan untuk bermain di Lower Division. Alhasil, Forev melalui Twitter mencuitkan dirinya sedang mencari tim baru, baik sebagai pelatih atau sebagai pemain, dan terbuka untuk pindah.

Untuk mengisi slot Lower Division yang ditinggalkan BOOM, dua tim akan bersaing di kualifikasi terbuka SEA di Divisi 2. Ragdoll telah lolos, dan masih ada kualifikasi terbuka lainnya yang akan menentukan tim kedua yang akan bertanding pada 26 November 2021.

Ikuti terus info terbaru seputar Dota2 dan berita esports terlengkap di Ligagame! Kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian! 

Baca selanjutnya:

Mikoto dan Hyde Resmi Gabung Talon Esports

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!