Patch 7.28c di Dota 2 Datang dengan Nerf Buat Aghanim Shard Earthshaker yang Kelewat Imba!

Nerf yang sakit untuk Earthshaker dan Morphling!
by Seno Aji
Dota2 update Patch 7.28c

Di minggu terakhir Dota Pro Circuit 2021 yang penuh kejutan, ternyata Valve enggak mau ketinggalan untuk ikut memberikan kejutan pula. Pasalnya tiba-tiba saja Valve merilis sebuah patch di tengah berlangsungnya sebuah even, satu hal yang jarang mereka lakukan. Patch Dota 2 bernomor 7.28c ini datang dan memberikan beberapa nerf untuk hero-hero yang sepertinya populer dalam pagelaran DPC 2021 Season 1 ini.

Patch 7.28c ini sebenarnya enggak memiliki banyak point perubahan, patch ini hanya menyertakan penyesuaian untuk 14 hero. Yang membuat menarik dari patch ini adalah kebanyakan hero-hero yang terkena penyesuaian (nerf yang diperhalus) adalah hero-hero yang cukup populer dan memberikan perbedaan di beberapa pertandingan yang telah berlangsung.

Meskipun penyesuaian ini tidak terlalu besar, tetapi jika dilihat lebih jelas, ada 4 hero yang mendapat hadiah nerf dari Valve dan IceFrog. Nerf ini sebenarnya enggak terlalu berpengaruh besar, tetapi dapat mengurangi potensi dan frekuensi hero ini muncul untuk di pick. Berikut ini 4 hero yang terkena nerf cukup signifikan.

Batrider

Batrider body 13878

Hero yang sering banget dimainin sama w33.haa dari tim Nigma ini mendapatkan nerf pada damage yang ditimbulkan Sticky Napalm kepada creep. Pengurangan damage ini akan menghilangkan kemampuan farm cepat yang dimiliki oleh Batrider dengan combo Sticky Napalm dan Firefly. Dengan combo tersebut Batrider bisa dengan nyaman menghabisi 3 camp creep hutan atau 3 stack ancient creep tanpa masalah berarti. Dengan adanya nerf ini, maka kemampuan farming tersebut tentunya akan berkurang.

BACA JUGA: AS Monaco Gambit Umumkan Roster Dota 2, no[o]ne Masuk Sebagai Stand Ins!

Earthshaker

Earthshaker Body 9a358

Penyebab pertama keluarnya patch ini adalah update Aghanim Shard yang dimiliki oleh Earthshaker. Dengan membeli Aghanim Shard, Earthshaker memiliki kemampuan baru dengan Fissure dan Enchant Totem. Dengan Aghamin Shard stun yang keluar dari Enchant Totem dan Aftershock bisa disalurkan melalui retakan yang ditinggalkan oleh Fissure.

Hal ini tentunya menjadikan Earthshaker semakin potensial sebagai hero crowd control/inisiator/disabler yang bisa menggunakan skillnya dari jarak jauh. Patch ini mengurangi sedikit kemampuan tersebut. Di patch ini durasi stun yang ditimbulkan oleh Aghanim Shard berkurang setengah durasinya. Meskipun terlihat sepele, tetapi hal ini cukup mengganggu dan mengurangi potensi lockdown yang dimiliki oleh Earthshaker, apalgi jika dia dicombo dengan hero selanjutnya di bawah ini.

Morphling

Morphling body 02f1a

Nerf terhadap cooldown skill ultimate Morph milik Morphling yang menjadikannya lebih lama membuat pemain harus berhati-hati dan lebih bijak menggunakannya. Morphling adalah penyebab kedua patch ini muncul, karena jika Morph digunakan oleh Morphling untuk berubah menjadi Earthshaker+Aghanim Shard = 2x Fissure, 2x Enchant Totem, 2x Aftershock Fissure, GG abis!

Durasi cooldown skill ultimate Morphling yang menjadi lebih lama mengharuskan pemain untuk membeliu Aghanim Scepter jika ingin mendapat pengurangan cooldown, tetapi sayangnya cast range ultimate Morphling dengan Aghanim Scepter dikurangi. Hal tersebut menjadikan Morphling kehilangan potensinya untuk menjadi hero copy paste yang bisa berganti sesuai kebutuhan team fight.

Nyx Assassin

Nyx Body bb7c8

Ultimate Nyx, Vendetta kehilangan efek Break yang sangat berguna untuk melakukan ganking ke arah carry yang memiliki skill pasif yang menjengkelkan. Dengan break pemain bisa mematikan banyak skill, seperti Blur milik Phanton Assassin’s atau Bristleback milik Bristleback. Dengan nerf ini, praktis Nyx hanya efektif sebagai scout dan crowd control kembali seperti dulu, mengurangi potensinya sebagai opsi untuk membuka gank dan mendominasi di early sampai mid game.

Nah begitulah dampak yang ditimbulkan oleh patch 7.28c kepada beberapa hero yang termasuk di dalamnya, mengingat ini adalah minggu terakhir DPC akan berlangsung, tim yang bisa beradaptasi dengan patch ini dengan cepat kemungkinan bisa mencuri point terakhir dan memperbaiki posisinya.

Ikuti terus info terbaru seputar DOTA2 di Ligagame! Jangan lupa kunjungi Instagram dan Youtube Ligagame.tv yang selalu update dan kekinian!

Baca selanjutnya:

Dragon’s Blood, Serial Anime Dota Akan Tayang di Netflix Maret 2021!

LIGAGAME ESPORTS
The First Full-Service Esports Agency in Indonesia

Ligagame Esports adalah Media & Broadcasting Production Company tertua di Indonesia, dengan platform informasi seputar esports, games, dan live streaming yang bertujuan untuk mengembangkan industri esports Indonesia.


© 2020 PT Lintas Portal Indonesia. All rights reserved.

Follow Ligagame Esports

Update terus dengan berita esports dan gaming terbaru!